May 10, 2022

11 Tips Mulai Bisnis Mebel untuk Pemula 

Sebelum memulai bisnis, kamu pasti membutuhkan perencanaan yang matang agar bisa berjalan lancar. Oleh karena itu, ikuti beberapa tips mulai bisnis mebel berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kebutuhan masyarakat akan macam-macam furniture saat ini menjadikan bisnis mebel jadi peluang yang cukup menjanjikan. Bisnis ini memang membutuhkan banyak modal, tetapi jika dikelola dengan tepat maka dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Sehingga kamu membutuhkan perencanaan yang matang agar bisa berjalan lancar. Dan berikut beberapa tips mulai bisnis mebel untuk pemula. 

Tips Mulai Bisnis Mebel

Sama seperti lainnya, ketika ingin menjalankan bisnis mebel tentu juga harus membuat perencanaan yang tepat agar dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan yang matang dan tepat ini penting, karena persaingan yang cukup ketat. 

Pastikan kamu tidak kesulitan menembus pasar karena tidak memiliki persiapan yang baik sejak awal. Demi menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips mulai bisnis mebel khususnya untuk pemula:

1. Buatlah rencana yang matang

bisnis mebel
Gambar: freepik.com/prostooleh

Pertama, membuat perencanaan yang matang dan tepat. Dengan adanya rencana yang tepat akan memudahkan kamu mengambil berbagai keputusan penting dalam bisnis. 

2. Tentukan target pasar

Kedua, tentukan target pasar dengan melihat siapa konsumennya untuk rumah tangga atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa, seperti hotel. Penentuan target pasar ini dapat memengaruhi berbagai persiapan lainnya di dalam bisnis mebel seperti memilih lokasi dan bahan-bahan produk mebel yang akan dijual nantinya. 

3. Lakukan peninjauan ulang harga pasar

Ketiga, lakukan peninjauan ulang harga pasar sebelum kamu memulai produksi, ya. Kamu bisa menentukan harga pasar sesuai dengan jenis bisnis mebel yang dijalankan. Hal ini penting dilakukan agar produk yang dijual bisa bersaing secara kompetitif di pasaran. 

4. Pilih lokasi strategis untuk toko mebel

bisnis mebel
Gambar: freepik.com

Keempat, memilih lokasi strategi untuk toko mebel. Pastikan kamu memilih lokasi bisnis yang tepat dan strategis, sehingga memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar. Pertimbangkan juga dengan tingkat persaingan bisnis yang akan dihadapi di lokasi tersebut. 

5. Persiapkan modal yang cukup untuk membangun bisnis

Kelima, mempersiapkan modal yang cukup untuk dapat membangun atau menjalankan bisnis mebel. Sebaiknya persiapkan modal bisnis dalam jumlah yang cukup, sehingga ketika sedang berjalan nantinya tidak perlu menghadapi masalah keuangan di masa-masa awal dan seterusnya.

6. Menerapkan sistem dan strategi bisnis yang tepat

Keenam, mulai menerapkan sistem dan strategi bisnis yang tepat agar dapat berjalan dengan baik. Memiliki banyak strategi bisnis yang tepat bisa membantu meraih angka penjualan yang maksimal. 

7. Kembangkan ide-ide yang kreatif dan inovatif

Ketujuh, mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif. Adanya persaingan bisnis yang ketat di bidang ini, secara tidak langsung menuntut kamu untuk terus berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan benda-benda unik. Jadi, dalam pembuatan mebel, sebaiknya kamu selalu update model dan mengeluarkan inovasi baru yang berbeda. Selain model, pastikan juga fungsinya dapat memenuhi kebutuhan konsumen. 

8. Tentukan bahan baku berkualitas

bisnis mebel
Gambar: freepik.com/katemangostar

Kedelapan, pemilihan bahan baku berkualitas juga harus diperhatikan dalam pembuatan  furniture. Dengan pemilihan dan inovasi terhadap mebel yang dibuat, kamu tidak perlu mengkhawatirkan kompetitor, karena sudah menyesuaikan produk dengan target pasar.

9. Menjaga kualitas produk

Kesembilan, selalu menjaga kualitas produk. Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk yang berkualitas akan membuat pelanggan puas dan menjadi loyal.  

10. Lakukan kegiatan promosi dengan maksimal

Kesepuluh, lakukan kegiatan promosi dengan maksimal, khususnya jika memiliki banyak pesaing dalam bisnis. Pasalnya, promosi yang efektif membuat angka penjualan meningkat dengan tajam, sehingga bisnis bisa mendapatkan keuntungan maksimal. 

11. Membangun kerjasama dan jaga hubungan baik

Terakhir, cobalah untuk mengembangkan bisnis dengan lebih luas. Mulailah membangun kerjasama serta hubungan yang baik dengan para pelanggan baru. 

Itulah beberapa tips mulai bisnis mebel untuk pemula. Selain mempersiapkan modal yang cukup besar, pastikan juga kamu membuat perencanaan yang matang dan tepat sejak awal. Sehingga akan lebih mudah ketika ingin mengambil keputusan bisnis lainnya. 

Namun, tidak hanya sekadar beberapa tips diatas saja, tetapi juga harus mulai beradaptasi dengan sistem digital dengan menggunakan Aplikasi Bisnis agar pengelolaan bisnis bisa lebih mudah, praktis dan efektif. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama