January 27, 2023

Bisnis Home Service: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Keuntungan Melakukannya

Punya banyak peluang untuk dapat keuntungan, berikut penjelasan bisnis home service dari jenis hingga menentukan apakah lebih baik franchise atau bangun brand sendiri.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sejak adanya pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia membuat berbagai macam bisnis beralih dari offline ke online. Sehingga banyak sekali pelaku bisnis memulai usahanya di bidang home service dengan menawarkan berbagai layanan untuk elektronik, kesehatan, salon, bahkan hingga kebersihan. 

Namun, tidak sedikit pelaku usaha yang memilih franchise untuk melakukan bisnis home service ini. Banyak yang beranggapan bahwa dengan bisnis franchise, maka akan lebih mudah mencari pelanggan karena branding merek yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Tapi apakah benar begitu? Simak penjelasannya berikut, yuk. 

Pengertian Bisnis Home Service

bisnis home service
Gambar: freepik.com/drazen zigic

Home service adalah sebuah bentuk bisnis jasa yang menawarkan pelayanan ke rumah-rumah secara langsung. Umumnya, kamu sebagai pelanggan cukup melakukan pemesanan layanan ini melalui sebuah aplikasi atau bahkan juga bisa melalui website resmi menggunakan perangkat yang tersedia, baik itu laptop atau smartphone. 

Oleh karena itulah, bisnis home service ini dikenal sebagai jasa online yang sangat memudahkan user atau pengguna untuk melakukan pemesanan sebuah layanan. Jika seluruh proses pemesanan telah dilakukan, nantinya pihak home service akan datang ke lokasi rumah untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan yang diminta. 

Dalam hal ini, home service bukan sekadar ditujukan pada layanan perbaikan barang elektronik atau kendaraan saja lho, tapi juga bisa lebih beragam. Bahkan, kini juga sudah tersedia layanan home care jika terdapat anggota keluarga atau tetangga yang sakit. Sehingga nantinya tenaga medis langsung datang ke rumah untuk melakukan pemeriksaan pasien dan memberikan obat sesuai keluhan. 

Lalu, Apa Saja Jenis Layanan Home Service?

bisnis service home
Gambar: freepik.com/pressfoto

1. Home Service Elektronik

Jenis pertama, ada layanan home service untuk elektronik. Di mana kamu tidak lagi perlu repot-repot membawa barang elektronik yang rusak seperti mesin cuci keluar rumah. Jadi, cukup dengan menggunakan layanan ini, para ahli atau staff yang bekerja akan datang langsung ke rumah untuk melihat dan memeriksa kendala yang dirasakan. 

2. Home Service Kebersihan Rumah

Jenis kedua, adalah layanan home service untuk membantu membersihkan rumah. Bagi kamu yang memiliki kesibukan cukup padat atau merasa tidak bisa membersihkan seluruh ruangan sendirian, jangan khawatir karena kini ada jasa cleaning service yang dapat dipesan secara online. 

Cara ini tentu menjadi solusi terbaik karena kamu cukup melakukan pemesanan jasanya melalui smartphone. Setelah itu, petugas cleaning service pun akan datang ke rumah membersihkan bagian sesuai layanan yang dipilih. 

3. Home Service Kendaraan

Jenis ketiga adalah jasa service kendaraan pribadi yang dapat diakses secara online. Jadi, kamu tidak perlu lagi datang ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin karena terdapat montir berpengalaman langsung datang ke rumah. 

4. Home Service Kesehatan Seperti SWAB Test atau Antigen

Jenis keempat adalah layanan home service kesehatan seperti SWAB test atau antigen yang memudahkan bagi kamu ketika akan bepergian dengan syarat tertentu. Home service SWAB test ini juga bisa dipesan secara online hanya dengan smartphone. 

5. Home Service Kecantikan Seperti Salon 

Jenis kelima adalah home service untuk kecantikan seperti salon. Di mana para pelanggan bisa melakukan perawatan diri hanya dari rumah. Bahkan, ada juga penyedia jasa yang menawarkan layanan bervariasi, seperti potong rambut, manicure, pedicure, dan lain sebagainya. 

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Layanan Home Service 

1. Lebih Efisien Waktu dan Biaya

Keuntungan pertama membuat pelanggan lebih efisien waktu maupun biaya yang harus dikeluarkan. Pasalnya, layanan ini sangat bermanfaat bagi kamu yang tidak memiliki waktu lebih untuk keluar rumah. Jadi, cukup memesan layanan home service secara online melalui smartphone dan nantinya petugas akan langsung datang ke rumah. 

2. Kemudahan Melakukan Transaksi

Keuntungan kedua yaitu kemudahan dalam melakukan transaksi. Di mana kamu bisa pepsan dan bayar layanan dengan menggunakan dompet digital atau cashless. Tentu saja ini merupakan salah satu fasilitas pembayaran berbasis online dalam wujud aplikasi di smartphone, sehingga pelanggan lebih mudah dan praktis. 

Manakah yang Lebih Bagus, Bisnis Franchise atau dengan Brand Sendiri?

Telah disebutkan bahwa bisnis home service ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus. Namun, kamu harus bisa mengelola dan menentukan langkah-langkah terbaik, agar bisnis semakin berkembang dan sukses capai keuntungan besar. 

Oleh karena beberapa impian tersebut, banyak pelaku bisnis yang lebih memilih franchise home service karena dianggap bisa cepat mendatangkan banyak pelanggan sekaligus. Padahal kenyataannya, tidak selalu seperti itu. 

Bagi mereka yang mungkin sudah memiliki nama besar di tingkat nasional hingga internasional mungkin akan membantu banyak dalam proses pengembangan bisnis dan mendapatkan banyak minat di pasaran. Namun, bagaimana jika brand franchise yang kamu pilih hanya terkenal di satu area saja? 

Jika begitu, maka tentu akan tetap membuat kamu harus melakukan pemasaran dari awal lagi agar lebih banyak dikenal oleh masyarakat, bukan? Nah, daripada seperti itu, menurut Yosef Abas selaku marketing coach, lebih baik membangun brand home service sendiri.  

Pasalnya, ada baiknya pemasukan yang kamu dapatkan lebih besar atau tidaknya seimbang dengan modal yang sudah dikeluarkan, ya. Bagi kamu yang ingin Mulai Usaha apapun bisa menggunakan Aplikasi Youtap karena sudah menyediakan berbagai macam solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama