Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 28, 2022

10 Hal yang Wajib Dipersiapkan untuk Memindahkan Bisnis Offline ke Online

Demi bisa mengikuti perkembangan bisnis yang kini serba digital, tentu kamu harus mulai beradaptasi. Berikut ini persiapan memindahkan bisnis offline ke online.

Isi Artikel

Demi bisa mengikuti perkembangan dunia bisnis yang serba digital seperti sekarang ini, banyak pemilik usaha harus mulai beradaptasi dengan memindahkan bisnis offline ke online. Dan berikut ini persiapan memindahkan bisnis offline ke online. 

Persiapan Memindahkan Bisnis Offline ke Online

1. Menerima Perubahan dari Offline ke Online

Bisnis offline ke online
Gambar: freepik.com/tirachardz

Persiapan pertama yang harus kamu lakukan adalah lebih dulu menerima perubahan untuk memindahkan bisnis offline ke online.  

Pastikan juga bahwa perubahan ini didukung oleh seluruh karyawan yang membantu perusahaan. Perubahan yang paling efektif yaitu yang mengikuti dinamika pergerakan bisnis.

2. Utamakan Fokus pada Pelanggan

Sebelum melakukan pemindahan ke bisnis online atau digital, sebaiknya perusahaan fokus pada pelanggan. Fokus pada pelanggan juga menjadi salah satu dasar untuk semua keputusan transformasi digital lainnya.

3. Mulai Rancang Struktur Organisasi Baru

bisnis offline ke online
Gambar: freepik.com/tirachardz

Seperti yang kita tahu, bahwa pada umumnya perusahaan memiliki birokrasi yang rumit. Namun, dalam pemindahan ini kamu perlu melibatkan eksekutif dan pemimpin menuju visi digital baru. 

Pastikan bahwa seluruh pemimpin harus mendukung perubahan digital dan bersama-sama berusaha mencapai tujuan jangka panjang perusahaan.

4. Memanfaatkan Teknologi

Bagi kamu yang ingin memindahkan bisnis offline ke online, tentu pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan.  

Jadi, keputusan teknologi perlu ada masukan dari seluruh tim yang tergabung di perusahaan. Pastikan untuk mempersiapkan teknologi yang dibutuhkan dalam mendukung jalannya bisnis online. 

5. Integrasi

Kemudian, pastikan juga semua sistem data perlu terintegrasi dengan baik. Dalam hal ini memang diperlukan strategi data yang efisien untuk transformasi digital yang sukses.

6. Lakukan Persiapan Logistik dan Rantai Pasokan

bisnis offline ke online
Gambar: freepik.com/tirachardz

Agar bisa beradaptasi di bisnis online kamu juga perlu meningkatkan kecepatan dan keandalan rantai pasokan, mulai dari seberapa cepat produk diproduksi hingga efisiensi pesanan dan pengiriman. 

Dalam hal ini, kamu perlu melihat bagaimana rantai pasokan dapat didigitalkan dan ditingkatkan.  

Selain itu, mengadopsi solusi digital membuka pintu ke pertanyaan baru tentang keamanan data. Oleh sebab itu, standar privasi dan keamanan bisnis online harus menjadi yang utama. 

7. Persiapan Perubahan Produk, Layanan, dan Proses

Persiapkan juga perubahan digital terkait dengan produk dan layanannya. Pemindahan bisnis offline ke online bisa dikatakan berhasil apabila selalu berusaha menemukan solusi paling efisien dan inovatif. 

8. Digitalisasi

Perubahan digital memang mempengaruhi semua aspek organisasi dan mengaburkan batas antara toko digital dan fisik. Dalam hal ini, aplikasi Youtap bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mendigitalisasi usaha milikmu.  

Dilengkapi oleh berbagai fitur canggih, kamu bisa mengelola usaha secara online sehingga dapat berjalan lebih efektif dan efisien.  

9. Personalisasi

Adanya perubahan digital ini juga menyediakan peluang tak tertandingi untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan.  

Manfaatkan solusi digital untuk memahami pelanggan dan memberikan pengalaman yang terbaik bagi mereka. 

10. Mempersiapkan berbagai pilihan metode pembayaran

Terakhir, yang menjadi aspek penting untuk memulai transformasi digital adalah menyediakan metode pembayaran online kepada pelanggan. Dengan menyediakan berbagai pilihan pembayaran online yang lengkap, tingkat penjualan pun bisa semakin meningkat dan akan meningkatkan loyalitas serta minat beli pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai persiapan untuk memindahakan bisnis offline ke online. Demi mendukung bisnis online milikmu berjalan lancar dan sukses, pastikan sistem digital yang digunakan sudah menyediakan fitur-fitur pengelolaan bisnis yang lengkap serta canggih. Di mana sistem digital tersebut dapat membantu kamu mencatat seluruh laporan penjualan bisnis sehari-hari secara otomatis seperti Youtap POS.

Fitur-fitur yang tersedia pada Youtap POS antara lain dapat membantu membuat laporan penjualan dan lainnya seperti POS Kasir, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk.  

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama