January 2, 2023

6 Tips Mengatur Meja Kasir Lebih Menarik, Bantu Tingkatkan Penjualan Bisnis

Tidak hanya sekadar strategi marketing saja, tapi mengatur meja kasir di toko agar lebih menarik juga penting untuk bantu meningkatkan penjualan bisnis. Simak tipsnya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Mendapatkan profit dengan jumlah besar tentu menjadi tujuan utama dalam berbisnis. Namun untuk mencapainya, para pelaku bisnis membutuhkan strategi yang efektif dan matang untuk meningkatkan penjualan secara maksimal nih, Bos. Selain dari sisi marketing, ketahui juga pelayanan yang perlu ditingkatkan, ya. Salah satunya membuat meja kasir toko milikmu menjadi lebih menarik. 

Apa Itu Meja Kasir di Toko?

meja kasir
Gambar: freepik.com/pressfoto

Seperti yang kita tahu, bahwa pada umumnya di dalam sebuah toko terdapat meja kasir yang fungsinya untuk melakukan pembayaran. Lalu kasir merupakan orang yang melakukan proses pembayaran para pelanggan di toko hingga memasukkan uangnya ke dalam mesin.  

Tanpa adanya area khusus kasir, tentu proses pembayaran akan lebih sulit dilakukan. Sehingga dalam hal tersebut, para Bos bisa menggunakan meja kasir sekaligus untuk meningkatkan penjualan bisnis, lho. Pasalnya, di meja kasir inilah akan terjadi bagian paling penting yaitu dengan pelanggan. Berikut beberapa tips mengatur meja kasir jadi menarik agar dapat membantu peningkatan penjualan:  

1. Pastikan Memiliki Penataan Meja Kasir yang Menarik

Pertama, pastikan penataan meja kasir di toko milikmu menarik dan rapi. Pasalnya, meletakkan barang terlalu banyak akan memberi kesan tidak rapi dan hanya akan membuat pelanggan enggan melihat-lihat apalagi menyentuhnya. 

Jadi, upayakan agar barang harus terlihat rapi, bersih, dan mudah untuk dijangkau oleh pelanggan. Selain itu, sediakan juga sedikit ruang untuk pelanggan di meja agar bisa meletakkan tas mereka ketika ingin mengambil dompet.

Kemudian, interaksi dengan pelanggan juga biasanya terjadi di meja kasir dan berlangsung cepat sehingga wajib untuk menonjolkan kesan simpel serta menarik. Sebagai contoh, apabila pelanggan membeli ikat rambut, maka tidak ada salahnya untuk menawarkan barang-barang aksesoris lainnya yang sedang promo agar mereka tertarik membeli lebih banyak.  

2. Letakkan Merchandise yang Unik dan Sesuai 

meja kasir
Gambar: freepik.com/pressfoto

Kedua, cobalah untuk meletakkan merchandise unik di meja kasir. Cara ini akan membuat pelanggan melihat-lihat barang tersebut saat pegawai kasir sedang melakukan proses menghitung jumlah pesanan.

Namun, pastikan bahwa barang-barang yang berada di meja kasir memiliki harga cukup terjangkau. Jika terlalu mahal, maka kecil kemungkinan pelanggan akan membelinya walaupun sangat dibutuhkan. 

3. Letakkan Barang Promosi dan Informasi Seputar Special Offers ke Pelanggan

Ketiga, letakkan barang promosi agar pelanggan lebih mudah melihatnya. Tak lupa informasikan juga seputar penawaran spesial dari toko. Sebagai contoh, special offers dari bank atau metode pembayaran yang menguntungkan pelanggan seperti adanya cashback atau diskon dengan menggunakan kartu kredit tertentu.

Lalu, apabila Bos memiliki program membership, bisa juga ditawarkan sebelum pelanggan meninggalkan toko. Agar terlihat lebih menarik, tidak ada salahnya untuk membuat desain promosi menggunakan kartu member di meja kasir. 

4. Sesuaikan Stok Barang pada Display Toko dengan Hari-Hari Besar

Keempat, sesuaikan stok barang pada display toko dengan hari-hari besar. Hal ini akan membuat suasana toko jadi lebih meriah terutama di meja kasir. Maka para pelanggan pun akan lebih terdorong untuk melihatnya.

Contoh menyesuaikan dengan hari besar adalah saat perayaan hari raya idul fitri, cobalah untuk meletakkan produk yang berkaitan dengan kotak berbentuk ketupat. Kemudian, hias area meja dengan pernak-pernik Ramadhan agar lebih menarik dan mendorong pengunjung untuk menambahkan produk ke keranjang belanjanya. Begitu pula dengan perayaan lainnya seperti Valentine, Natal, hingga Halloween. 

5. Pastikan untuk Menggunakan Sistem Point of Sale (POS)

meja kasir
Gambar: freepik.com/tzido

Kelima, gunakan sistem Point of Sale (POS) agar proses pembayaran lebih praktis, kemudian pencatatan seluruh transaksi toko bisa dilakukan otomatis dan lebih efektif. Tak hanya itu saja, bahkan dengan sistem POS ini, kamu bisa melihat riwayat produk yang telah dibeli sebelumnya untuk merekomendasikan pembelian produk selanjutnya.

Jangan lupa juga, Bos upayakan meminta feedback atau review dari para pelanggan, ya. Maka dengan begitu hubungan dengan mereka akan berjalan baik dan berpotensi membuatnya menjadi pelanggan tetap.

6. Jangan Lupa untuk Selalu Edukasi Sistem Kasir Kepada Karyawan

Keenam, jangan lupa untuk selalu memberikan edukasi sistem kasir kepada karyawan. Jika pegawai kasir masih belum menguasai sistem POS, maka pastikan mereka mendapatkan pelatihan yang baik dan tepat. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberikan pelatihan adalah cara menyusun produk-produk prioritas hingga mengubahnya sesuai musim atau waktu promosi. Kemudian ingatkan pegawai kasir untuk selalu menawarkan segala bentuk promosi di toko, follow-up pembeliannya saat akan melakukan pembayaran, dan tawarkan membership sekaligus menjelaskan keuntungan-keuntungannya.

Jadi, tidak hanya dari sisi pemasaran atau marketingnya saja, tapi Bos selaku pelaku bisnis juga harus memperhatikan secara lebih detail isi dari toko. Khususnya pada bagian meja kasir. Tak hanya memberikan pelayanan ekstra untuk pelanggan, tapi juga sebagai bentuk kenyamanan pelanggan dalam melakukan pembelian. 

Dalam melakukan proses pembayaran agar lebih praktis dan efektif, mulailah untuk menggunakan sistem Youtap POS. Di mana melalui sistem ini, Bos bisa menerima pembayaran cashless, mencatat seluruh riwayat transaksi secara otomatis, bahkan mendapatkan laporan penjualan dengan lengkap. Tak hanya itu saja, ada juga beberapa fitur canggih lainnya yang bisa dinikmati untuk membantu kegiatan bisnis sehari-hari. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama