June 22, 2022

Quick Replies WhatsApp Business dan Cara Menggunakannya

Membantu dalam hal membalas pesan dari pelanggan secara cepat, kamu selaku pelaku bisnis wajib tahu fitur Quick Replies pada aplikasi WhatsApp Business.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Penggunaan WhatsApp Business saat ini memang sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan penjualan. Selain itu beberapa fiturnya juga menjadi strategi marketing yang cukup jitu di era serba digital seperti sekarang, salah satunya Quick Replies. Lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap mengenai Quick Replies WhatsApp dan cara menggunakannya. 

Apa Itu Quick Replies WhatsApp?

quick replies whatsapp
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Quick Replies ini merupakan fitur salah satu WhatsApp Bisnis yang membantu para user atau penggunanya untuk membalas pesan masuk dari kontak dengan pesan yang disimpan. Dengan fitur tersebut, para pelaku bisnis dapat membalas pesan pelanggan secepat mungkin. Sehingga pelanggan pun tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan respons.

Namun, fitur Quick Reply WhatsApp ini tidak tersedia untuk pengguna aplikasi WhatsApp biasa, karena memang hanya ditujukan untuk pengguna WhatsApp Business baik dalam sistem Android maupun iOS.

Cara Menggunakan Fitur Quick Replies WhatsApp 

Sebelum masuk pada pembahasan cara menggunakan fitur Quick Replies, pastikan terlebih dahulu bahwa sudah memiliki WhatsApp Business. Lalu, ikuti beberapa langkah berikut: 

  • Buka aplikasi WhatsApp Business yang ada pada device atau perangkat. 
  • Pilih menu Opsi Lainnya atau tiga titik di bagian pojok kanan atas, kemudian klik Fitur Bisnis, Balas Cepat, lalu Tambah
  • Tekan ‘Pesan’ untuk membuat pesan balas cepat sesuai kebutuhan.
  • Kemudian dilanjutkan dengan memilih ‘Pintasan’ untuk setting atau melakukan setelan pintasan keyboard yang akan digunakan saat membuat Quick Replies WhatsApp
  • Terakhir pilih Simpan.

Apabila beberapa langkah di atas telah dilakukan, maka kini kamu dapat mencobanya dengan membalas chat yang masuk dengan pintasan keyboard yang telah dipilih.  Nantinya, jika pesan berhasil muncul ketika  memilih pintasan, itu artinya telah sukses membuat WhatsApp Quick Replies. Perlu kamu ketahui juga,fitur ini tidak mendukung file media apabila menggunakannya melalui WhatsApp Web atau Desktop, ya. 

Baca juga: Fitur WhatsApp Business yang Wajib Digunakan Demi Meningkatkan Penjualan

Fungsi Quick Replies Pada Aplikasi WhatsApp Business

quick replies whatsapp
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Ketika berjualan online, salah satu kendala yang sering dihadapi adalah sulitnya memberikan tanggapan yang cepat dan responsif kepada para pelanggan. Hal ini pun akan membuat konsumen kesal dan berpindah ke penjual lain. 

Namun, dengan hadirnya fitur Quick Replies di WhatsApp Business ini dapat membantu kamu memaksimalkan balas pesan pelanggan lebih cepat. Berbagai fungsi yang dimiliki WhatsApp Business dengan fitur Quick Business ini memang bisa digunakan untuk menunjang pemasaran online. Jadi, memang tidak hanya fitur greeting message dan e-catalog saja, tapi pada tahun 2018 akhirnya Quick Replies juga telah ditambahkan pada WhatsApp Business. Dan berikut ini beberapa fungsi Quick Replies pada WhatsApp Business:

  • Setiap pesan yang masuk, maka bisa langsung dibalas dengan menggunakan pesan secara berulang. 
  • Tidak perlu repot untuk mengetik ulang pesan sehingga lebih praktis dan efisien. 
  • Meningkatkan pelayanan bagi konsumen, sehingga bisa memberikan tanggapan yang cepat dan responsif. 
  • Memaksimalkan Quick Reply akan membuat bisnis lebih terpercaya dan juga difavoritkan oleh konsumen.
  • Mempermudah komunikasi dua arah.

Itulah penjelasan mengenai fitur Quick Replies pada aplikasi WhatsApp Business yang dapat membantu kamu meningkatkan pelayanan dalam membalas pesan secara cepat. Sehingga para pelanggan akan merasa nyaman ketika bertanya seputar produk atau layanan bisnis. 

WhatsApp Business juga dapat membantu meningkatkan penjualan karena tidak hanya Quick Replies tetapi beberapa fitur lainnya dapat memberikan kemudahan bagi kamu selaku penjual maupun pelanggan. Namun, kamu juga harus pintar dalam mengelola bisnis. Agar pengelolaan bisnis jadi lebih praktis dan mudah, ada baiknya untuk segera gunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama