October 17, 2022

Strategi Promosi Bisnis Kuliner yang Dapat Dilakukan Berdasarkan Karakter Konsumen

Jadi salah satu peluang menjanjikan, bisnis kuliner tentu harus dijalankan dengan pengelolaan yang benar. Oleh karena itu, simak strategi promosi bisnis kuliner yang tepat yuk. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini bisnis kuliner memang terus berkembang dan menjadi salah satu peluang paling menjanjikan. Tidak lagi sebatas pada jualan secara offline, tapi juga banyak pelaku usaha yang mulai mengembangkan berjualan online. Di mana selain promosi, peran para reviewer kuliner juga turut membantu popularitas bisnis agar semakin banyak dikenal. 

Melalui promosi dan review, bisnis akan lebih mudah menghasilkan pendapatan yang besar dan adanya peluang lebih besar untuk terus berkembang. Namun, tentu dengan pengelolaan dan penyusunan strategi promosi yang tepat. Dalam menyusun strategi bisnis, kamu harus mempertimbangkan berbagai faktor. Salah satu faktor paling krusial adalah karakter konsumen. 

Apa Pentingnya Promosi Bisnis Kuliner?

promosi bisnis kuliner
gambar: freepik.com

Promosi bisnis penting untuk dilakukan, agar bisa mendapatkan beberapa hal berikut: 

1. Dapat memperlihatkan eksistensi bisnis kuliner milikmu

Pertama, melalui promosi bisnis kuliner akan semakin terlihat eksistensinya. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan promosi semaksimal mungkin untuk memberitahukan kepada pelanggan bahwa jualan online milikmu ada dan wajib dibeli. 

Pasalnya, di era bisnis online sekarang, banyak yang tiba-tiba muncul, kemudian pergi bahkan tanpa adanya aba-aba. Sehingga dengan adanya promo, kamu bisa menarik konsumen untuk kemudian masuk ke perhitungan mereka untuk dibeli. Selain itu, ini juga akan memperlihatkan kondisi bisnismu berjalan baik.

2. Dapat menarik pelanggan baru

Kedua, melalui promosi kamu dapat menarik pelanggan baru untuk membeli produk kuliner milikmu. Tak hanya pada pada pelanggan yang sudah ada, tetapi promo juga bisa mendatangkan pelanggan baru dan membantu meningkatkan penjualan.

Strategi Promosi yang Bisa Dilakukan Sesuai Karakter Konsumen

1. Lakukan Promosi Media Cetak dan Elektronik

Strategi pertama yang bisa dilakukan adalah promosi media cetak dan elektronik. Karakter konsumen yang perlu dijaring melalui media ini adalah mereka yang masih menggunakan televisi, radio, koran, dan majalah. 

2. Lakukan Promosi Media Digital

Strategi kedua adalah melakukan promosi melalui media digital. Tentu banyak sekali keuntungan promosi melalui media digital, seperti media sosial dan website. Di mana kamu bisa menjangkau lebih konsumen dengan lebih mudah dan banyak. Selain itu, kamu bisa melakukannya dengan biaya lebih terjangkau atau bahkan gratis, lho

3. Promosi Endorsement

Strategi keempat adalah melakukan endorsement. Di mana model promosi satu ini sangat cocok untuk konsumen yang memiliki idola atau panutan, serta selalu berupaya menirukannya. Cobalah untuk ajak kerja sama para Selebgram, Youtuber, Tiktokers, atau tokoh yang dikenal masyarakat. Biasanya para mereka memiliki jumlah followers banyak dan bisa dipengaruhi, sehingga lebih mudah menggiring pelanggan baru ke bisnis jualan online milikmu. 

Itulah beberapa strategi promosi bisnis kuliner yang bisa kamu lakukan berdasarkan dengan karakter konsumennya. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan kegiatan promosi ada baiknya untuk mengelola bisnis menggunakan Youtap POS

promosi bisnis kuliner
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama