Maksimalkan 5 Fitur-Fitur Instagram Berikut Agar Penjualan Semakin Meningkat!

Oleh
AriantiK
December 12, 2023
Share this:

Saat ini banyak sekali orang yang mulai aktif berjualan di media sosial khususnya Instagram. Apalagi aplikasi ini telah berkembang dengan memberikan ruang khusus bagi para pelaku usaha online, dengan menghadirkan akun bisnis.

Tentu saja akun bisnis Instagram ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk membantu meningkatkan penjualan. Lalu, fitur Instagram apa saja yang wajib kamu maksimalkan penggunaannya?

Fitur-Fitur Instagram yang Wajib Digunakan Saat Berjualan 

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur Instagram yang perlu pebisnis online perhatikan.

1. Fitur Auto Reply

fitur-fitur instagram
Gambar: freepik.com/creativeart

Adanya kolom komentar pada Instagram memang sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memberikan respon pada setiap unggahan foto atau video milikmu. Biasanya kamu akan membalas komentar secara manual pada setiap komen yang muncul

Namun, ketika sedang berbisnis tentu akan ada banyak sekali komen atau respon dari followers yang menanyakan produk atau jasa bisnis milikmu. Dalam hal ini kamu akan dituntut untuk memberikan respon secara cepat kepada para pelanggan. 

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan fitur auto reply di mana kamu bisa memberikan respon cepat kepada semua pelanggan. Cara mengaktifkannya yaitu cukup lakukan pengaturan pada akun instagram bisnismu. 

2. Fitur Instastory

Fitur menarik lainnya yang juga wajib kamu maksimalkan dalam penggunaannya adalah Instastory. Walaupun durasi penyimpananya hanya 24 jam, namun Instastory ini dilengkapi dengan fitur stiker, sehingga membuat tampilan jadi lebih menarik. 

Dengan begitu, akan lebih mudah mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui Instastory. 

Selain dilengkapi dengan berbagai stiker yang menarik, Instastory juga memiliki fitur Q and A, atau polling untuk membantu melakukan survei bisnismu. 

3. Fitur Live Instagram

Fitur Live pada aplikasi Instagram ini juga bisa diandalkan untuk menarik perhatian para followers dan pelanggan. Kamu bisa membahas seputar bisnis yang sedang dijalankan, memberikan ulasan atau review produk yang dijual secara detail, bahkan hingga melakukan sesi tanya jawab secara langsung dengan calon pelanggan.

4. Fitur Reels

fitur-fitur instagram
Gambar: freepik.com

Reels adalah salah satu fitur terbaru dari Instagram yang dapat menampilkan video dengan durasi maksimal 10 menit. Tidak hanya sekadar mengunggah video, tapi kamu juga bisa melakukan edit video dan menambahkan audio, efek, serta berbagai macam filter lainnya. Melalui video ini, kamu bisa lebih mudah mempromosikan produk dan layanan baru pada bisnis.

5. Fitur Insight

Terakhir adalah fitur Insight yang dapat memudahkan kamu untuk mengamati traffic dan performa akun bisnis setiap harinya. 

Melalui Insight kamu bisa dengan mudah menganalisis berapa banyak orang yang tertarik pada konten atau produk, hingga variasi umur dan gender yang sering mengunjungi profil akun bisnis. Sederhananya, dengan adanya fitur ini, kamu bisa mendapatkan data akurat untuk dijadikan bahan evaluasi bisnis. 

Itulah beberapa fitur Instagram yang wajib dimaksimalkan penggunaannya agar bisa meningkatkan penjualan. Selain itu, kamu juga perlu memiliki Youtap POS yang dapat membantu mengelola, mencatat transaksi, hingga mendapatkan laporan penjualan secara berkala. 

Share this:
Arianti Khairina
SEO content writer dengan pengalaman sejak 2019 yang menguasai berbagai topik khususnya di bidang bisnis, lifestyle, dan lain-lain.
Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Product Core Youtap
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat