June 30, 2022

Apa Itu Piutang Usaha dan Jenis-Jenisnya?

Harus membayar sejumlah uang kepada perusahaan atas barang atau jasa yang telah diterima, berikut ini penjelasan mengenai piutang usaha dan jenis-jenisnya secara lengkap.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Piutang usaha merupakan sebuah uang yang harus dibayarkan oleh pelanggan kepada perusahaan atas barang atau jasa yang telah diterima namun belum dibayar. Contoh sederhananya agar lebih mudah dimengerti, saat pelanggan membeli produk secara kredit. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan mengenai piutang usaha dan jenis-jenisnya.  

Apa Itu Piutang Usaha?

Telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, bahwa piutang usaha adalah uang yang wajib  penjual terima dari pembeli ketika mereka belum membayar pembelian produk atau jasa tertentu. 

Nantinya, para penjual akan menerbitkan faktur untuk pembeli yang isinya berupa data jumlah terutang. Penerbitan faktur ini juga menyiratkan bahwa penjual telah memberikan kredit kepada pelanggan secara resmi. 

Perbedaan Piutang dan Utang

piutang usaha
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Walaupun terdengar sama secara sekilas, namun piutang dan utang memiliki perbedaan cukup jelas dan sederhana dalam pengertiannya. Apabila dilihat dari proses pelaporan keuangan, perbedaan piutang dan utang adalah:

1. Utang bila dilihat dari proses pelaporan keuangan

  • Utang atau accounts payable termasuk dalam akun kredit saat dibayar dan akun debit saat diterima. 
  • Utang juga masuk dalam liabilitas.
  • Utang perlu dibayar dalam waktu kurang dari 1 tahun. Hal ini juga disebut sebagai liabilitas jangka pendek. 
  • Utang yang jatuh tempo lebih dari 1 tahun, maka disebut liabilitas jangka panjang.

2. Piutang dalam proses pelaporan keuangan

  • Piutang usaha merupakan sebuah hak pembayaran atas produk atau jasa yang sudah diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan secara resmi. 
  • Piutang yang telah dikeluarkan oleh perusahaan maka akan dicatat dan masuk dalam akun kredit. 
  • Piutang yang telah dibayar akan pindah menjadi debit. 
  • Piutang termasuk dalam aset lancar apabila melihat dari segi laporan neracanya.

Lalu, Apa Saja Jenis-Jenis Piutang Usaha? 

piutang usaha
Gambar: freepik.com

1. Piutang usaha

Jenis pertama adalah piutang usaha yang merupakan penundaan pembayaran oleh pelanggan. Di mana pelanggan tersebut sudah menerima produk atau jasa dari penjual tanpa membayarnya terlebih dahulu atau melakukan kredit. Umumnya, proses waktu pengembalian pembayaran tersebut sangat bervariasi, antara beberapa hari hingga beberapa bulan. 

Jenis piutang tanpa adanya persyaratan bunga ini juga sering disebut sebagai piutang dagang. Alasanya, karena piutang dagang ini berasal dari transaksi jual beli antara produsen dan konsumen. 

Tak hanya itu saja, karena juga adanya faktor pembelian secara kredit, piutang usaha juga dapat berasal dari sistem penjualan pre-order, distribusi stok ritel, serta cicilan menggunakan pihak ketiga.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil dengan Tepat

2. Piutang wesel

Jenis kedua adalah piutang wesel yang merupakan tagihan dari pihak perusahaan kepada pembuat wesel. Biasanya pembuat wesel ini adalah pihak yang memiliki utang pada suatu perusahaan lewat pembelian barang atau jasa secara kredit. 

Dan juga melalui peminjaman sejumlah uang.  Kemudian, jangka waktu pembayaran piutang wesel ini paling cepat adalah 60 hari.

3. Piutang lain-lain

Jenis piutang ketiga adala bentuk lainnya yang di mana biasanya tagihan oleh perusahaan terhadap pihak lain tidak masuk dalam kategori piutang usaha maupun wesel. Contoh piutang lain-lain ini adalah piutang pajak, bunga, deviden, dan tagihan kepada karyawan.

Itulah pengertian piutang usaha, yang memang sangat berbeda dengan utang. Namun, baik piutang maupun utang, semuanya harus tercatat dalam laporan keuangan usaha. Oleh karena itulah, sangat penting untuk menyusun laporan keuangan dengan rapi dan tepat. Agar penyusunan laporan lebih mudah, praktis dan akurat, kini saat yang tepat untuk menggunakan Youtap POS

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama