May 11, 2022

7 Peluang Bisnis Syariah yang Menjanjikan

Seperti kita tahu, saat ini sudah banyak sekali bisnis yang melabeli sebagai bisnis syariah. Namun, apa pengertian dan peluang bisnis syariah yang menjanjikan di tahun 2022? 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini sudah mulai banyak sekali perusahaan yang mulai menambahkan kata syariah untuk lebih meyakinkan konsumen khususnya umat muslim. Namun, apa pengertian sebenarnya dan peluang bisnis syariah yang cukup menjanjikan di tahun 2022? Simak selengkapnya berikut ini, yuk. 

Pengertian Bisnis Syariah

Bisnis syariah merupakan sebuah kegiatan usaha atau bisnis yang dikembangkan sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Al Quran serta Hadist. Prinsip-prinsip utama dalam bisnis syariah sendiri adalah menjual produk halal, tidak ada unsur riba, bebas dari penipuan, tidak mengandung perjudian, adanya ijab qabul dalam setiap transaksi, dan dilakukan secara adil. 

Lalu, Apa Saja Peluang Bisnis Syariah di Indonesia? 

1. Kuliner Halal

Peluang bisnis syariah yang pertama adalah kuliner halal. Dimana kamu menjual seluruh makanan dan minuman halal yang memang kewajiban bagi setiap muslim. Contoh sederhananya adalah tidak menjual makanan yang mengandung daging babi dan minuman beralkohol. 

2. Salon Muslimah

bisnis syariah

Kedua adalah salon muslimah. Umumnya, salon kecantikan pasti mempekerjakan pegawai laki-laki dan perempuan. Begitu pula dengan pelanggannya yang campur ada pria dan wanita. Tetapi tidak dengan salon muslimah, kamu hanya akan menerima muslimah yang berhijab, sehingga pelanggan lebih nyaman karena mereka menjaga aurat dari pandangan lawan jenis.

Beberapa pelayanan salon yang bisa kamu tawarkan kepada pelanggan adalah perawatan rambut, manicure dan pedicure, pijat, spa, dan lain sebagainya.

3. Menjual Busana Muslim

Ketiga, menjual busana muslim. Sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk menutup aurat saat berpakaian baik pria maupun wanita. Oleh sebab itu, menjual busana muslim bisa jadi peluang bisnis syariah yang cukup menjanjikan. Contoh produk baju yang dapat dijual antara lain, gamis, terusan, baju koko, sarung, jilbab, dan lain-lainnya. 

BACA JUGA: 7 Perubahan Perilaku Konsumen Selama Ramadan yang Perlu Dipahami

4. Tour and Travel Umroh

BISNIS SYARIAH

Keempat adalah bisnis tour dan travel umroh. Indonesia memang jadi negara dengan jamaah haji dan umroh terbanyak di dunia setiap tahun. Sehingga, bisnis tour and travel umroh jadi peluang bisnis syariah yang sangat menjanjikan. 

Tetapi kamu memang membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini dan mempersiapkan beberapa dokumen penting seperti: 

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Izin biro wisata

Tak hanya itu saja, pastikan juga kamu sudah terdaftar sebagai anggota dua asosiasi:

  • Association The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) 
  • International Air Transportation Association (IATA)

5. Daycare Islami 

Kini wanita juga bisa bekerja layaknya pria. Sehingga banyak sekali wanita karier yang harus meninggalkan anaknya di penitipan atau sering disebut daycare. Biasanya, daycare tidak akan memberikan ilmu-ilmu tentang agama Islam, jadi hanya sebatas penitipan anak. 

Namun, dengan daycare islami ini kamu bisa menawarkan pelayanan penitipan anak dengan menanamkan nilai-nilai islami. Pastikan kamu merekrut tenaga ahli yang dapat mengasuh anak dan beragama Islam. Usaha satu ini juga membutuhkan izin dari pemerintah di daerah setempat, terutama dari dinas pendidikan dan kebudayaan.

6. Membuat Blogging Islami 

BISNIS SYARIAH

Keenam, membuat blogging Islami. Sebelumnya perlu kamu ketahui dulu bahwa blog adalah salah satu media yang biasa dipakai untuk berbagi macam-macam informasi. Namun, jika berbicara peluang bisnis syariah, kamu bisa membuat blog yang berisi konten-konten islami seperti travelling, parenting, kisah-kisah muslim inspiratif, dan lifestyle jika menurut agama. 

7. Toko Buku Anak Islami

Ketujuh atau yang terakhir adalah membuka toko buku anak Islami. Banyak sekali orang tua saat ini yang berusaha mencegah anaknya kecanduan gadget dengan mengenalkannya kepada buku-buku bercerita. 

Hal itu pun bisa jadi peluang bisnis syariah bagi kamu dengan menjual buku-buku anak bernuansa islami. Sehingga kamu selaku pelaku bisnis juga turut membantu orang tua memberikan ilmu kepada anaknya. 

Itulah beberapa peluang bisnis syariah yang bisa kamu coba. Jadi singkatnya, bisnis syariah ini ada sebuah kegiatan usaha yang dikembangkan sesuai dengan ajaran dalam Al-Quran serta Hadist. Agar bisa berjalan lancar dan sukses, kamu juga harus memperhatikan cara pengelolaan bisnis. 

Pastikan kamu sudah mulai beradaptasi dengan sistem digital untuk mengelola bisnis. Salah satu pilihan tepat yang dapat membantu bisnis berjalan lancar adalah dengan menggunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama