Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 20, 2023

5 Tips Bagi Pemula Agar Bisnis Parsel Selama Ramadan Berjalan Lancar dan Menguntungkan

Jelang Ramadan, banyak orang mulai menjalankan bisnis parsel yang sampai saat ini banyak peminatnya untuk kebutuhan bulan Puasa dan Lebaran Idul Fitri nanti. Berikut beberapa tipsnya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti kita ketahui bersama, bahwa mengirimkan parsel saat Lebaran Idul Fitri memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Biasanya isi dari parsel yang dikirimkan tersebut berupa makanan-makanan ringan, minuman segar atau sirup botol. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kini parsel dibuat menjadi lebih modern dengan beragam bentuk unik atau disebut juga hampers. Isinya pun jadi lebih sederhana dan praktis, bisa berupa barang, dessert dan lain-lainnya. 

Walaupun sudah banyak perubahan dalam bentuk kemasan dan isi, tapi parsel dengan macam-macam makanan dan minuman ternyata juga masih memiliki banyak peminat, lho. Khususnya bagi pekerja kantoran, dimana biasanya akan bertukar parcel yang isinya makanan, minuman, sirup dan berbagai macam lainnya. Bagi yang tertarik untuk mulai bisnis parsel, cobalah untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini. Tentu tujuannya agar dapat membantu melancarkan bisnis dan mendapatkan banyak keuntungan. 

Tips Sukses Mulai Bisnis Parsel Saat Lebaran 

bisnis parsel
Gambar: freepik.com

1. Wajib Bekerja Sama dengan Supplier Barang yang Tepat

Ketika akan mulai bisnis parsel sangat disarankan untuk melakukan kerja sama dengan supplier barang paling tepat, ya. Jadi, cobalah untuk lebih dulu mencari tahu apa saja isi parsel yang ingin dijual, apakah itu kue kering, bahan-bahan masakan, barang atau isi sembako lengkap. Bila kamu ingin isi parsel yang dijual adalah makanan atau sembaki, maka segera datangi toko grosir terbaik di sekitar lingkungan berjualan. Jika belanja di toko grosir maka kamu bisa lebih berhemat untuk stok produk, karena mereka akan menawarkan harga miring jika beli dalam jumlah banyak. 

Tak melulu harus offline, kamu juga bisa mencari supplier online. Hanya saja memang harus lebih berhati-hati ketika memilih produk yang ingin dibeli, ya. Selain itu, pertimbangkan juga terkait dengan ongkos kirim (ongkir) yang harus dikeluarkan. 

2. Pelajari Cara Membungkus Parsel yang Menarik

bisnis parsel
Gambar: freepik.com

Setelah menemukan supplier yang tepat untuk mengisi parsel, kini waktunya belajar teknik membungkus. Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, sebenarnya bungkus parsel ternyata memiliki teknik khusus agar lebih efektif dan efisien. Bagi kamu yang belum mengetahui teknik tersebut, bisa coba menonton video tutorial membungkus parsel secara gratis di YouTube, ya. 

3. Jangan Lupa Lakukan Pemasaran Bisnis yang Menarik

Selanjutnya, lakukan pemasaran bisnis agar kamu bisa mendapatkan pelanggan yang akan membeli parsel tersebut. Pastikan parsel yang dijual sesuai dengan target pasar, ya. Sebagai contoh kamu menjual parsel berisi sembako. Maka, sasar individu yang ingin memberikan parsel ke keluarga kerabat atau perusahaan untuk karyawan. 

CTA Banner Promo Subs Paket Extra Mantap

4. Tentukan Target Konsumen 

bisnis parsel
Gambar: freepik.com/8photo

Agar pemasaran yang dilakukan bisa tepat, maka kamu harus lebih dulu menentukan target pelanggan yang jelas. Bila targetnya individu, umumnya keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar. Sedangkan jika target konsumennya adalah perusahaan, maka keuntungan yang didapat akan jauh besar. Alasannya karena perusahaan akan melakukan pemesanan parsel dalam jumlah besar, yang biasanya dikirimkan untuk karyawan. 

5. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial eCommerce

Terakhir, memaksimalkan penggunaan media sosial e-commerce untuk mempromosikan bisnis parsel. Apabila kamu memiliki budget lebih untuk biaya pemasaran, tak ada salahnya menggunakan layanan Ads. Kemudian, bisa juga membuat online shop di e-commerce, melihat banyak sekali masyarakat Indonesia yang seringkali menggunakan aplikasi tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa adanya peluang besar untuk mendapatkan calon pelanggan baru.

Salah satu platform b2b ecommerce terbaik saat ini yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok adalah Youtap BOS. Kemudian, dapatkan juga macam-macam informasi seputar promo, tips, hingga event di Blog Youtap. Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi usaha di Google Play Store atau Apps Store. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama