January 3, 2022

7 Pentingnya Memiliki Blog untuk Toko Online

Penggunaan blog saat ini tidak sekadar untuk membagikan pengalaman pribadi, tetapi juga beberapa hal pentingnya memiliki blog untuk toko online. Apa saja, ya?

Saat ini berbagai situs e-Commerce atau toko online banyak memanfaatkan blog untuk menunjang penjualan online). Memang pada awal kemunculannya, platform blog hanya digunakan untuk bercerita tentang pengalaman pribadi si pengguna, menulis puisi, hingga wadah untuk membuat cerita fiksi dengan tema tertentu yang dijadikan sebuah buku bahkan diadopsi menjadi sebuah film. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, blog kini makin berkembang menjadi salah satu penunjang strategi untuk pemasaran online.

Manfaat Memiliki Blog untuk Toko Online

Blog sendiri pada dasarnya berperan penting dalam banyak hal, bahkan untuk bisnis atau usaha. Kini keberadaan platform ini dijadikan salah satu channel dalam digital marketing untuk membantu mengenalkan sekaligus menambahkan kesadaran masyarakat akan sebuah merek produk dan juga ulasan atau review produk. Berikut 7 manfaat memiliki blog

1. Meningkatkan Trafik Website dan SEO secara Organik

Pentingnya memiliki blog
Gambar: freepik.com/our-team

Seperti yang kita tahu bahwa SEO sangat berperan penting untuk meningkatkan trafik pada toko online. Hal ini karena blog memiliki kata kunci atau keyword tertentu yang bisa diandalkan untuk menemukan konten pada website toko online milikmu. 

Sifat konten blog yang informatif tentunya akan meningkatkan trafik dari mesin pencari atau yang lebih dikenal trafik organik. Beberapa teknik SEO yang bisa diterapkan pada blog untuk menunjang trafik website adalah menerapkan keyword, internal link, alt text pada gambar hingga hal-hal lainnya.

2. Blog adalah Panduan untuk Mengatasi Masalah Produk 

Pentingnya memiliki blog
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sifat konten blog toko online biasanya informatif di mana kamu dapat memberikan tutorial terkait produk. Beberapa pengguna memang terkadang kesulitan dalam menggunakan produk tertentu, maka kamu bisa memandu mereka secara online melalui konten blog. 

Arahkan para pelanggan atau pengguna produk membaca detail pada unggahan blog. Hal ini pun akan sangat bermanfaat dan membantu customer service dalam meningkatkan pelayanan kepada customer.

3. Sebagai Pusat Informasi untuk Pelanggan

Pentingnya memiliki blog
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Melalui blog kamu juga dapat memberikan berbagai informasi penting kepada pembaca baik itu didalam dan diluar topik produk. Tersedianya berbagai informasi yang relevan dengan produk-produk milikmu secara lengkap akan membuat pelanggan betah saat berada di blog. Jadi, pastikan membuat konten yang menarik dan informatif. 

4. Mempromosikan Website

Pentingnya memiliki blog
Gambar: freepik.com/kaboompics

Secara tidak langsung kamu bisa memanfaatkan blog untuk mempromosikan website toko online. Di dalam penulisan konten artikel, kamu bisa melakukan soft selling untuk meningkatkan penjualan Anda. 

5. Membantu Meningkatkan Jumlah Lead

Asian business male professional owner entrepreneur work and leading executive in the business empire modern office
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Tak hanya meningkatkan trafik website, dengan menggunakan blog kamu juga dapat lead atau prospek yang jauh lebih bagus. Lead ini sendiri adalah sebuah sikap ketertarikan calon konsumen pada brand tertentu. 

6. Meningkatkan Reputasi Toko Online

E-commerce shop online homepage sale concept
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Ada beberapa alasan yang membuat blog bisa meningkatkan reputasi brand yaitu penggunaan blog bisa menjadi solusi untuk menjawab berbagai masalah calon konsumen. Dengan adanya konten berkualitas di halaman blog website toko online milikmu, tentu akan mengingatkan konsumen mengapa kamu lebih unggul. 

7. Bisa Menambah Pemasukan Toko dari Iklan

Hand holding growth arrow with coins
Gambar: freepik.com

Terakhir adalah membuat konten di blog dengan banyak pengunjung website dapat menambah pemasukan untuk toko. Kamu hanya membutuhkan modal kecil untuk membuka lapak iklan, tetapi keuntungan yang didapat bisa lebih besar. 

Iklan yang ditampilkan dalam sebuah blog biasanya berupa banner dengan ukuran dan isi yang beragam seperti gambar atau video. Itulah beberapa manfaat atau pentingnya memiliki blog untuk toko online. Jadi tak hanya dapat menjadi pusat informasi produk, melalui blog kamu juga dapat membangun reputasi toko, menambah pemasukan, hingga sebagai alat promosi website. 

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Youtap kini kamu juga bisa segera Mulai Usaha apapun karena memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. Yuk, download aplikasinya sekarang juga. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang