Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 10, 2021

7 Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Demi bisa mencapai kesuksesan yang maksimal dan seluruh kegiatan operasionalnya dapat berjalan efektif, berikut ini beberapa tips membuka cabang bisnis baru.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika sukses membangun sebuah bisnis, pasti ada keinginan untuk mengembangkannya lebih besar lagi dengan membuka cabang baru. Namun, agar dapat mencapai kesuksesan yang maksimal, berikut ini beberapa tips membuka cabang bisnis baru. 

Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien bagi kamu yang ingin membuka cabang bisnis baru, simak beberapa tipsnya di bawah ini: 

1. Pastikan Usaha Utama Terus Berjalan Stabil

membuka cabang usaha baru
Gambar: freepik.com/tirachardz

Memiliki cabang bisnis tentu juga akan meningkatkan keuntungan yang didapat. Namun, dalam hal ini kamu tidak perlu terburu-buru membuka cabang baru. Sebelum membuka cabang baru, pastikan dahulu bahwa bisnis utama saat ini memang berjalan dengan lancar dan memiliki pendapatan yang stabil. 

Kelancaran dan kestabilan bisnis utama menjadi faktor penting yang harus diperhatikan sebelum pembukaan cabang lain. 

2. Persiapan Modal yang Matang untuk Membuka Cabang Usaha Baru

Selanjutnya adalah persiapan modal. Ketika ingin membuka cabang baru, tentu modal yang dibutuhkan akan sama besarnya saat pertama kali kamu membangunnya atau bahkan bisa lebih.

Beberapa hal yang membutuhkan biaya besar untuk cabang baru yaitu seperti sewa tempat, karyawan, promosi dan inventaris. Jadi pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk menopang bisnis baru dan tetap memberi pasokan atau bahan-bahan pada usaha utama. 

3. Pastikan untuk Melakukan Riset Potensi Pasar

membuka cabang usaha baru
Gambar: freepik.com

Tujuan dari riset potensi pasar dilakukan agar modal yang dikeluarkan bisa sesuai dengan keuntungan yang didapat. 

Riset pasar yang dimaksud meliputi lokasi, akses bisnis hingga target pasar yang sesuai. Ketiga poin tersebut saling berkaitan. Sehingga pastikan kamu memilih lokasi yang punya prospek baik dalam jangka waktu panjang. 

Dengan pemilihan lokasi yang tepat sesuai dengan bisnis tentu kamu akan lebih mudah menentukan target pasar hingga akses bisnisnya. 

4. Perhatikan Tentang Pasokan Bahan untuk Bisnis

Kamu juga harus memperhatikan cabang bisnis yang  baru memiliki akses yang mudah terhadap bahan baku. Pasokan bahan baku ini sangat berpengaruh terhadap keuntungan bisnis. Jadi, upayakan agar memiliki pemasok bahan baku yang berdekatan untuk kemudahan distribusi dan menekan biaya. 

5. Adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berkualitas

membuka cabang usaha baru
Gambar: freepik.com/jannoon028

Selain modal, akses bahan baku, hingga strategi yang tepat, kamu juga harus siap merekrut sumber daya manusia baru yang berkualitas. Meskipun cabang bisnis, tetapi terkait dengan perekrutan sumber daya manusia ini sebaiknya tidak dinomorduakan. Tak hanya sekadar kompeten dibidang pekerjaan, tetapi SDM yang dipilih juga harus dapat dipercaya. 

6. Wajib Melakukan Promosi Bisnis

Sama dengan cara pemasaran bisnis lainnya, meskipun cabang kamu juga harus tetap melakukan promosi. 

Hal ini penting dilakukan agar lebih mudah dikenal oleh konsumen. Promosi bisnis ini bisa dilakukan dengan membuat banner pemberitahuan atau meminta karyawan menyampaikan info kepada pelanggan.

Promosi bisnis agar bisa berjalan lebih efektif di era teknologi yang super canggih ini juga bisa memanfaatkan platform media sosial. Dengan memiliki media sosial bisnis, pelanggan bisa mengaksesnya secara online kapanpun dan dimanapun. 

7. Adanya Alternatif Ekspansi

Alternatif ekspansi dalam bisnis yaitu coba untuk membuka toko fisik. Ketika membangun sebuah bisnis, kamu juga bisa pertimbangkan bisnis baru secara online atau bekerja sama dengan investor.

Bekerja sama dengan investor dapat memberikan peluang lebih besar untuk membuka cabang baru tanpa biaya sedikitpun. Tetapi, pertimbangkanlah dengan keuntungan yang didapat karena harus dibagi dua. 

Itulah beberapa tips membuka cabang bisnis baru. Setelah pembukaan cabang baru berjalan lancar dan sukses, hal yang tidak boleh dilupakan adalah melanjutkan pengelolaan bisnis. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama