Wajib Tahu, Begini Cara Belanja Grosir Online yang Efektif untuk Pemula!

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Pastikan kamu tidak terburu-buru saat belanja grosir online agar bisa mendapatkan kualitas produk terbaik dengan harga terjangkau. Dengan begitu, tentu akan merasa puas dan tidak dirugikan secara sepihak. Namun, bagi yang masih pemula dalam dunia bisnis, simak penjelasan mengenai apa itu belanja grosir dan cara membelinya melalui online berikut yuk. 

Apa Itu Belanja Grosir? 

belanja grosir online
Gambar: freepik.com/jcomp

Mungkin kamu yang terbiasa bekerja di dunia bisnis, sudah tidak asing lagi dengan kata eceran dan grosir, bukan? Grosir atau disebut juga sebagai wholesaler merupakan pihak perantara antara produsen dengan para pedagang eceran. Umumnya, pihak pedagang grosir membeli barang dalam jumlah banyak dari produsen utama yang tentunya dengan harga rendah.

Setelah itu, pedagang grosir akan menjual produk mereka dalam jumlah besar ke pengecer. Lalu, keuntungan yang didapatkan oleh pedagang grosir dari jumlah selisih harga barang yang dibeli dari produsen dengan harga barang yang akan dijual ke pihak pengecer.

Seorang pedagang grosir bisa spesialis dalam satu produk atau kategori tertentu. Tapi juga bisa menawarkan banyak jenis barang untuk dijual kepada siapa pun. Oleh karena itulah, bagi kamu yang ingin melakukan belanja grosir online ada baiknya untuk survey kualitas dan harganya. Bandingkan satu toko dengan toko lainnya agar mendapatkan produk terbaik. Apabila masih pemula, coba ikuti beberapa cara belanja grosir online di bawah ini, ya. 

Cara Belanja Grosir Online yang Efektif dan Tepat

1. Pastikan untuk Mencatat Belanjaan

belanja grosir online
Gambar: freepik.com/jcomp

Pertama, kamu harus lebih dulu mencatat semua barang belanja grosiran. Cobalah untuk membuat daftar belanja agar tidak ada yang terlupa dan bisa menghemat waktu. Pencatatan barang belanjaan ini mencakup model, perkiraan harga dan jumlah yang akan dibeli. Jika kamu masih pemula dalam hal ini, ada baiknya untuk melakukan survey terlebih dahulu melalui internet.  Cari tahu secara rinci harga dipasaran dan model yang diinginkan. 

2. Coba untuk Lakukan Survey Produk dan Harga di Pasar Grosir

Cara belanja grosiran selanjutnya adalah melakukan survey ke beberapa toko untuk bisa membandingkan harga dan kualitas yang ditawarkan. Meskipun masih pemula, kamu juga wajib untuk mencari produk dengan kualitas terbaik dan memiliki harga terjangkau. Jadi pastikan kamu bertanya dengan detail terkait bahannya, harga, sampai ketahanannya. Ini perlu agar kamu bisa mendapatkan kualitas produk terbaik dengan harga yang ditawarkan. 

3. Periksa Kembali Barang Belanjaan

belanja grosir online
Gambar: freepik.com/our-team

Sebagai pebisnis kamu pasti akan mempersiapkan beragam produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari masyarakat, oleh karena itu akan langsung membeli barang grosiran dalam jumlah banyak. Sehingga, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan kembali setiap selesai melakukan transaksi dengan penjual. Tujuan untuk memastikan semua barang tidak ada  yang tertinggal. 

4. Lakukan Pembayaran dengan Sistem Non-Tunai yang Aman

Terakhir, usahakan untuk melakukan pembayaran dengan sistem non-tunai yang aman karena kamu belanja melalui online. Pilih beberapa metode e-wallet atau transaksi online lainnya yang sudah jelas sistem keamanannya. Pembayaran non-tunai ini juga membuat transaksi lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu belanja. 

Itulah beberapa cara belanja grosir online agar kelola stok bisnis jadi lebih efektif. Bagi kamu yang ingin melakukan belanja grosir online dengan aman, praktis dan cepat bisa langsung kunjungi Youtap BOS untuk membeli macam-macam kebutuhan usaha melalui Belanja Stok.

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat