Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 9, 2021

4 Tips Menjalankan Bisnis Keluarga, Dijamin Sukses!

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis keluarga dan terhindar dari berbagai macam permasalahan internal, maka pastikan ikuti beberapa tips berikut, ya!

Isi Artikel

Umumnya menjalankan bisnis sendiri akan lebih mudah dari bisnis keluarga. Hal itu karena menjalankan bisnis keluarga pembagian tugasnya harus jelas sejak di awal. Apabila tidak, maka bisa menimbulkan perselisihan di kemudian hari. Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis keluarga dengan tepat? Berikut ini beberapa tips menjalankan bisnis keluarga yang perlu kamu ketahui. 

Kenapa Memutuskan Menjalankan Bisnis dengan Keluarga?

Tips Menjalankan Bisnis Keluarga

Ketika menjalankan bisnis keluarga hal itu ternyata lebih sulit dibandingkan melakukan bisnis yang didirikan sendiri. Menghindari terjadinya perselisihan, berikut ini adalah tips menjalankan bisnis keluarga yang tepat: 

1. Harus Membuat Rencana Bisnis yang Jelas 

bisnis keluarga
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Langkah awal yang harus dilakukan ketika menjalankan bisnis keluarga adalah perencanaan bisnis yang jelas salah satunya dengan membuat konsep dan tujuan. Oleh karena itu, umumnya untuk membangun bisnis keluarga kamu harus membuat atau memperbarui konsep yang sebelumnya sudah ada.

Hal penting yang perlu kamu pastikan adalah membuat rencana bisnis yang sesuai untuk diaplikasikan dengan keadaan atau tren terbaru saat ini. Perencanaan bisnis yang jelas ini biasanya berisi sebuah rencana atau strategi yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis. Perencanaan bisnis ini tentunya harus disetujui oleh kamu dan orang tua atau keluarga yang terlibat dalam bisnis. 

2. Cermat Membedakan Antara Urusan Keluarga dan Bisnis 

Selanjutnya, kamu harus cermat dan pandai untuk membedakan urusan antara keluarga dan bisnis. Meskipun hal ini terdengar mudah, tetapi pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan dan akhirnya bisa merusak jalannya bisnis. Hingga saat ini sudah banyak sekali kasus bisnis hancur karena mencampurkan urusan bisnis serta keluarga menjadi satu. 

3. Konsisten dengan Rencana Bisnis 

bisnis keluarga
Gambar: freepik.com/gpoinstudio

Kemudian ada juga konsistensi dalam menjalankan bisnis keluarga. Konsistensi ini merupakan pola pikir dan kebiasaan yang bisa menjadi kunci sebuah bisnis sukses bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Tak hanya sekadar bisnis yang akan jauh menjadi lebih baik karena kepuasan pelanggan tetapi kedepannya mereka juga akan terus-menerus mencari produk dari milikmu. Seberapa pun loyalnya konsumen, tentu akan melihat ke produk lain apabila kamu tidak bisa memenuhi kebutuhannya pasar. Maka dari itu, pastikan untuk selalu konsisten dalam hal terkecil sekalipun dalam menjalankan bisnis keluarga.

4. Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab yang Jelas 

Tips terakhir menjalankan bisnis yang keluarga yang bisa kamu jalankan adalah memiliki pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas. Pendiri bisnis atau manajer bisa saja memiliki tanggung jawab yang berlebih untuk mengelola pekerjaan sehari-hari. Namun, agar proses membangun bisnis keluarga ini memiliki regenerasi yang lebih baik, kamu wajib memperjelas manajerial yang ada.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena dapat mempermudah pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Bila perlu tentukan atau pilih sendiri manajerialnya nanti. Tetapi perlu diperhatikan, meskipun isi dari manajerial tersebut adalah keluarga sendiri kamu tetap memilih anggota keluarga yang memang memiliki keahlian sesuai dengan posisinya.

Itulah beberapa tips menjalankan bisnis keluarga. Pastikan bahwa pengelolaan kegiatan bisnis juga sudah dilakukan dengan dukungan dari teknologi canggih. Salah satunya mulai beradaptasi menggunakan sistem digital menggunakan aplikasi usaha dari Youtap. Youtap Indonesia merupakan perusahaan fintech di Indonesia yang menghadirkan aplikasi bisnis gratis dengan fitur terlengkap yang mampu bantu kelola bisnis menjadi efisian secara digital. Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik agar lebih mudah melihat keuntungan dan menentukan strategi kedepannya.

Youtap terus melakukan inovasi dengan menghadirkan produk-produk terbaru untuk membantu pengusaha UMKM di Indonesia. Mulai dari Youtap POS, aplikasi kasir online yang dilengkapi fitur lengkap yang membantu seorang kasir, bahkan hingga memudahkan pemilik usaha dalam melihat seluruh transaksi dan perkembangan usahanya. Selain Youtap POS, inovasi terbaru yakni Youtap BOS sebuah platform b2b marketplace yang mempertemukan antara pemilik usaha UMKM dan berbagai jenis bisnis lainnya dengan supplier terpercaya sebagai solusi belanja grosir online kebutuhan usaha terlengkap, termurah, dan tercepat.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama