Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 20, 2023

5 Indikator Bisnis Sukses, Apa Saja Ya?

Agar dapat mengetahui apakah produk yang dijual diterima dengan baik oleh konsumen di pasaran atau tidak, kamu perlu mengetahui beberapa indikator bisnis berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Merintis bisnis tentu dibutuhkan kerja keras untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Biasanya pada beberapa tahap saat merintis inilah para pelaku usaha gagal untuk melewatinya. Hal tersebut tentunya disebabkan karena beberapa faktor. Sehingga kamu perlu mengetahui  sampai pada tahap mana bisnis terbilang sukses. Agar lebih jelas, berikut beberapa indikator bisnis sukses. 

Indikator Bisnis Sukses

1. Punya Banyak Konsumen

bisnis sukses
Gambar: freepik.com/ijeab

Ketika merintis bisnis, sangat penting untuk menyortir mana konsumen lama dan baru. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui seberapa banyak konsumen bisnismu. Sehingga sangat penting untuk melakukan analisa, kira-kira apa yang menjadikan mereka tertarik untuk membeli produk bisnismu. 

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengetahui dari mana konsumen mengetahui bisnis milikmu, apakah dari media sosial, internet, website, media cetak atau bahkan iklan. Jika kamu sudah mengetahui asal mula mereka mengetahui produk yang dijual, maka kedepannya akan lebih efektif mendatangkan konsumen lebih banyak.

2. Seberapa Banyak Volume Penjualan Bisnis 

Indikator bisnis sukses lainnya adalah seberapa banyak volume penjualan bisnis. Apabila,  volume penjualan semakin besar, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu indikator bahwa bisnis berjalan lancar. Selain itu, juga dapat diketahui bahwa produk atau jasa bisa yang dijual serta diterima dengan baik oleh konsumen.

3. Break Even Point (BEP) Bisnis Tercapai 

bisnis sukses
Gambar: freepik.com/Vectorarte

Break Even Point (BEP) ini juga bisa jadi indikator sebuah bisnis telah berkembang, di mana telah berhasil capai titik impas atau balik modal. Dalam sebuah bisnis, pemasukan dan pengeluaran memang harus seimbang antara keduanya, sehingga mampu bertahan saat awal perintisan.

Jika sudah punya  konsumen dan volume penjualan yang maksimal, maka pemasukan bisa lebih besar daripada pengeluaran. Hal itulah yang menjadi indikator kesuksesan dalam bisnis. 

4. Berhasil Mendapatkan Profit Real

Selanjutnya, berhasil mendapatkan real profit dari bisnis yang dijalankan. Jadi, tidak hanya sekedar menghasilkan untuk memberikan gaji kepada pegawai dan juga pemiliknya, tapi bisnis yang sukses juga mampu memberikan profit real.

5. Pelanggan Merasa Puas dengan Produk yang Dijual 

bisnis sukses
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Indikator yang terakhir adalah pelanggan merasa puas dengan produk yang dijual. Apabila pelanggan merasa puas, maka mereka akan lebih loyal dengan bisnis dan pemasukan pun akan cenderung stabil setiap bulannya. Jika kepuasan pelanggan pada sebuah bisnis terus meningkat, maka bisnis terus menunjukkan kemajuan.

Itulah beberapa indikator bisnis sukses yang perlu diketahui. Kemudian agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan untuk menggunakan Youtap POS dalam pengelolaannya sehingga lebih praktis, mudah dan efektif. 

Aplikasi Youtap POS ini menyediakan berbagai macam fitur canggih yang membantu proses pembuatan laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi. Namun, tidak hanya sekadar itu saja, ada juga fitur lainnya seperti POS Kasir, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, E-menu, Riwayat Transaksi, Multi Perangkat Terkoneksi, Analisa Pintar, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Kini Mulai Usaha bisa lebih mudah dengan menggunakan Aplikasi Youtap dan cara gabung jadi merchant Youtap hanya cukup download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia. Pastikan juga untuk mendapatkan macam-macam tips, acara-acara menarik, promo, dan informasi di Blog Youtap

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama