February 8, 2022

4 Fungsi Utama Penggunaan Aplikasi Nota di Era Bisnis yang Serba Digital

Mulai meninggalkan cara manual, banyak pelaku usaha beralih menggunakan aplikasi nota. Namun, selain untuk mencetak struk, apa saja fungsi dari aplikasi nota?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Umumnya, pembuatan nota dilakukan secara manual menggunakan mesin kasir tetapi seiring berkembangnya dunia bisnis yang mulai beralih ke serba digital, kini kamu bisa membuatnya secara otomatis dengan aplikasi nota.

Pengertian Aplikasi Nota

Aplikasi Nota
Gambar: freepik.com/upklyak

Aplikasi nota adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dipakai untuk melakukan berbagai macam pencatatan penjualan atau tagihan dalam sebuah bisnis.

Penggunaan aplikasi nota ini membuat kamu bisa melihat semua transaksi penjualan seperti keuntungan dan kerugian tanpa perlu mencatatnya secara manual.

Aplikasi nota sangat memudahkan kamu dalam mencetak nota sebagai bukti transaksi kepada konsumen atau bisa juga untuk kebutuhan usaha lainnya. 

Biasanya isi dari nota akan mencakup beberapa hal penting seperti nama toko, tanggal nota diterbitkan, nama produk belanjaan, jumlah, serta harga barang belanjaan yang dibeli oleh konsumen.

Selain itu keterangan rinci bagi konsumen, aplikasi nota ini juga bisa memberikan kamu data-data yang akurat tentang penjualan. 

Fungsi Aplikasi Nota

aplikasi nota
Gambar: freepik.com/macrovector

Tak hanya untuk konsumen saja, tetapi aplikasi nota juga bisa bermanfaat bagi pengusaha. Keduanya sama-sama membutuhkan aplikasi nota ketika melakukan transaksi jual beli. Dan berikut ini fungsi dari aplikasi nota yang sudah bisa diakses secara online, seperti:

1. Membantu Mencetak Bukti Pembayaran

Aplikasi nota ini dapat membantu kamu untuk mencetak bukti pembayaran atau struk. Nantinya, terdapat beberapa informasi mengenai banyak hal dalam transaksi pada nota.

Informasi penting pada nota bisa berupa barang atau jasa yang dibeli konsumen, berapa banyak jumlahnya dan harga yang ditagihkan pada mereka.

2. Membantu Membuat Laporan Kegiatan

Lalu, ada juga sebagian konsumen membutuhkan struk belanjaan untuk referensi barang yang telah dibeli. Dan referensi ini nanti digunakan dalam pembuatan laporan kegiatan tertentu.

3. Membantu Melakukan Pencatatan Penjualan 

Aplikasi nota juga berguna untuk membantu melakukan pencatatan dan pemantauan penjualan menurut kategori barang yang dijual. 

Tak hanya sekadar sebagai bukti transaksi, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi tentang penjualan barang atau jasa yang sudah terjual ke konsumen.  

Dan kamu pun akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang stok barang. Melalui pencatatan penjualan inilah setiap transaksi yang masuk akan tertulis dengan jelas. Dengan mengetahui hal ini, kamu mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan belanja stok. 

4. Sebagai pemusatan data  

Aplikasi nota juga membantu pemusatan data saat pembukuan bisnis pada periode waktu tertentu. 

Selain itu, juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada penjual karena bisnis menyediakan data yang jelas dan akurat. 

Dalam hal ini, Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Kasir memiliki berbagai macam produk dan fitur terlengkap yang mampu bantu mengeloa usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise.  

Beberapa fitur Aplikasi Kasir Youtap yaitu mampu membantu kamu melakukan pembayaran online, pencatatan riwayat transaksi secara real time, bisa Cetak Struk Sekali Tap atau pembuatan nota dan lain-lainnya.  

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap.  

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama