Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 28, 2021

3 Cara Efektif untuk Adaptasi Bisnis di Tahun 2022 

Agar tetap bisa bersaing di pasaran dan menggunakan peluang dengan baik, berikut ini beberapa cara adaptasi bisnis di tahun 2022.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Akibat dari pandemi COVID-19, semua pelaku bisnis terkena dampak begitu besar. Namun setelah 2 tahun berlalu, sektor bisnis juga bisa cepat beradaptasi, menggunakan peluang, hingga dapat bangkit dari segala kesulitan. Dan berikut ini beberapa cara adaptasi bisnis di tahun 2022 agar tetap mampu bersaing di pasaran. 

Cara Tepat Melakukan Adaptasi Bisnis di Tahun 2022

1. Melakukan Adaptasi Bisnis dengan Sistem Digital

adaptasi bisnis
Gambar: freepik.com

Tidak bisa dimungkiri bahwa ketika pandemi COVID-19 banyak sekali pelaku bisnis yang akhirnya mampu bertahan karena mereka telah beradaptasi dalam dunia digital. Kondisi pandemi ternyata juga sebagai pemicu awal bagi para pelaku bisnis untuk mengubah kebiasaan transaksi jual beli ke arah digital. 

Kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Youtap agar bisa terhubung langsung dalam ekosistem digital. Digitalisasi sudah menjadi kunci bagaimana seluruh bisnis bisa bertahan di pasaran. Jadi, agar tetap bisa bertahan di pasaran sebaiknya lakukan adaptasi bisnis untuk segera bergabung ke sistem digital. Upayakan juga untuk mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang ahli atau paham tentang digitalisasi. 

2. Kembangkan Inovasi dan Kreativitas Pada Bisnis

Kunci utama agar bisnis bisa beradaptasi dengan baik di era digital adalah terus melakukan inovasi dan kreativitas. Dua hal tersebut dapat membuat bisnis menuju pasar global atau mendapatkan jangkauan yang mendunia. 

Saat ini semua pelaku bisnis memang sudah mulai paham dengan baik akan kompetisi pasar, sehingga kamu wajib membuat produk yang unik agar bisa menarik perhatian konsumen. Agar bisa menciptakan produk yang unik tersebut, kamu sebagai pelaku bisnis harus mulai berpikir kreatif dan konstruktif. 

Kemudian pastikan juga selalu menciptakan inovasi baru agar produk bisnis dapat berkembang dengan cepat dan bisa menyesuaikan kebutuhan pasar. Semakin canggihnya teknologi saat ini, kamu bisa mempelajari berbagai cara adaptasi bisnis melalui video pelatihan online. Jadi, segera mulai Kelola Bisnis menjadi lebih kreatif dan berinovasi di masa yang akan datang. 

3. Persiapkan Content Marketing yang Menarik

adaptasi bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selain bergabung dengan marketplace atau e-commerce, kamu juga perlu aktif di media sosial dan mempersiapkan strategi content marketing agar bisa melakukan adaptasi bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini melakukan jualan online bisa berdampak besar pada peningkatan penjualan bisnis. 

Jadi kamu membutuhkan soft selling strategy, di mana tidak langsung mempromosikan barang jualan tetapi menggunakan pendekatan secara emosional kepada para konsumen. Sebagai contoh, apabila kamu berjualan makanan secara online, maka pastikan secara rutin memberikan info detail kepada konsumen. 

Info detail tersebut mencakup harga jualnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan, cara pesan, tips mengonsumsi hingga hal-hal lain terkait dengan produk yang ditawarkan. Strategi content marketing ini menunjukkan bahwa bisnis milikmu tak hanya sekadar jualan saja, tetapi juga sangat mengerti mengenai produk apa yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga konsumen pun lebih percaya untuk berbelanja di toko milikmu. Dengan kata lain, penggunaan strategi ini meningkatkan kredibilitas bisnis milikmu. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai segera digitalisasi bisnis milikmu agar tetap bisa beradaptasi dengan baik di pasaran. Lalu, agar kegiatan transaksi bisnis bisa terus berjalan lancar kamu bisa menggunakan Youtap POS sebagai Kasir Digital, karena sudah tersedia berbagai fitur terlengkap yang di mana fiturnya bisa multi device, baik di HP maupun Tablet. Download Aplikasi Kasir Online Youtap POS di Apps Store dan juga Google Play sekarang juga, yuk! 

Semakin berkembangnya teknologi, Youtap juga terus berinovasi menghadirkan Youtap BOS yang menjadi platform b2b marketplace untuk membantu mempertemukan supplier dengan pemilik usaha di seluruh Indonesia. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama