Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 20, 2021

8 Bisnis Musim Hujan, Dijamin Menguntungkan Nih!

Melihat kebutuhan masyarakat juga dipengaruhi oleh kondisi cuaca, maka hal itu bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa ide bisnis musim hujan. 

Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, bahwa kebutuhan masyarakat sangat memengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis usaha. Kebutuhan masyarakat tersebut biasanya juga dipengaruhi karena kondisi cuaca, baik itu musim panas atau musim hujan. Dan berikut ini beberapa ide bisnis musim hujan yang cukup menguntungkan. 

Sebagai salah satu musim yang berlangsung cukup lama khususnya di Indonesia, tentu akan ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan dengan melihat kebutuhan masyarakatnya. Apabila ditekuni dan dicoba dengan menggunakan strategi yang tepat, maka bisa memberikan potensi penjualan hingga keuntungan berkali-kali lipat, bahkan dapat berjalan dalam jangka panjang. 

Ide Bisnis di Musim Hujan yang Paling Menguntungkan 

1. Membuka Jasa Laundry 

bisnis musim hujan
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Tentu aktivitas mencuci baju saat musim hujan menjadi lebih sulit. Hal itu karena, jarang adanya sinar matahari membuat baju-baju yang sudah dicuci sulit kering saat dijemur. Bahkan bisa juga cucian tersebut akan menjadi bau apek. 

Oleh karena itu, membuka layanan jasa laundry saat musim hujan sangat menguntungkan. Tak hanya menawarkan cuci baju, tetapi juga bisa menjanjikan hasil kering dengan lebih baik. 

2. Membuka Bisnis Jas Hujan dan Payung 

Menjual payung serta jas hujan adalah ide bisnis yang juga menguntungkan saat musim hujan karena paling banyak dicari oleh orang. 

Target pasar ketika membuka bisnis jas hujan dan payung ini adalah para pengendara motor atau pejalan kaki. Agar kamu juga bisa mendapatkan hasil maksimal, pastikan untuk membeli jas hujan serta payung dari tangan pertama. Tentu harga beli yang kamu dapat akan jauh lebih murah. 

3. Membuka Jasa Cuci Kendaraan 

bisnis musim hujan
Gambar: freepik.com/senivpetro

Selanjutnya, membuka jasa cuci kendaraan. Bisnis ini sangat menguntungkan karena saat musim hujan kondisi jalan pasti becek dan penuh genangan. Jadi, pasti banyak orang membutuhkan jasa cuci kendaraan apalagi bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang. Memang umumnya, banyak orang lebih memilih datang ke tempat cuci kendaraan dibandingkan mengerjakannya sendiri. 

4. Menjual Baju Hangat 

Demi menjaga suhu tubuh agar tetap hangat saat musim hujan, banyak orang pasti menggunakan jaket atau baju hangat. Hal itu pun bisa menjadi peluang bisnis yang cukup bagus untuk dilakukan saat musim hujan. Cobalah menjual berbagai macam jenis baju hangat. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, tetapi penjualan baju hangat di musim hujan cukup menjanjikan. 

5. Menjual Sandal Jepit 

bisnis musim hujan
Gambar: freepik.com/kstudio

Umumnya, sandal jepit yang dijual ini akan terbuat dari bahan karet karena lebih nyaman digunakan dan mudah dibersihkan. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menjual sepatu tahan air yang sangat berguna bagi para pengendara motor. Bisnis sandal jepit ini tak hanya sekadar memiliki target pasar yang jelas, tetapi juga cukup menguntungkan apalagi di musim hujan. 

6. Menjual Tanaman yang Dapat Membantu Basmi Nyamuk

Selanjutnya bisa coba menjual tanaman yang dapat membantu basmi nyamuk. Seperti yang kita ketahui bersama, saat musim hujan tiba biasanya produktivitas nyamuk untuk berkembang biak akan terus meningkat. Hal itu disebabkan karena banyaknya genangan air di beberapa tempat. 

Kemudian, salah satu cara paling efektif untuk mengusir nyamuk tersebut dengan bantuan tanaman. Cara ini dianggap lebih aman, karena menggunakan bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia pengusir nyamuk. Bagi kamu yang ingin berbisnis tanaman pembasmi nyamuk berikut beberapa jenis yang sering dicari yaitu lavender, serai wangi, rosemary, thyme, dan lainnya.

7. Menjual Aneka Minuman Hangat

bisnis musim hujan
Gambar: freepik.com/aopsan

Saat musim hujan, biasanya suhu di lingkungan sekitar akan lebih dingin, bukan? Melihat momen tersebut, tentu bisa jadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan karena dapat berjualan aneka minuman hangat. 

Selain itu, kamu juga bisa buka warung kopi yang menyediakan macam-macam kopi atau teh. Alternatif lainnya, menawarkan minuman tradisional yang tentunya dapat disajikan dalam keadaan hangat. Minuman-minuman tersebut juga bisa kamu jual dalam bentuk kemasan instan sehingga dapat ditawarkan kepada konsumen secara online, sehingga dapat disajikan di mana saja dan kapan pun. 

8. Menjual Makanan Berkuah

Ide bisnis musim hujan lainnya yang juga cukup menguntungkan adalah menjual makanan berkuah. Makanan berkuah ini cukup diminati oleh masyarakat karena mampu mengurangi rasa dingin di tubuh saat musim hujan datang. 

Makanan-makanan berkuah yang dimaksud bisa berupa soto, bakso, seblak, mie rebus, sop daging, dan masih banyak lagi. Menguntungkannya lagi, kamu bisa coba berjualan offline di rumah, sewa tempat atau bahkan hanya melalui layanan delivery saja. 

Jadi, pada saat musim hujan kamu bisa coba beberapa peluang bisnis di atas, ya. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar lokasi berjualan. Bagi kamu yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis, bisa coba Mulai Usaha di Aplikasi Youtap, lho. 

Lalu, agar seluruh kegiatan transaksi dalam bisnis semakin lancar, jangan lupa menggunakan Youtap POS yang akan membantu mencatat seluruh laporan keuangan berdasarkan data-data transaksi setiap harinya secara otomatis. Menariknya lagi, Youtap POS ini bisa digunakan secara multi device dari HP maupun Tablet. 

Selain itu, Youtap Indonesia kini mulai berinovasi dengan menghadirkan Youtap BOS yang menjadi platform b2b marketplace, di mana membantu para pelaku usaha untuk belanja kebutuhan dari supplier terbaik di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang sudah memiliki akun Youtap POS bisa langsung terhubung dengan Youtap BOS, karena kedua sistem sudah terintegrasi, lho! 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama