January 7, 2022

7 Tips Mencari Distributor Sembako yang Tepat

Agar usaha toko kelontong dapat berjalan dengan lancar dan sukses, berikut ini beberapa tips mencari distributor sembako yang paling jitu. Simak selengkapnya, yuk.

Pelaku usaha toko kelontong pasti akan membutuhkan distributor sembako yang berkualitas dan terpercaya. Agar dapat berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa tips mencari distributor sembako yang perlu kamu ketahui. 

Tips Mencari Distributor Sembako yang Tepat

1. Cari dan Kumpulkan Nomor Kontak Distributor Sembako 

tips mencari distributor sembako
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencari info sebanyak-banyaknya seputar distributor sembako. Kamu bisa coba untuk mengumpulkan nomor telepon para pemilik distributor. 

Agar bisa mendapatkan nomor telepon tersebut, kamu bisa bertanya kepada keluarga, kenalan, toko kelontong disekitar atau rekan lainnya. 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapatkan nomor telepon distributor sembako. Jika sudah berhasil menghubungi nomor telepon tersebut, langsung bicarakan dengan baik keperluan dan tanya secara detail mengenai produk yang sediakan. 

Terakhir, jangan lupa juga untuk bertanya tentang bagaimana layanan distribusinya jika nanti bekerja sama untuk memasok produk di toko kelontong milikmu.  

2. Menawarkan Kerja Sama dengan Distributor

Tips mencari distributor sembako
Gambar: freepik.com/aleksandarlittlewolf

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika telah berhasil menghubungi distributor dan menyampaikan maksudnya segera ajukan atau tawarkan kerja sama. 

Kamu harus meyakinkan distributor bahwa usaha yang sedang dijalankan akan mampu memberikan prospek terbaik untuk perkembangan usaha. 

Cara untuk meyakinkan mereka tentu dengan menjelaskan secara detail maksud dan tujuan kamu ingin melakukan kerja sama. Kemudian, berikan juga berbagai penawaran menarik. Jangan lupa membahas pembagian laba yang diperoleh, harga pokok, serta biaya kebutuhan usaha lainnya, ya.

3. Datangi Toko Distributor Sembako Secara Langsung 

Tips mencari distributor sembako
Gambar: freepik.com

Apabila kamu sudah melakukan dua langkah di atas, kemudian upayakan akan mendatangi toko distributor sembako secara langsung. Maksud dari kunjungan ini untuk menjadi bukti bahwa kamu ingin serius menjalin kerja sama. 

4. Komunikasikan dengan Distributor untuk Pesan Sembako Online

Beautiful smart asian young entrepreneur business woman owner of sme checking product on stock scan qr code working at home.
Gambar: freepik.com/tirachardz

Tahap ini, sebagai rekomendasi alternatif apabila kamu menghadapi kendala untuk datang dan mencari langsung ke distributor sembako. 

Dengan adanya perkembangan teknologi kini kamu bisa mendapatkan barang atau produk apapun dengan belanja online. 

Hal itu pun juga bisa kamu lakukan dengan pesan sembako online. Selain lebih praktis, mudah dan cepat, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti promo gratis ongkir. 

Sebagai contoh, kini kamu bisa melakukan belanja stok melalui aplikasi Youtap. Tak perlu lagi datang jauh-jauh untuk membeli stok produk, kini bisa pesan online dan bisa langsung diantar ke alamat tujuan. 

5. Ketahui Tentang Reputasi dan Kualitas Distributor

Tips mencari distributor sembako
Gambar: freepik.com

Kamu yang baru pertama kali membuka usaha toko kelontong, sebaiknya tidak terburu buru menetapkan distributor sembako. Dalam hal ini kamu perlu melakukan research informasi tentang distributor secara rinci. Apalagi di tengah era digital saat ini memberikan kemudahan komunikasi dan informasi. 

Sehingga kamu pun dapat melakukan pencarian melalui internet. Agar bisa membedakan mana distributor yang baik atau tidak, cobalah untuk mengecek testimoni dari pembeli sebelumnya pada toko tersebut.

6. Pastikan Stok Distributor Dapat Berjalan Konsisten

Medium shot smiley man at warehouse
Gambar: freepik.com 

Selanjutnya kamu juga perlu melakukan pengecekan secara berkala apakah stok dari distributor berjalan konsisten atau tidak.

Kamu perlu menunggu beberapa waktu, untuk melihat kinerja pihak distributor dalam mendistribusikan produk yang diminta. Apabila mengalami kendala, ada baiknya melakukan komunikasi langsung dengan pihak distributor sehingga tidak menimbulkan kerugian. 

Perlu kamu pahami, apabila terjadi hambatan pasokan barang dagangan tentu akan berdampak besar pada toko kelontong milikmu karena barang tidak tersedia ketika pelanggan mencarinya. 

7. Pastikan Melakukan Pengecekan Kualitas Sembako

Smart confidence asian female startup entrepreneur small business owner businesswoman wear smart casual cloth smile hand use tablet woking inventory checking in showroom office daytime background
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Tips mencari distributor yang terakhir adalah pastikan untuk selalu melakukan pengecekan kualitas barang sembako itu sendiri. 

Mengecek kualitas sembako ini penting agar usaha milikmu bisa terhindar dari kerugian. Dengan kualitas yang buruk, tentu akan membuat pelanggan tidak ingin membelinya dan menurunkan penjualan toko. 

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mencari distributor sembako yang tepat agar dapat berjalan lancar. Agar lebih mudah dalam menentukan distributor sembako berkualitas kamu bisa gunakan Belanja Stok Youtap. Kamu bisa melakukan pengaturan dan pencatatan stok produksi dengan jadwal yang rutin dan sudah diakses secara online serta otomatis.

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang