June 6, 2022

Bagaimana Cara Mengelola Bisnis Offline dan Online Secara Bersamaan?

Demi beradaptasi dengan mudah untuk memasuki era digitalisasi, maka pahami beberapa cara mengelola bisnis offline dan online secara bersamaan berikut, yuk! 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Jika dilihat dari pengertian kedua jenis bisnis ini memang jelas terletak pada konsep serta metode yang dilakukan, yaitu secara offline dan online. Sejak masuk ke era digitalisasi, memang sudah banyak sekali pelaku bisnis menjalankan keduanya untuk meningkatkan penjualan. Namun, bagaimana cara mengelola bisnis offline dan online secara bersamaan?

Cara Tepat Mengelola Bisnis Offline dan Online Secara Bersamaan

Agar mampu mengkombinasikan bisnis offline dan online dengan baik hingga menguntungkan, berikut ini beberapa cara tepat yang harus dilakukan:  

1. Cari dan Temukan Media yang Tepat untuk Kombinasi Kedua Bisnis 

bisnis offline dan online
Gambar: freepik.com/pikisuperstar

Cara pertama adalah fokus mencari dan menemukan sumber media yang bisa digunakan untuk mempertemukan atau mengelola kedua jenis bisnis tersebut, baik secara offline maupun online. Sebagai contoh sederhana, kamu yang masih memasarkan sebuah produk bisnis di papan reklame, maka pemasaran produk online yang bisa dilakukan adalah iklan digital atau konten di media sosial hingga marketplace. 

2. Meningkatkan Pelayanan Bisnis

Bagi kamu yang sudah memutuskan untuk mengkombinasikan bisnis offline dan online, maka sangat penting untuk memperhatikan pelayanannya. Pastikan kamu memberikan pelayanan bisnis paling maksimal pada konsumen. 

Ini berlaku bagi pelanggan yang berbelanja langsung ke toko maupun secara online. Bila perlu, cobalah untuk mempekerjakan admin khusus toko online dan rekrut karyawan untuk membantu menjaga toko offline

3. Membuat Konten Berkualitas untuk Bisnis Offline dan Online

Selanjutnya adalah membuat konten berkualitas untuk bisnis offline dan online. Ini sangatlah penting karena berhubungan dengan media pemasaran dan promosi. Cobalah untuk memberikan konten-konten produk bisnis yang memang masih terkait dengan kebutuhan pelanggan. 

Sehingga, dari rasa butuh tersebut, para pelanggan akan mulai mencari produk yang kamu tawarkan. Selain itu, pastikan untuk untuk mengaktifkan semua platform digital mulai dari website, aplikasi, hingga media sosial. 

Tujuan mengaktifkan seluruh platform digital tersebut untuk memaksimalkan bisnis offline yang sudah berjalan dan makin mudah dikenal sebagai sebuah bisnis online yang terpercaya. 

4. Menggunakan Affiliate Marketing

bisnis offline dan online
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir adalah penggunaan affiliate marketing. Bagi kamu yang belum terlalu paham, affiliate marketing sendiri merupakan sebuah pemasaran afiliasi yang bentuk kerjasamanya dilakukan oleh pihak pemilik bisnis dengan orang lain. 

Tujuan kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk pemasaran untuk kebutuhan ekspansi bisnis. Kamu yang tertarik dengan cara ini, bisa coba menjalankan affiliate marketing pada bisnis offline terlebih dahulu. 

Caranya pun cukup mudah, coba anjurkan atau beri saran kepada konsumen bisnis offline untuk mengiklankan produkmu kepada teman atau followers di media sosial mereka. Apabila ada banyak orang yang tertarik dengan iklan tersebut, maka kamu bisa memberikan bonus atau komisi. Ini adalah bentuk kerjasama bisnis yang sama-sama menguntungkan. 

Itulah beberapa cara mengelola bisnis offline dan online secara bersamaan. Jadi, pastikan kamu menggunakan platform digital yang tepat seperti Youtap karena fitur-fitur di dalam sistemnya bisa membantu mengatur promosi toko, mencatat riwayat penjualan, analisis penjualan secara real time dan lain-lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama