May 20, 2022

Tips Belanja Bahan Baku Online yang Tepat dan Aman 

Tidak perlu lagi repot bolak-balik ke pasar untuk penuhi kebutuhan bisnis, kini kamu juga bisa belanja bahan baku online yang tepat dan aman dengan beberapa tips berikut, lho. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, biasanya belanja online lebih banyak dilakukan untuk melakukan pembelian seperti baju, celana atau barang-barang lainnya. Namun, saat ini belanja bahan baku secara online untuk bisnis juga menjadi alternatif yang cukup menguntungkan, lho. Selain tidak perlu memakan banyak waktu, harga-harga produk yang dijual online juga tidak kalah terjangkau, lho. 

Sehingga, di era serba digital seperti sekarang pemilik bisnis tidak perlu lagi repot ke pasar untuk membeli bahan baku. Pasalnya ada banyak sekali toko online yang telah menawarkan kemudahan belanja bahan baku lebih praktis, aman dan nyaman. Agar tidak ada kendala, ikuti tips belanja bahan baku online berikut, yuk.

Tips Belanja Bahan Baku Secara Online

Walaupun sudah lebih mudah dan aman, belanja bahan baku di toko online tetap tidak boleh sembarangan, ya. Pastikan untuk tetap mengetahui beberapa tips cermat yang bisa membantu mendapatkan bahan baku dengan harga dan kualitas terbaik. 

1. Pastikan sudah mencatat produk yang ingin dibeli

belanja bahan baku
Gambar: freepik.com

Sebelum mulai belanja bahan baku, kamu perlu melakukan pemeriksaan jumlah stok yang ada di toko. Setelah mengetahui jumlah stoknya, kamu bisa mulai mencatat terlebih dulu produk apa saja yang perlu dibeli melalui toko online. Metode ini dapat membantu kemungkinan overspending saat belanja yang akan sangat berdampak pada arus kas di toko. 

Terlalu banyak membeli bahan baku juga dapat berujung pada tingginya angka persentase bahan sisa dan akan memiliki dampak buruk pada lingkungan karena dapat menambah jejak karbon. 

Jadi, ada baiknya untuk membuat daftar belanja mingguan atau bulanan secara terperinci. Sehingga ketika melakukan belanja online kamu sudah memiliki acuan yang pasti dan detail. 

Selain itu, lakukan juga pengelolaan stok yang baik untuk memastikan perputaran bahan baku tetap efektif. Hindari pengelolaan stok manual, dan mulai beralih ke pengelolaan stok digital menggunakan aplikasi Youtap

2. Utamakan untuk memilih produk lokal

Tips kedua, utamakan untuk memilih produk lokal. Pada kenyataannya, saat ini sudah banyak produsen bahan baku makanan dan minuman lokal yang kualitasnya tidak kalah dari produk asing. 

Kemudian soal harga, produsen lokal memang jauh lebih bersahabat dan terjangkau. Menggunakan produk lokal juga dapat mempersingkat customer journey, sehingga lebih cepat sampai, tanpa mengurangi kualitasnya. 

3. Teliti produk terlebih dahulu sebelum membelinya

belanja bahan baku
Gambar: freepik.com

Tips terakhir adalah lakukan pemeriksaan produk secara teliti. Pasalnya kualitas bahan baku harus menjadi prioritas utama para pemilik bisnis. Sehingga pastikan kamu memilih tempat belanja bahan baku online yang tepat. Agar lebih efektif kamu bisa langsung belanja stok melalui aplikasi Youtap, lho!

Jadi, agar kegiatan belanja bahan baku bisa lebih mudah, praktis dan nyaman sebaiknya gunakan Aplikasi Youtap. Alasannya karena sudah secara otomatis bisa mengakomodasi seluruh proses belanja dan pengelolaan stok toko sekaligus. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama