Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
October 26, 2021

10 Ide Bisnis Kreatif yang Unik dan Menguntungkan, Mana Passionmu?

Demi mampu memiliki nilai jual yang berbeda dari kompetitor di pasaran, mulai coba beberapa ide bisnis kreatif, unik dan menguntungkan berikut, yuk!

Isi Artikel

Ketika ingin memulai bisnis usaha, tentu kamu harus tahu produk atau jasa apa yang akan ditawarkan. Selain itu, pahami juga target pasarnya, agar bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal. Jadi, sebisa mungkin pastikan produk atau jasa yang dijual memiliki nilai jual yang berbeda dari kompetitor, ya. Berikut ini ada beberapa ide bisnis kreatif dan unik yang bisa dicoba. 

Ide Bisnis Kreatif dan Unik

Ide bisnis kreatif
Gambar: freepik.com/jannoon028

1. Bisnis Florist

Florist bisa menjadi bisnis kreatif dan unik yang bisa kamu coba. Peluang bisnis ini pada kenyataanya cukup besar dan tak pernah berkurang. Agar bisnis florist milikmu memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan dengan toko lain, kamu hanya perlu membudidayakan tanaman-tanaman langka. 

Bisnis florist terbilang cukup menguntungkan karena ada banyak orang membutuhkan buket bunga untuk dikirim kepada orang terkasih di momen-momen wisuda, pernikahan, hingga hari perayaan spesial lainnya.

2. Bisnis Kerajinan Rotan

Selanjutnya, bagi kamu yang memiliki keterampilan membuat kerajinan tertentu bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.  Walaupun bisnis ini sudah sangat umum dilakukan, tetapi dijamin laku di pasaran jika tetap mengikuti perkembangan tren di masyarakat. 

Perlu juga kamu perhatikan, bahwa saat ini sebenarnya banyak orang mencari barang berbahan dasar rotan karena desainnya lebih minimalis.

3. Affiliator

ide bisnis kreatif
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Mau raih cuan dengan bantu pemasaran? Maka ikuti program afiliasi, yuk! Ini bisa jadi salah satu ide bisnis kreatif, unik, dan juga menguntungkan. Apalagi saat ini sudah banyak sekali eCommerce dan juga B2B Marketplace Online yang menjalankan program afiliasi, di mana kamu hanya perlu membantu melakukan pemasaran produk dengan menggunakan kode atau link referral. 

Kemudian, apabila jumlah link yang kamu share banyak diklik dan membuat user sampai membeli produk tersebut, maka bisa menjadi pendapatan atau komisi. 

Sekilas, fungsi afiliator memang hampir sama dengan KOL yang membutuhkan online presence cukup kuat sehingga dengan mudah kamu bisa mendapatkan cuan dari program afiliasi tersebut. Pasalnya, apabila bekerja sama dengan seseorang yang berpengaruh di media sosial dengan jumlah pengikut cukup banyak, maka akan lebih mudah mempromosikan link referral. Tertarik untuk mendapatkan cuan dengan menjadi afiliator? Berikut ini langkah-langkahnya: 

  1. Pertama, carilah brand yang menawarkan berbagai macam program afiliasi secara langsung, salah satunya Program Afiliasi Youtap. Kamu bisa cek linknya di sini untuk mendapatkan informasi lengkap seputar Program Afiliasi Youtap
  2. Kedua, kamu bisa menggunakan jasa perantara online. Daftar dan temukan berbagai brand yang sedang mengadakan program affiliasi. 

Hal yang perlu diingat apabila menjadi seorang afiliator adalah mengenali niche atau industri dari brand tersebut sehingga bisa lebih mudah dalam mempromosikannya dengan sukses hingga mendapatkan keuntungan cuan.

4. Bisnis Hampers

Bisnis hampers yang satu ini adalah salah satu ide bisnis kreatif dan unik yang cukup menjanjikan, lho. Alasannya, karena seringkali orang membutuhkan bingkisan lucu dan indah untuk dikirimkan kepada seseorang pada hari-hari besar atau spesial. 

Hampers ini biasanya diberikan kepada orang-orang terdekat sebagai ucapan terima kasih, kado ulang tahun hingga kado pernikahan. Sebagai contoh banyak orang mengirimkan hampers untuk merayakan hari besar seperti idul fitri dan natal. Oleh sebab itu, bisnis hampers ini bisa bersaing dengan baik di pasaran. 

5. Bisnis Dekorasi Kue

Bisnis dekorasi kue memang saat ini banyak sekali digemari oleh masyarakat. Pasalnya, banyak orang pesan kue yang menarik dan unik untuk berbagai acara seperti ulang tahun, menikah, atau hari-hari spesial lainnya. Tak hanya kue ulang tahun, kamu juga bisa bisnis dekorasi kue kering atau cookies

6. Bisnis Jasa Voice Over 

ide bisnis kreatif
Gambar: freepik.com

Memiliki suara yang khas ternyata juga bisa menjadikan kamu sebagai voice over, hal itu memang peluang bisnis cukup menarik. Seperti yang kita tahu, baru-baru ini pekerjaan voice over sedang dicari oleh banyak orang untuk banyak kebutuhan seperti, mengisi  suara pengumuman di bioskop, kereta, bahkan sampai di pesawat.

7. Bisnis Sewa Kostum

Kini banyak sekali acara yang membutuhkan kostum untuk berbagai acara seperti pernikahan, pentas seni, wisuda, sampai pada event lain. Meskipun bisnis ini membutuhkan modal besar tetapi ada baiknya fokus menyewakan kostum ke satu pasar tertentu saja. 

8. Bisnis Souvenir Pernikahan

Sama halnya dengan sewa kostum, bisnis souvenir pernikahan ini juga bisa digunakan untuk berbagai acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan lain-lainnya. Menariknya lagi, souvenir yang dijual pun bisa dengan harga cukup terjangkau dan unik. Contohnya menjual berbagai macam gelas motif, gantungan kunci atau sendok dan garpu dari kayu.

9. Bisnis Penyewaan Peralatan Outdoor

Bisnis kreatif dan unik yang bisa dicoba adalah penyewaan peralatan outdoor. Penyewaan peralatan outdoor bisa juga bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. 

Alasannya, karena kebanyakan orang lebih suka menyewa alat-alat untuk hiking daripada harus membelinya. Memang modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini terbilang cukup besar tetapi, penghasilan yang didapatkan bisa sangat menjanjikan.

10. Bisnis Tanaman Hias

Terakhir, ada bisnis tanaman hias yang saat ini sudah banyak digeluti oleh para pelaku bisnis. Pasalnya, dari segi keuntungan memang cukup menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Menggeluti bisnis tanaman hias ini, kamu harus memiliki ide kreatif, kesabaran karena prosesnya terbilang cukup memakan waktu. 

Mulai dari proses perawatan, juga mengambangkannya, sekaligus dalam pemasarannya. Mau tau tips bisnis tanaman hias? Cek langsung di artikel ini!

Setiap Bisnis Butuh Pengelolaan dengan Aplikasi Terbaik dan Terlengkap!

Semua jenis bisnis dari UMKM hingga Enterprise butuh pengelolaan yang baik sehingga proses bisnis dapat berjalan baik. Salah satu bentuk pengelolaan usaha bisa dengan memanfaatkan aplikasi usaha yang memiliki fitur-fitur terlengkap sehingga lebih memudahkan proses pengelolaannya. 

Salah satu aplikasi usaha yang bisa dimanfaatkan untuk pengelolaan usaha adalah aplikasi Youtap. Inovasi Youtap makin berkembang dengan menciptakan produk baru Youtap POS, Aplikasi Kasir Online dan fitur Belanja Stok yang kini berubah menjadi B2B Marketplace Online belanja grosir kebutuhan usaha terlengkap yang dinamakan Youtap BOS.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama