March 9, 2023

8 Tips Belanja Online di Ecommerce Agar Tetap Aman

Jadi cara alternatif penuhi kebutuhan, saat ini banyak orang memilih belanja online. Namun, agar mendapatkan produk berkualitas dan aman, simak tips belanja online berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini belanja online memang menjadi salah satu cara alternatif untuk bisa penuhi kebutuhan sehari-hari, di mana banyak sekali orang mulai mempertimbangkan kenyamanan, praktis, dan harga yang lebih kompetitif. Meskipun begitu, bukan berarti belanja online tidak memiliki risiko lho, tentu saja kamu juga harus cerdas saat memilih toko dan produknya. Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan produk yang tepat, simak tips belanja online di ecommerce berikut. 

Tips Belanja Online di Ecommerce

Tips belanja online di ecommerce
Gambar: freepik.com

1. Pastikan Memilih Ecommerce Terpercaya

Demi bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan terjamin sistem keamanan saat melakukan pembayaran, pastikan kamu memilih ecommerce yang terpercaya atau memiliki rekomendasi cukup bagus. Kamu juga bisa coba bandingkan dengan ecommerce lain sebagai acuan tidak salah memilih.

2. Perhatikan dengan Detail Verifikasi Ecommerce

Perhatikan kembali dengan detail apakah ecommerce yang telah kamu pilih sudah terverifikasi atau tidak. Ada baiknya, untuk tidak sembarangan klik tautan tertentu yang dikirim melalui sms atau email, jadi pastikan saja bisa mengunjungi secara langsung kunjungi situs ecommerce

3. Lakukan Pengecekan Rating 

tips belanja online di ecommerce

Pengecekan rating ecommerce juga penting untuk dilakukan, agar kamu mengetahui seperti apa penilaian dari pembeli lain. Pada umumnya, ecommerce akan mencantumkan penilaian dari para pembeli, sehingga konsumen baru bisa melihat kualitas tokomu. 

4. Baca Ulasan Tentang Produk

Sebelum melakukan pemilihan produk yang diinginkan, sebaiknya perhatikan ulasan dari pembeli lain yang telah mencobanya secara langsung. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi apakah produk yang diinginkan layak atau tidak untuk dibeli. 

5. Baca Deskripsi Produk dengan Cermat

Selain membaca ulasan, pastikan juga untuk meneliti deskripsi produk dengan cermat, agar bisa mendapatkan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu. Lalu, kamu juga perlu berhati-hati dengan produk bermerek yang dijual dengan harga sangat murah, ada kemungkinan itu adalah barang palsu.

6. Pilihlah Metode Pembayaran yang Aman

tips belanja online di ecommerce
Gambar: freepik.com

Ketika belanja online biasanya akan ada banyak sekali metode pembayaran yang disediakan. Jadi, pilihlah metode yang sesuai dengan ecommerce dan apa yang kamu punya. Nantinya, rekening tersebut hanya akan sebagai perantara antara pembeli dan juga penjual, sehingga uang yang telah ditransfer tidak langsung diterima penjual. 

7. Pilih Jasa Pengiriman yang Jelas

Kamu juga perlu memilih jasa pengiriman yang jelas, jadi cobalah untuk mencari tahu ekspedisi yang digunakan oleh situs atau toko online tertentu. Kemudian, pastikan kamu tidak lupa untuk meminta nomor resi kepada penjual, ya. Tujuan dari nomor resi tersebut berfungsi sebagai alat tracking barang yang sudah dibeli dan dalam proses pengiriman. 

8. Simpan Bukti Transaksi

Cara belanja online yang terakhir adalah harus melakukan penyimpanan bukti-bukti transaksi. Ada baiknya untuk tidak terburu-buru membuang bukti transaksi pembayaran setelah berbelanja karena bisa memberikan informasi secara lengkap terkait deskripsi produk, harga, dan kwitansi digital. Tujuan menyimpan bukti transaksi sendiri untuk berjaga-jaga apabila dalam waktu dekat terdapat masalah dengan produk. 

Itulah beberapa tips belanja online di ecommerce agar tetap aman dan bisa mendapatkan produk-produk berkualitas. Salah satu platform ecommerce terbaik saat ini yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok adalah Youtap BOS

Kemudian, dapatkan juga macam-macam informasi seputar promo, tips, hingga event di Blog Youtap, lho. Tunggu apalagi? Segera bergabung menjadi merchant Youtap dengan download aplikasi melalui Google Play Store atau Apps Store

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama