May 9, 2022

Telemarketing Pada Bisnis dan Tugas-Tugas yang Perlu Dilakukannya‍

Apa itu telemarketing pada bisnis dan tugas-tugas yang perlu dilakukannya? Bagi kamu yang ingin tahu lebih lengkap, berikut penjelasannya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Apakah kamu pernah menerima telepon dengan bentuk percakapan yang sama beberapa kali? Apabila pernah, maka hal itu merupakan salah satu aktivitas yang disebut dengan telemarketing. Namun, apa itu telemarketing pada bisnis dan tugas-tugas yang perlu dilakukannya? Simak penjelasan berikut.

Apa Itu Telemarketing Pada Bisnis?

Telemarketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menawarkan produk atau jasa melalui panggilan telepon secara langsung ke pelanggan. Namun, strategi satu ini ternyata dianggap mengganggu oleh sebagian pelanggan, apalagi jika dilakukan terus menerus atau spam

Oleh karena itu, biasanya ada sebagian pelanggan yang juga sering mengabaikan panggilan telepon jika hanya menawarkan produk atau jasa bisnis tertentu. Sebenarnya, kasus seperti ini bisa dihindari, jika kamu dapat mengidentifikasi calon pembeli potensial dengan baik. 

Tak hanya itu saja, kamu juga harus menjelaskan secara detail produk yang ditawarkan, sehingga pelanggan tertarik dan besar kemungkinan membeli produknya.

Lalu, Apa Saja Tugas Telemarketing Pada Bisnis?

1. Melakukan interaksi dengan pelanggan

telemarketing pada bisnis
Gambar: freepik.com/DCStudio

Tugas paling utama telemarketing adalah menjalin atau melakukan interaksi secara personal dengan pelanggan. Tidak hanya melakukan panggilan keluar, tetapi komunikasi tersebut juga menerima panggilan masuk dari pelanggan. 

Misalnya pelanggan memiliki pertanyaan seputar produk yang ditawarkan, maka kamu harus bisa menjawab pertanyaan tersebut dan juga membantu mengatasi keluhan dari pelanggan serta memberikan saran terbaik.

2. Memberikan penjelasan detail tentang produk

Sebagai seorang telemarketer juga harus mampu memberikan penjelasan detail tentang produk yang ditawarkan bisnis. Pastikan juga bahwa penyampaiannya menarik agar membangun minat pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan sampai akhirnya mereka melakukan pembelian.

3. Follow up leads

Follow up leads atau menindaklanjuti juga menjadi tugas telemarketing. Dimana nantinya tim marketing harus melakukan panggilan telepon sehingga mau membeli produk yang ditawarkan.

4. Membuat database pelanggan dengan lengkap

telemarketing pada bisnis
Gambar: freepik.com/DilokaStudio

Telemarketing memang suatu pekerjaan yang tidak akan bisa lepas dari database pelanggan. Jadi, ketika menjadi seorang telemarketer, maka kamu harus membuat catatan tentang pelanggan. 

Catatan ini nantinya memudahkan kamu untuk menemukan kontak pelanggan mana yang tertarik atau pernah membeli produk bisnis. 

5. Meminta feedback

Terakhir adalah meminta feedback, yaitu sebuah kritik atau saran dari pelanggan setelah menggunakan jasa atau layanan yang pernah dibeli. Pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk meminta feedback pelanggan, ya. Pasalnya, melalui sebuah feedback, kamu bisa tahu kebutuhan pelanggan dan kekurangan produk untuk dievaluasi.

Jadi, itulah pengertian telemarketing pada bisnis dan tugas-tugas yang dilakukannya. Selain untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis kepada konsumen, seorang telemarketer juga harus pandai memberikan solusi atau menjawab pertanyaan mereka dengan detail. Apabila mampu memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan, besar kemungkinan mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Selain memperhatikan strategi telemarketing pada bisnis ini, kamu juga harus menggunakan sistem digital Youtap yang canggih agar berjalan lancar dan sukses. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama