May 13, 2022

Wajib Tahu, Apa Itu Prinsip Etika Bisnis? 

Demi lancarnya sebuah usaha dan tidak salah dalam mengambil keputusan, berikut ini beberapa prinsip etika bisnis yang wajib diketahui.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Memiliki etika yang baik ternyata tidak hanya perlu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari saja, tapi juga saat kamu berbisnis. Agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan, berikut ini beberapa prinsip etika bisnis yang wajib diketahui. 

Pengertian Etika Bisnis

Sebelum masuk pada pembahasan prinsip, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu etika bisnis adalah sebuah ajaran yang digunakan sebagai pedoman mengenai apa yang benar dan salah. Tujuannya agar petinggi perusahan bisa mempertimbangkan pengambilan keputusan dalam bisnis dengan baik.

Lalu, Apa Saja Prinsip Etika Bisnis?

Berikut dua belas prinsip etika bisnis yang perlu diterapkan, yaitu:

1. Kejujuran

prinsip etika bisnis
Gambar: freepik.com/partystock

Prinsip etika bisnis yang pertama adalah semua orang harus berkomitmen untuk mengatakan kejujuran dalam segala bentuk komunikasi dan tindakan. Pasalnya kejujuran di sini berarti kamu harus selalu berbagi kabar baik dan buruk secara andal dengan keterusterangan yang setara.

2. Keadilan

Prinsip etika bisnis yang kedua adalah keadilan. Pastikan bahwa setiap transaksi dan hubungan yang dilakukan saat berbisnis harus didasarkan pada komitmen secara sadar dengan keadilan. Tujuannya agar dapat memperlakukan orang lain dengan seadil mungkin, sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

3. Kepemimpinan

Prinsip etika bisnis yang ketiga adalah kepemimpinan. Ini sangat dibutuhkan untuk memberikan contoh positif terkait perilaku etis. Contohnya, saat pemimpin itu sendiri yang jadi komitmen untuk tetap unggul melalui pengambilan keputusan.

Bisnis dan para eksekutif bisnis sangat perlu mempertahankan keunggulan mereka, dengan cara meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pekerja, dan persetujuan pelanggan.

4. Integritas 

prinsip etika bisnis
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Prinsip etika bisnis yang keempat adalah integritas. Nantinya, bisnis dan setiap karyawan harus menunjukkan integritas mereka melalui konsistensi antara tindakan dan ucapan sehingga mampu membangun kepercayaan serta kredibilitas. Integritas di sini juga berarti menepati janji yang di mana harus menghormati komitmen, dan memenuhi tenggat waktu. 

5. Kasih atau Compassion

Prinsip etika bisnis yang kelima adalah compassion. Ketika kamu berkomitmen untuk membina lingkungan bisnis yang penuh dengan empati dan kasih maka akan berjalan lebih lancar. Pasalnya, kamu tahu bagaimana harus bersikap baik dan peduli terhadap semua personel, mitra bisnis, dan pelanggan.

6. Menghormati 

Prinsip etika bisnis yang keenam adalah rasa hormat. Ini dapat ditunjukkan dengan berkomitmen terhadap hak asasi manusia, martabat, kepentingan, dan privasi setiap orang. Kamu perlu mengakui bahwa setiap orang berhak mendapatkan rasa hormat dan dukungan yang sama dalam berbagi ide maupun pendapat begitu juga saat bekerja.

7. Tanggung Jawab

Prinsip etika bisnis yang ketujuh adalah tanggung jawab. Di mana pelaku bisnis dan karyawan harus menunjukkan tanggung jawab mereka dengan mengambil kepemilikan penuh atas tugas dan pekerjaan. Sederhananya, kamu perlu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menyadari konsekuensi emosional, finansial, dan bisnis dari tindakan yang dilakukan.

8. Loyalitas

prinsip etika bisnis
Gambar: freepik.com/jcomp

Prinsip etika bisnis yang kedelapan adalah loyalitas. Artinya tetap setiap kepada rekan kerja, klien, mitra bisnis, dan distributor yang terlibat. Loyalitas tersebut dapat dibuktikan dengan dengan tidak pernah mengungkapkan informasi yang dipelajari selama bekerja. 

9. Taat Hukum 

Prinsip etika bisnis yang kesembilan adalah perusahaan harus mematuhi secara penuh semua peraturan dan undang-undang yang berlaku di lembaga daerah, nasional, maupun internasional. 

Tak hanya itu saja, tapi setiap karyawan juga harus taat hukum dengan mematuhi peraturan industri dan perdagangan, kebijakan, standar pasar, praktik, serta prosedur-prosedur lainnya.

10. Akuntabilitas 

Prinsip etika bisnis yang kesepuluh adalah akuntabilitas. Di mana bisnis membutuhkan komitmen yang besar terhadap kualitas etis dari semua keputusan, tindakan, serta hubungan yang dilakukan.

11. Transparansi 

Prinsip etika bisnis yang kesebelas adalah transparansi. Kamu akan membutuhkan penyediaan informasi dan kebijakan bisnis untuk kelompok yang tepat, seperti investor keuangan, personel, dan pelanggan.

Transparansi dalam bisnis ini maksudnya terbuka tentang kenaikan harga, perekrutan, upah, pemberian promosi, dan lain-lainnya kepada karyawan.

12. Kesadaran Lingkungan 

Prinsip etika bisnis yang terakhir adalah kesadaran lingkungan. Kamu sebagai pelaku bisnis bisa membantu mengurangi dampak dari perubahan iklim global. Contohnya mencakup seluruh tindakan yang bermanfaat termasuk mengurangi dampak negatif lingkungan. 

Itulah prinsip etika bisnis yang perlu diketahui. Dengan memahami beberapa etika bisnis kamu bisa mengambil keputusan dengan tepat. 

Namun, dalam pengelolaan bisnis kamu juga harus mulai beradaptasi menggunakan sistem digital Youtap. Seperti yang  kita tahu, kini teknologi semakin canggih, hingga pengelolaan bisnis bisa dilakukan secara online dan lebih efektif. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama