February 16, 2022

4 Strategi Peluncuran Produk Baru Bisnis yang Wajib Diketahui

Ketika meluncurkan produk baru pastikan persiapannya direncanakan dengan matang. Dan berikut beberapa strategi peluncuran produk yang bisa kamu gunakan.

Ketika menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti memiliki banyak ide untuk menghadirkan produk baru setiap saatnya. Namun, untuk mulai peluncuran produk baru ini kamu juga tak boleh terkesan buru-buru. Pastikan bahwa seluruh persiapannya telah direncanakan secara matang. Dan berikut ini beberapa strategi peluncuran produk serta pemasarannya. 

Strategi Peluncuran Produk Baru Bisnis

strategi peluncuran produk baru bisnis
Gambar: freepik.com/tirachardz

Dalam kegiatan peluncuran produk baru, tentu harus disertai dengan strategi yang tepat sesuai dengan tingkat tinggi rendahnya variabel pemasaran, seperti mutu produk, harga, promosi, hingga distribusi produk. Lebih jelasnya berikut beberapa strategi peluncuran produk: 

1. Strategi Peluncuran Produk Rapid Skimming

Strategi peluncuran produk yang satu ini akan diawali dengan harga dan promosi yang tinggi. Rapid skimming digunakan untuk mempercepat laju produk dalam menembus pasar. Namun, strategi ini dapat berhasil jika sebagian besar pasar belum mengetahui produk yang akan diluncurkan. 

2. Strategi Peluncuran Slow Skimming

Jika sebelumnya melakukan strategi cepat, ada juga peluncuran produk baru secara lambat yaitu menggunakan harga tinggi dan sedikit promosi. 

Melalui strategi ini, kamu bisa memperoleh keuntungan kotor per produk dalam jumlah yang banyak dengan promosi rendah. Namun, perlu diingat bahwa strategi peluncuran produk satu ini dapat berhasil jika pasarnya terbatas, sebagian konsumen sudah mengetahui produknya, konsumen bersedia membeli dengan harga mahal, dan juga belum ada pesaing. 

3. Strategi Rapid Penetration

Selanjutnya ada strategi rapid penetration di mana melakukan penetapan harga yang rendah serta promosi gencar. Tujuannya agar cepat diterima oleh masyarakat serta target pasar yang luas.

Faktor yang memengaruhi keberhasilan strategi ini adalah konsumen yang belum mengetahui keberadaan produk, pasar luas, kepekaan konsumen terhadap harga, dan ada indikasi persaingan. 

4. Strategi Slow Penetration

Strategi terakhir adalah slow penetration, di mana kamu dapat menetapkan harga yang rendah serta promosi kecil. Sehingga bisa mendapat penerimaan yang besar dari konsumen dengan biaya pemasaran rendah. Namun, perlu didukung dengan pasar yang luas, serta pesaingnya masih rendah.

Itulah beberapa strategi peluncuran produk baru. Namun, untuk mendukung kemajuan bisnis di serba teknologi seperti sekarang ini, yuk segera digitalisasi bisnis milikmu dengan aplikasi Youtap. Kini, Mulai Usaha apapun dengan Youtap memang jadi lebih mudah karena memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang