Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 18, 2022

5 Tips Mengelola Stok Toko dengan Tepat Agar Terhindar Dari Kerugian‍

Pengelolaan stok toko dalam sebuah bisnis adalah hal penting yang tidak boleh disepelekan. Agar lebih praktis mengelola stok toko, simak tipsnya berikut ini yuk.

Isi Artikel

Melakukan pengelolaan stok toko adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika sedang menjalankan bisnis. Tujuan dari pengelolaan stok toko ini, agar lebih mengetahui jumlah sisa bahan atau produk yang masih ada serta menjaga kualitasnya. Agar bisa berjalan lebih praktis, berikut ini beberapa tips mengelola stok toko dengan tepat.

Tips Mengelola Stok Toko

1. Buatlah daftar stok toko 

stok toko
Gambar: freepik.com

Dalam menjalankan bisnis di bidang apapun, data akan selalu menjadi hal penting yang harus dimiliki, khususnya saat proses pengelolaan stok toko. Dengan adanya data stok tersebut kamu bisa melakukan kontrol toko hingga membuat keputusan dalam tindakan bisnis. 

Namun, apakah kamu sudah tahu bahwa saat ini pencatatan daftar stok toko bisa lebih mudah dengan kehadiran Aplikasi Youtap. Melalui fitur canggih Youtap, kamu bisa mencatat stok toko secara digital, sehingga proses pengelolaan lebih praktis dan akurat. 

2. Memberikan kode khusus pada setiap produk

Bagi kamu yang menyediakan banyak barang dengan bermacam-macam warna, motif atau model pastikan juga untuk memberikan kode pada setiap produknya. 

Dengan cara memberikan kode tersebut, maka kamu lebih mudah mengenali dan menyebutkan jenis barang secara spesifik. Tak hanya itu saja, penggunaan kode ini juga mempermudah mengelompokkan peletakan barang di gudang.

3. Membuat jadwal stok dan perkiraannya

Selanjutnya adalah forecast persediaan, di mana kamu harus membuat perkiraan jumlah barang-barang di toko yang sekiranya perlu ditambah untuk stok gudang. Lakukan perkiraan jumlah persediaan yang dibutuhkan serta yang harus dikeluarkan pada periode ini. Kemudian, kamu bisa membuat jadwal untuk menentukan kapan melakukan pembelian selanjutnya. 

4. Pastikan memisahkan stok lama dan baru

stok toko
Gambar: freepik.com/tonodiaz

Sama halnya seperti mengelola keuangan bisnis, kamu juga tidak boleh mencampur aduk stok toko lama dan baru. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengupayakan pemisahan stok lama dan baru. Tujuan dari cara ini untuk mempermudah perhitungan jumlah stok lama yang terjual dan belum terjual. 

5. Lakukan pengecekan sebelum menyimpan barang 

Terakhir, harus lakukan pengecekan barang sebelum menyimpannya ke gudang. Tujuan dari pengecekan ini untuk mencegah bercampurnya barang yang mengalami kesalahan produksi atau tidak sempurna. 

Jadi, agar kegiatan ini bisa lebih mudah, praktis dan akurat sebaiknya gunakan Aplikasi Youtap yang secara otomatis bisa mengakomodasi seluruh proses pengelolaan stok toko. Seperti yang kita tahu, bahwa adanya beberapa bentuk inventory pasti akan menyulitkan kamu, apalagi jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, Aplikasi Stok Barang Youtap menyediakan fitur inventory yang membantu pencatatan dan pengelolaan stok barang. 

Kemudian agar dapat mewujudkan pelayanan terbaik untuk pelanggan mulai dari proses pemesanan hingga transaksi, sebaiknya mulai gunakan sistem digital Youtap POS

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama