Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 18, 2022

Serba-Serbi Tentang Aplikasi POS, Manfaat dan Fungsinya untuk Kelola Usaha

POS System atau Point of Sale menjadi bagian penting dalam operasional di berbagai jenis usaha. Namun, apa itu aplikasi POS, manfaat serta fungsinya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini POS System atau Point of Sale menjadi bagian penting dalam operasional di berbagai jenis usaha. Fungsi dari sistem ini sendiri lebih dari sekedar untuk memproses transaksi penjualan saja. 

Apabila kamu melakukan transaksi pembelian di restoran atau toko, pasti pernah melihat semacam alat kasir yang juga sekaligus untuk mencatat pesanan lalu mencetak struk bukan? Jika pernah, maka itu adalah alat yang disebut Point of Sale (POS). 

Apa Itu Aplikasi POS? 

Aplikasi POS
Gambar: freepik.com

Sistem Point of Sales (POS) adalah sebuah alat kasir yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Sistem POS ini banyak digunakan oleh beragam jenis usaha, seperti restoran, coffee shop, barbershop atau laundry kiloan. 

Pasalnya perangkat yang digunakan lebih praktis hanya dengan menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS. Namun, ada juga yang menggunakan perangkat khusus POS yang biasa disebut terminal. Kemudian, untuk konektivitas sudah banyak yang tidak menggunakan kabel lagi. Sebagai salah satu contoh, untuk mencetak struk bisa langsung dihubungkan dengan printer bluetooth secara wireless.

Bila, kamu sedang memulai usaha kuliner maupun ritel lain yang membutuhkan transaksi jual beli secara rutin, sangat penting untuk memahami fungsi dan manfaat dari sistem POS ini. Kamu sangat akan membutuhkan sistem POS untuk membantu operasional harian usaha, seperti menerima berbagai macam metode pembayaran, mencatat dan membuat laporan penjualan hingga mencetak struk. 

Lalu, Apa Fungsi dari Aplikasi POS?

aplikasi pos
Gambar: freepik.com/senivpetro

1. Membantu mencatat data transaksi usaha

Pertama, melalui penggunaan dari aplikasi POS kamu akan sangat terbantu untuk mencatat data transaksi secara lengkap. Selain itu, juga mampu memproses data-data tersebut menjadi sebuah laporan yang mudah dianalisis.

2. Membantu mengelola inventory

Kedua, ketika sudah terintegrasi dengan sistem stok barang (inventory), tentu kamu akan lebih mudah untuk mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk.

3. Bisa mendapatkan laporan penjualan secara real-time

Ketiga, dengan adanya sistem POS ini juga mampu membantu kamu mendapatkan laporan penjualan usaha secara real-time karena bisa diakses online.

4. Bisa melakukan perubahan data usaha lebih cepat

Keempat, kamu bisa mengubah data-data usaha seperti pergantian menu dan harga dengan cepat. Semua hal tersebut bisa diakses secara online.

5. Membantu untuk cetak struk

Kelima, juga membantu mencetak struk pembelian bagi pelanggan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas nota atau kwitansi secara manual.

6. Memberikan kemudahan dengan kalkulator digital

Keenan, dengan kalkulasi otomatis maka kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi. Menggunakan aplikasi POS juga mampu mengurangi antrian.

7. Menawarkan pilihan metode pembayaran 

Ketujuh, kamu bisa menerima berbagai metode pembayaran baik tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit, dan lain-lain. Ini juga mampu meningkatkan pemasukan yang maksimal karena transaksi bisa berjalan lancar. 

Itulah pengertian, manfaat dan fungsi aplikasi POS. Kamu bisa langsung gunakan Aplikasi POS terbaik Youtap yang membantu mengelola seluruh kegiatan operasional usaha menjadi lebih efektif dan efisien. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama