Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 2, 2021

10 Ciri Pengusaha Sukses, Apa Saja?

Tak hanya sekadar pintar, ternyata menjadi pengusaha sukses memiliki beberapa pemikiran yang istimewa, lho. Dan berikut ini 8 ciri pengusaha sukses.

Isi Artikel

Di balik kesuksesan seseorang tentu ada faktor-faktor tertentu yang mendukungnya. Salah satunya dengan pemikiran atau sifat yang dimilikinya. Dan berikut ini 8 ciri pengusaha sukses, apakah kamu memiliki salah satunya?

Ciri Pengusaha Sukses yang Perlu Dicontoh

1. Mencintai Semua Hal yang Dikerjakan 

Ciri pengusaha sukses yang utama adalah pada umumnya mereka mencintai apa yang dilakukan. Pengusaha sukses akan mampu menempatkan dengan baik semua jam ekstra untuk membuat usahanya maju dan berkembang. Orang-orang yang sukses ketika menjalankan usahanya adalah mereka yang selalu meneliti dan membaca sesuatu untuk menemukan strategi baru agar bisnisnya lebih baik.

2. Memiliki Disiplin yang Tinggi Ketika Bekerja

ciri pengusaha sukses
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selanjutnya, ciri pengusaha sukses yaitu selalu memusatkan energi saat bekerja dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang menghambat untuk mencapai tujuan mereka. Ciri seorang pengusaha menjadi sukses juga karena mereka disiplin untuk selalu membuat langkah baru demi mencapai tujuan mereka.

3. Memiliki Kreativitas yang Tinggi  

Perlu kamu ketahui bahwa ketika bekerja kreativitas menjadi poin utama. Karena kreativitas adalah kemampuan menemukan hubungan antara dua peristiwa yang tidak terkait. Umumnya para pengusaha sukses ini bisa datang atau muncul dengan solusi dari masalah-masalah yang ada. 

Ciri pengusaha sukses adalah mereka yang memiliki ide-ide out of the box dan berusaha menemukan cara lebih baik dalam melakukan sesuatu. Cara baru tersebut yang nantinya dapat meningkatkan alur kerja, produktivitas, dan keuntungan utama perusahaan.

4. Memiliki Sifat Persuasif

Sifat ini juga menjadi ciri pengusaha sukses pada umumnya karena mampu menjadi negosiator yang lebih baik. Tentu akan ada saat-saat tertentu ketika pengusaha harus meyakinkan seorang klien, partner, atau investor. Dan pengusaha yang sukses biasanya pandai dalam mempresentasikan ide-ide baru mereka dengan baik.

5. Memiliki Visi yang Jelas 

ciri pengusaha sukses
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tak hanya gambaran secara abstrak, pengusaha yang sukses juga selalu memiliki kemampuan tentang perencanaan strategis atau visi yang jelas pada perusahaan yang dijalankan. Sebagai contoh, mereka harus mengerti ke arah mana industri ini berjalan? Kemudian apa saja tantangan yang mungkin dihadapi perusahaan nantinya? Dan tak tinggal diam, mereka biasanya akan terus menggali berbagai cara untuk bisa  menemukan solusi terbaik. 

6. Selalu Berpikiran Terbuka Pada Segala Hal 

Memiliki pemikiran yang open minded atau berpikiran terbuka memang sangat sulit. Namun, hal ini justru selalu dimiliki oleh pengusaha yang sukses. Ciri pengusaha sukses lainnya adalah mereka tidak akan pernah berasumsi mengetahui segala hal. 

Jadi, mereka akan mengambil cara dengan langsung turun dalam sebuah situasi agar bisa belajar sendiri dari pengalaman tersebut. Perlu kamu tahu juga bahwa ciri pengusaha sukses adalah mereka tidak akan menutup diri untuk belajar dari siapapun termasuk staf, mitra bisnis, pesaing, dan lainnya.

7. Memiliki Rasa Keingintahuan yang Besar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seorang pengusaha sukses harus memiliki cara berpikir kreatif. Namun pikiran itu tidak semata-mata muncul dengan sendirinya melainkan bisa diasah, jika kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. 

Bermula dari rasa keingintahuan inilah yang membuat kamu berusaha mencari jalan keluar saat menemukan kesulitan. Hal-hal yang sukar yang kamu temui saat bekerja, tidak akan pernah dilihat sebagai beban, melainkan tantangan.

8. Harus Fleksibel dengan Keadaan atau Berbagai Situasi 

ciri pengusaha sukses
Gambar: freepik.com/tirachardz

Jika ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, kamu harus mampu beradaptasi dengan mudah untuk mengubah dan menyelesaikan masalah di berbagai kondisi. Ibaratnya, jika berada dalam sebuah tim, kamu adalah pemain yang akan membantu kapanpun jika membutuhkan bantuan. Tentu dengan begitu, fleksibilitas yang dimaksud adalah menerima kebutuhan, pendapat, atau ide dari orang lain dengan baik.

9. Selalu Memiliki Toleransi Terhadap Risiko Tertentu

Pengusaha sukses pasti memiliki rasa toleransi yang tinggi ketika dihadapkan pada suatu risiko tertentu. Mereka tidak akan takut mengambil risiko saat mengejar klien baru atau coba menjalankan sebuah produk baru. Tetapi perlu diingat, hal itu bukan berarti bisa membuat keputusan tanpa strategi apapun, ya. Berani mengambil risiko yang tinggi karena telah memperhitungkan banyak hal. 

10. Harus Tegas

Ciri pengusaha sukses yang terakhir adalah tegas. Ketika kamu menjadi seorang pengusaha, pasti tidak memiliki ruang untuk menunda-nunda. Jadi harus bisa mengambil tindakan saat dibutuhkan. Selain itu kamu juga harus tahu cara memprioritaskan tugas dan membuat keputusan dengan cepat dan tepat. 

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama