February 1, 2023

Action Plan Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya dengan Benar

Dapat bantu capai tujuan bisnis secara nyata, kamu harus mulai melakukan persiapan action plan yang tepat. Berikut manfaat dan cara membuat action plan bisnis.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Bagi kamu sedang merencanakan untuk mencapai visi bisnis secara nyata, maka kini saatnya melakukan persiapan action plan. Ini adalah salah satu cara yang dapat membantu kamu membuat sebuah daftar pemeriksaan tentang langkah atau tugas yang perlu diselesaikan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dalam bisnis. Lebih lengkapnya, simak yuk pengertian hingga cara membuat action plan bisnis yang tepat. 

Apa Itu Action Plan Bisnis?

action plan bisnis
Gambar: pixabay.com/geralt

Melansir penjelasan dari laman Creately, action plan adalah sebuah dokumen yang isinya menjabarkan secara rinci apa saja tugas-tugas yang perlu diselesaikan untuk meraih tujuan tertentu dalam bisnis. 

Sederhananya agar lebih mudah dimengerti, dokumen ini memecah proses tugas-tugas yang nantinya dapat ditindaklanjuti berdasarkan timeline tertentu. Jadi, action plan juga akan menguraikan semua langkah yang perlu dilewati agar bisa mencapai tujuan dengan efektif.

Action plan ini juga akan membantu mencapai target secara efisien dengan menetapkan kerangka waktu, seperti tanggal mulai dan akhir, pada setiap langkah dalam proses menjalankan bisnis. 

Lalu, Apa Manfaat Melakukan Action Plan Pada Bisnis?

Secara garis besar, manfaat dari action plan sebenarnya sudah dijelaskan sedikit di atas, yaitu untuk membuat struktur tugas-tugas dalam bisnis menjadi lebih efektif, efisien dan rinci. Namun, ada juga keunggulan lain dari action plan, yaitu memudahkan pelacakan kemajuan dan merencanakan berbagai hal. Berikut beberapa manfaat action plan lainnya dalam bisnis:

  1. Membantu memberikan arah yang jelas dan langkah apa yang harus diambil.
  2. Membantu agar tujuan yang direncanakan tetap termotivasi sepanjang proyek dikerjakan.
  3. Membantu melacak kemajuan bisnis, artinya sejauh mana proyek berjalan.
  4. Semua langkah dapat dicantumkan dalam daftar periksa atau action plan, sehingga dapat lebih mudah memprioritaskan tugas sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Membuat Action Plan yang Benar?

action plan bisnis
Gambar: pixabay.com/StartupStockPhotos

1. Tentukan Tujuan Menjalankan Bisnis

Cara pertama dalam membuat action plan adalah tentukan tujuan yang ingin dicapai saat menjalankan bisnis. Kamu bisa mulai dengan menentukan atau menganalisis solusi, kemudian tuliskan tujuannya. 

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, kamu bisa menentukan tujuan bisnis ini dengan menggunakan metode SMART, yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely. Berikut ini penjelasan membuat action plan dengan metode SMART:

  • Spesifik, yaitu harus terdefinisi dengan jelas dan juga baik.
  • Measurable atau terukur, pastikan kamu menuliskan beberapa indikator terukur untuk melacak kemajuan bisnis. 
  • Attainable atau hal-hal yang dapat dicapai, realistis dan juga bisa dicapai dalam sumber daya, uang, waktu serta pengalaman yang dimiliki.
  • Relevant, yaitu selaraskan dengan tujuan bisnis yang lainnya.
  • Timely atau tepat waktu, yaitu pastikan kamu memiliki tanggal penyelesaian tugas-tugas bisnis. 

2. Susun Daftar Langkah yang Harus Dilakukan 

Cara kedua, buatlah susunan daftar langkah yang perlu dilakukan. Tujuan dari daftar ini untuk mencantumkan tugas apa saja yang perlu diselesaikan, tanggal jatuh tempo atau deadline, dan siapa yang bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. 

Pastikan seluruh tim terlibat dalam proses kerja ini dan memiliki akses ke dokumen yang sama. Sehingga, setiap orang dalam tim akan menyadari peran dan tanggung jawab masing-masing dalam proyek, ya.

3. Prioritaskan Tugas dan Deadline Pengerjaan

Cara ketiga adalah memprioritaskan tugas dan deadline pengerjaan. Dalam hal ini sangat penting untuk mengatur ulang daftar rencana nyata dengan memprioritaskan tugas-tugas bisnis. Apabila dibutuhkan, cantumkan tenggat waktu atau deadline yang realistis dalam setiap pengerjaannya. Ada baiknya, kamu juga melakukan diskusi dengan anggota tim yang bertanggung jawab agar bisa lebih memahami perannya sebelum membuat tenggat waktu, ya. 

4. Waktu Pengerjaan

Cara keempat adalah waktu pengerjaan, yang akan membantu tim kerja tetap termotivasi meskipun deadline masih jauh. 

5. Ketahui Sumber Daya yang Dibutuhkan

Cara kelima atau yang terakhir adalah ketahui sumber daya yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik. Jika kamu tidak mengetahuinya, maka harus membuat rencana terlebih dulu dalam pembuatan anggaran dan alokasi biaya yang dibutuhkan. 

Bagi kamu yang masih kesulitan dalam mengelola bisnis, kini ada Youtap POS. Di mana fitur-fitur canggihnya dapat membuat seluruh kegiatan bisnis sehari-hari jadi lebih efektif, efisien dan mudah. Pasalnya, seluruh pencatatan transaksi bisnis setiap harinya dapat dilakukan secara digital

Kemudian, adanya fitur seperti Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga, Riwayat Transaksi, QRIS dan semua Cashless, POS Kasir, E-menu, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, dan Pajak serta Analisa Produk juga akan memudahkan kamu. Segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store, ya! 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama