Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 10, 2021

6 Karakteristik Aplikasi Bisnis yang Baik, Wajib Dibaca!

Aplikasi bisnis yang baik akan mempermudah segala urusan pekerjaan hingga menghemat biaya dan waktu. Lalu, seperti apa karakteristik aplikasi bisnis yang baik?

Isi Artikel

Ketika ingin menggunakan aplikasi bisnis sebaiknya pilih sesuai dengan kebutuhan usaha dan pastikan bahwa teknologi tersebut bukan abal-abal. Perlu kamu pahami bahwa aplikasi bisnis yang baik pasti akan mempermudah segala urusan pekerjaan hingga menghemat biaya dan waktu. Jadi seperti apa karakteristik aplikasi bisnis yang baik?

Karakteristik Aplikasi Bisnis yang Baik untuk Digunakan

1. Aplikasi Mampu Memberikan Fitur Layanan yang Sesuai dengan Kebutuhan

karakteristik aplikasi
Gambar: freepik.com/creativeart

Pertama, karakteristik aplikasi bisnis yang baik pasti bisa menyesuaikan cara bekerja dan model bisnis yang sedang kamu jalani, bukan malah mempersulitnya. Jadi cobalah untuk memilih aplikasi bisnis sesuai kebutuhan. Khususnya harus memiliki akses diskusi bagi kedua belah pihak. 

2. Memiliki Banyak Fitur Canggih dengan Performa yang Baik 

Alasan sebuah usaha akhirnya memutuskan untuk menggunakan aplikasi bisnis, karena fitur atau layanan yang ditawarkan dapat membantu proses kerja menjadi lebih cepat dan efisien. Tujuan dari aplikasi bisnis adalah untuk memberikan fasilitas usaha dengan beragam kemudahan kerja yang cepat. Sebagai salah satu contoh adalah kamu harus pastikan sistem transfer data cepat dan praktis. 

3. Responsif Ketika Ada Input dari User atau Pengguna Aplikasi

Kurang memahami fitur pada sebuah aplikasi memang umumnya menjadi masalah utama banyak orang dan pasti akan butuh bantuan. Apabila kendala seperti itu terjadi, tentu kamu harus memiliki sebuah aplikasi bisnis yang sangat responsif agar pelanggan merasa puas dengan layanan yang didapatkan.

Jadi sebelum memutuskan, sebaiknya cari terlebih dahulu informasi lengkap perihal apakah aplikasi memiliki tim support yang siap membantu pelanggannya dengan cepat serta juga dapat memberikan jawaban yang memuaskan.

4. Penggunaan Aplikasi Mudah atau User Friendly

karakteristik aplikasi
Gambar: freepik.com

Walaupun setiap perusahaan aplikasi bisnis punya beberapa ahli yang bersedia bantu sebagai end-user. Namun ada baiknya jika kamu memilih aplikasi yang mudah digunakan dan dipahami sendiri oleh pengguna. 

Perlu juga diperhatikan bahwa aplikasi bisnis yang baik pasti memiliki sejumlah ikon atau tanda di bagian atas layar. Dan ikon-ikon tersebut yang selalu mewakili fungsi serta menu pada aplikasi. Dengan adanya ikon menu yang sederhana, tentunya akan memudahkan user atau pengguna dalam mengaplikasikan program tersebut.

5. Implementasi Penggunaan Aplikasi Pada Kegiatan Bisnis Bisa Berjalan dengan Cepat

Setiap harinya pasti bisnis akan berjalan, apalagi dengan laporan keuangan harus selalu tersedia dengan cepat. Aplikasi  ini dibuat memang dengan tujuan untuk membantu mengelola semua aktivitas agar tidak membutuhkan waktu lama dalam hal penyesuaian antara aplikasi dengan proses bisnis. 

6. Pastikan Fitur Aplikasi Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis

Terakhir, karakteristik aplikasi bisnis yang baik adalah kamu juga harus pastikan fitur-fitur dalam aplikasi telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Walaupun telah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi berkualitas harus mempunyai banyak fitur canggih, namun fitur yang dicantumkan tetap tidak boleh asal-asalan apalagi tidak sesuai kegunaannya dengan model bisnis milikmu. 

Pada kenyataannya, setiap bisnis pasti memiliki model usaha yang berbeda. Maka dari itu, aplikasi harus mempunyai cara kerja yang sesuai dengan model bisnis yang dijalani.

Hal ini menjadi sangat penting karena akan sia-sia apabila memiliki banyak fitur tapi tidak sesuai dengan model serta tujuan bisnis. Tentu saja hal ini justru akan menghambat pertumbuhan usaha dan menurunkan nilai kenyamanan konsumen.

Itulah beberapa karakteristik aplikasi bisnis yang baik dan perlu menjadi bahan pertimbangan penting. Saat ini aplikasi bisnis yang memiliki beragam fitur canggih untuk bisa menjawab semua persoalan bagi setiap perusahaan adalah Aplikasi Bisnis Youtap

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama