Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
December 23, 2021

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Usaha 

Demi terhindar dari kerugian yang besar sampai alami kegagalan, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum mulai usaha, ya. Apa saja?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memiliki sebuah bisnis usaha yang sukses memang dapat memberikan banyak pendapatan yang cukup besar. Namun, tak selalu berjalan mulus ada juga sebagian pelaku usaha yang harus gulung tikar karena mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, sebelum mulai usaha pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Usaha

1. Pastikan Biaya Usaha Memadai

mulai usaha
Gambar: freepik.com

Umumnya akan ada dua kategori biaya untuk membangun sebuah usaha yaitu biaya awal dan biaya overhead. Namun, akan lebih baik bagi kamu untuk mulailah dengan membuat anggaran awal. Kamu wajib memikirkan hal-hal yang diperlukan untuk memulai usaha hingga untuk mencapai titik menghasilkan pendapatan.

Selain itu, kamu juga perlu memikirkan apa saja yang perlu dibayar agar usaha tetap berjalan. Dan biaya yang perlu ada biasanya untuk sewa, telepon, gaji hingga operasional lainnya karena akan dikeluarkan secara teratur setiap bulan.

2. Fokuslah Pada Kualitas 

Selanjutnya, daripada kamu fokus terhadap kuantitas sebaiknya pastikan kualitas usaha sudah baik. Dengan adanya kualitas yang baik, tentu bisa mendapatkan lebih banyak uang. Bijaksana saat menjalankan proyek yang dilakukan, membuat kamu bisa lebih fokus pada bidang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. 

3. Persiapkan Diri Bahwa Usaha Bisa Saja Mengalami Kegagalan

mulai usaha
Gambar: freepik.com/jcomp

Ketika mengalami kegagalan kamu harus menerima kondisi tersebut agar bisa menjadi pembelajaran lebih sukses di tahap selanjutnya. Daripada menganggapnya sebagai kesalahan lebih baik anggap hal tersebut sebagai proses belajar dalam membangun usaha. Cobalah untuk menganalisis masalah yang menyebabkan kegagalan tersebut terjadi. 

4. Pahami Nilai Usaha Milikmu 

Selanjutnya adalah memahami dengan baik nilai usaha yang kamu miliki. Tanpa sadar usaha yang kamu bangun akan memproyeksikan diri. Energi, kepercayaan diri, dan sikap adalah kunci dalam memproyeksikan diri pada usaha yang dijalankan.

Tak hanya sekadar tentang kredensial, pendidikan, dan pengalaman saja tetapi juga mencakup karakter diri. Setiap interaksi yang terjadi adalah kesempatan untuk menunjukkan dengan tepat apa yang harus kamu bawa agar bisa menonjol dari yang lain. 

5. Menjalankan Bisnis Usaha Berarti Siap untuk Bersaing  

mulai usaha
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selanjutnya kamu juga harus sadar bahwa mulai usaha berarti siap untuk bersaing dengan kompetitor lain di pasaran. Persaingan bisnis merupakan sebuah kompetisi besar antara penjual. Mereka sama-sama berusaha keras ingin mendapat keuntungan, pangsa pasar, hingga jumlah penjualan yang tinggi. Oleh sebab itu, kamu wajib bersaing secara kompetitif ketika memutuskan untuk memulai usaha. 

Namun, bagi kamu yang belum memiliki pengalaman sama sekali di dunia ini tetapi ingin mencobanya bisa Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Kemudian, agar seluruh kegiatan transaksi dalam bisnis lancar dan efektif, pastikan menggunakan Youtap POS yang di mana sistem dalam aplikasi tersebut dapat diakses di HP maupun tablet dan membantu usaha mencatat seluruh laporan keuangan secara otomatis setiap harinya. 

Tak hanya itu saja, Youtap Indonesia saat ini juga mulai berinovasi menghadirkan Youtap BOS yang menjadi platform b2b marketplace, yaitu wadah untuk membantu para pelaku usaha memenuhi kebutuhan mereka dari supplier terbaik di seluruh Indonesia. Selain itu, bagi yang sudah memiliki akun Youtap POS bisa langsung terhubung dengan Youtap BOS, karena sistemnya sudah saling terintegrasi.  

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama