September 13, 2022

4 Alasan Konsumen Sering Mengeluh Pada Produk atau Jasa Usaha 

Tidak melulu mendapatkan respon positif, ternyata ini beberapa alasan konsumen juga seringkali mengeluh pada produk atau jasa usaha milikmu.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika berada di dunia usaha, maka kepuasan konsumen menjadi salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan. Tujuannya tentu untuk memberikan pengalaman yang positif agar mereka berminat menggunakan jasa atau produk usaha yang kamu tawarkan ke pasaran.

Namun, dalam praktiknya sendiri ternyata juga seringkali terjadi keluhan dari konsumen karena berbagai macam faktor. Terkait dengan hal tersebut, berikut beberapa alasan konsumen sering mengeluh dan memberikan penilaian negatif terhadap produk usahamu. 

Alasan Konsumen Sering Mengeluh Terhadap Produk atau Jasa Usaha

1. Kualitas Produk Tidak Memenuhi Kebutuhan Pasar

produk atau jasa usaha
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Alasan pertama karena kualitas produk atau jasa usaha tidak memenuhi kebutuhan pasar. Apabila kualitas produk di bawah standar hingga menyebabkan pelanggan kecewa, tentu mereka akan segera mencari penggantinya atau beralih mencari solusi ke kompetitor. 

Agar bisa mengatasi masalah kualitas produk ini, cobalah untuk menguji produk melalui suatu focus groups. Cara lainnya juga bisa dengan mempelajari keluhan atau feedback yang diberikan pelanggan. Ini akan sangat membantu kamu memahami bagaimana agar produk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, dan apa saja perbaikan yang dibutuhkan pada suatu produk.

2. Tidak Memberikan Pelayanan Pelanggan yang Maksimal

Alasan kedua, karena tidak memberikan pelayanan pelanggan yang maksimal. Jadi, ketika menjalankan sebuah usaha, kamu tidak hanya harus fokus pada kualitas produk tapi juga pelayanan untuk pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang kecewa dengan pelayananmu akan menyebarkan cerita hal-hal yang negatif ke pasaran. 

Jadi, cobalah untuk meminta feedback dari pelanggan, karena ini bisa menjadi data valid saat evaluasi. Sehingga kamu lebih mudah untuk memperbaiki pelayanan pelanggan. Selain itu, juga cobalah untuk bersikap proaktif agar bisa menciptakan solusi lebih cepat.

3. Adanya Kenaikan Harga yang Tajam 

Alasan ketiga karena adanya kenaikan harga yang tajam. Memang benar bahwa menaikkan harga produk usaha pada suatu waktu itu sangat diperbolehkan, karena ini akan membantu mendapatkan keuntungan. 

Tapi sebelum itu, pastikan kamu merencanakan dengan matang sebelum menaikkan harga. Lakukanlah terlebih dahulu riset tentang apakah pelanggan menghargai value suatu produk setelah kenaikan harga atau tidak. 

Jadi, saat menaikkan harga produk, fokus pada value yang bisa ditawarkan oleh produk atau perusahaan, ya. Tujuannya agar pelanggan bisa mengerti bahwa kenaikan harga tersebut tidak hanya berkaitan dengan produk secara fisik.

4. Kurang Adanya Loyalitas Pelanggan

Alasan keempat karena kurang adanya loyalitas pelanggan. Di mana perusahaan tidak concern menciptakan loyalitas, sehingga pelanggan akan mencari harga terendah yang bisa mereka temukan.

Melihat beberapa alasan di atas ternyata cukup memberi pengaruh besar pada laku tidaknya sebuah produk atau jasa usaha di pasaran, sehingga kamu perlu mengelolanya dengan baik. Tujuannya agar konsumen merasa puas dengan solusi yang diberikan oleh usaha milikmu dan bantu meningkatkan penjualan, sehingga penggunaan sistem digital Youtap POS sangat penting. Melalui aplikasi satu ini, kamu bisa dengan mudah mengelola usaha karena seluruh kegiatan seperti pencatatan transaksi, pembuatan laporan hingga analisis yang sudah dilengkapi grafik telah tersedia. 

produk atau jasa usaha
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama