July 21, 2022

Pikiran Negatif yang Seringkali Muncul Saat Akan Mulai Usaha, Begini Cara Mengatasinya

Agar tidak terlalu larut dalam pikiran negatif sampai harus mengurungkan niat untuk mulai usaha, sebaiknya simak beberapa cara mengatasinya berikut ini, yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Sebagian orang yang selalu memiliki pikiran positif dan produktivitas tinggi, bukan berarti mereka tidak dihantui oleh pikiran-pikiran negatif dan keterbatasan, lho. Hal tersebut sangat wajar dialami oleh semua orang, apalagi bagi kamu yang ingin mulai usaha. Agar tidak terlarut dalam pikiran negatif tersebut, berikut cara mengatasinya. 

Cara Mengatasi Pikiran Negatif yang Sering Muncul Saat Mulai Usaha

1. Pikiran negatif tentang pengalaman

pikiran negatif
gambar: freepik.com/creativeart

Pikiran negatif yang seringkali muncul ketika akan mulai usaha biasanya adalah tentang pengalaman. Di mana sebagian orang berpikir bahwa untuk bisa mulai usaha harus memiliki pengalaman dan keahlian khusus di bidang ini. 

Padahal, tidak seorangpun memulai suatu usaha sudah langsung ahli dan memiliki banyak pengalaman. Ketika akan memulai suatu pekerjaan setiap orang pasti harus kembali belajar dari awal. Sehingga keahlian dan pengalaman tersebut dapat dibangun seiring berjalannya waktu. 

Jadi, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencoba untuk mulai usaha tanpa harus memikirkan hal-hal tersebut. Pastikan saja kamu memiliki passion atau semangat di bidang bisnis yang akan dijalankan.  

2. Pikiran negatif tentang orisinalitas usaha

Pikiran negatif selanjutnya yang juga sering muncul adalah orisinalitas usaha. Perlu kamu pahami terlebih dahulu bahwa hampir segala sesuatu yang ada saat ini sebenarnya sudah pernah ada sebelumnya. Namun bedanya, bisa saja usaha milikmu memiliki tampilan atau  kemasannya lebih menarik dan baru. Walaupun ada juga  sebagian pelaku usaha yang memang membuat inovasi baru dengan menciptakan hal-hal yang tidak pernah ada sebelumnya. Sehingga, sebelum mulai usaha ada baiknya untuk membuat konsep ide dan rencana yang matang.

3. Pikiran negatif tentang tidak adanya kenalan atau koneksi 

pikiran negatif
gambar: freepik.com

Kemudian, banyak orang mengurungkan niatnya untuk mulai usaha karena mereka beranggapan belum memiliki kenalan atau koneksi yang cukup. 

Memang benar, koneksi dengan orang-orang yang tepat dapat membantu mencapai kesuksesan,tapi bukan berarti jika tidak memilikinya kamu harus berhenti mulai usaha, lho. Apabila koneksi yang kamu miliki masih sedikit, sebaiknya jadikan hal tersebut target usaha untuk memperluas jaringan. 

4. Pikiran negatif tentang modal usaha

Modal pasti menjadi salah satu pikiran negatif yang sering muncul ketika seseorang akan mulai usaha. Tetapi menurut banyak fakta, hingga saat ini banyak orang berhasil mencapai kesuksesan dengan modal apa adanya, bahkan keterbatasan modal.

Dengan keterbatasan sumber daya dan dana, justru akan memicu kamu membangun sebuah usaha yang sederhana, sehingga lebih fokus. Sukses atau tidaknya sebuah usaha dapat tercapai bila kamu pandai dalam mengatur keuangan dan merencanakan secara matang.

Jadi sederhananya, kamu hanya perlu melakukan perhitungan yang tepat tentang kebutuhan uang untuk menghasilkan produk usaha. 

Itulah beberapa pikiran negatif yang seringkali muncul saat akan mulai usaha. Oleh karena itu pastikan kamu yakin dan memang minat di bidang usaha yang akan dijalankan, ya. Sehingga, dapat menjalankan seluruh kegiatan bisnis secara maksimal. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama