Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 6, 2023

4 Langkah Mencari Inspirasi Bisnis yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Demi mendapatkan berbagai macam ide unik dan baru, tentu sangat penting untuk mencari inspirasi bisnis sebanyak-banyaknya. Berikut langkah-langkah yang perlu diketahui.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Apabila ingin menjadi seorang wirausahawan, tentu akan ada banyak tantangan yang perlu dihadapi, salah satunya ketika mencari inspirasi bisnis. Pasalnya, untuk bisa mendapatkan ide-ide unik dan baru ketika membangun sebuah bisnis, kamu harus punya banyak inspirasi. Berikut beberapa langkah mencari inspirasi bisnis yang perlu diketahui. 

Langkah-Langkah Mencari Inspirasi Bisnis

1. Tuliskan Ide-Ide Bisnis

Inspirasi bisnis
Gambar: freepik.com/vector4stock

Pertama, tuliskan ide yang sudah kamu temukan walaupun belum begitu yakin atau belum matang. Membaca daftar ide yang telah dikumpulkan selama berminggu-minggu atau bulan akan membantu memberikan inspirasi yang dibutuhkan. Catatan kumpulan ide ini akan sangat berguna di masa akan mendatang.

2. Cobalah Bergabung dengan Lingkungan Bisnis yang Tepat 

Kedua, cobalah untuk bergabung dengan lingkungan bisnis yang tepat. Pasalnya, berkumpul bersama orang-orang yang memiliki pandangan negatif dapat menanamkan keraguan di dalam diri, sehingga penting untuk membatasi orang dengan pandangan negatif dalam hidupmu, ya.

Namun, bukan berarti harus berinteraksi dengan orang itu-itu saja, tapi cobalah untuk meminimalisir pengaruh negatif mereka. Lagi pula, kamu juga akan tetap membutuhkan orang dengan pandangan realistis yang akan memberikan pendapat jujur ​​dan menguji gagasan milikmu. Selain itu juga membantu memberikan sudut pandang pikiran yang berbeda.

Masa-masa merintis bisnis, kamu akan membutuhkan lebih banyak orang dengan pikiran positif. Di mana orang-orang yang mampu membangkitkan motivasi dan ambisi, serta memaksa melampaui batasan untuk pencapaian kesuksesan.

3. Pahami Alasan Ingin Mulai Bisnis

inspirasi bisnis
Gambar: freepik.com/jcomp

Ketiga, ada banyak motivasi yang bisa jadi latar belakang seseorang untuk mulai berwirausaha. Salah satunya dengan memahami tujuan awal, mengapa kamu ingin berbisnis. Sehingga bisa lebih mudah mendapatkan inspirasi. 

Selain itu, dengan memahami alasan ingin mulai bisnis maka juga akan membantu memfokuskan energi secara efisien. Beberapa alasan yang dapat memotivasi seseorang untuk mulai bisnis yaitu: 

  • Agar bisa mendapatkan keseimbangan kehidupan kerja yang baik atau Work life balance.
  • Agar bisa mengoptimalkan kesejahteraannya.
  • Agar bisa mendapatkan perubahan positif di dunia atau meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. 
  • Menyediakan lapangan kerja.
  • Agar bisa mendapatkan kebebasan untuk bisa menjadi bos bagi sendiri. 

Jadi, dengan memahami tujuan awal, kamu dapat menentukan setiap langkah dengan tepat.

4. Pahami Minat dan Passion dalam Bisnis

Terakhir, pahami juga minat dan passion dalam berbisnis. Perlu diketahui bahwa banyak pengusaha mendapatkan inspirasi bisnis dari hal-hal yang diminati. Kunci utama untuk dapat menemukan passion yaitu terlibat dengan hal-hal yang disukai.

Kegiatan yang dapat membantu kamu menemukan passion adalah membaca lebih banyak buku, banyak ikut diskusi online, menghadiri seminar bisnis, gabung dengan komunitas atau melakukan apa pun yang sesuai dengan hobi.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah mencari inspirasi bisnis yang perlu diketahui. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaan usahanya, ya. Di mana Youtap POS sebagai aplikasi kasir digital ini memiliki macam-macam fitur canggih yang membantu seluruh kegiatan usaha. 

Salah satunya fiturnya dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan transaksi secara otomatis. Tak hanya itu saja, Youtap POS juga memiliki fitur POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Multi Perangkat Terkoneksi, Kalkulator Digital, Penyesuaian Harga dan Pajak, Pembayaran Tunai, serta Analisa Produk. 

Kini saat paling tepat untuk Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap, Bos! Cara  untuk bergabung jadi merchant Youtap juga cukup mudah, di mana kamu hanya perlu download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia. Jangan lupa, dapatkan berbagai macam tips, promo, informasi, hingga event di Blog Youtap.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama