August 23, 2022

Nampak Sama, Ternyata Ini Perbedaan Pengusaha dan Entrepreneur

Sama-sama sebagai pemilik bisnis, namun pengusaha dan entrepreneur memiliki beberapa hal yang sangat berbeda dari sisi ide, risiko, waktu dan lain-lainnya, nih!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Walaupun sama-sama menjalankan sebuah bisnis, namun nyatanya ada beberapa perbedaan pengusaha dan entrepreneur (wirausahawan), lho. Agar tidak salah, berikut ini penjelasan mengenai beberapa kualitas yang membedakan keduanya. 

5 Perbedaan Pengusaha dan Entrepreneur

1. Ide

perbedaan pengusaha dan entrepreneur
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Entrepreneur adalah orang yang memiliki ide orisinil, dan unik, bahkan biasanya di luar dugaan banyak orang. Mereka juga mencurahkan segala yang dimiliki untuk bisa menciptakan ide bisnis sesuai keinginan. 

Sedangkan, pengusaha cenderung menggunakan ide bisnis yang sedang tren. Biasanya ia akan berharap bisa memperoleh keuntungan dari tren yang ada saat ini. Jadi sederhananya, entrepreneur adalah seseorang yang selalu bisa menjadi trend maker, sedangkan pengusahaan merupakan follower

2. Tujuan

Tujuan seorang pengusaha adalah bisnisnya berjalan sukses hingga mendapatkan keuntungan. Tak berhenti sampai disitu, keuangan usahanya pun harus semakin stabil dan berada di fase sukses, jadi memang tujuan pengusaha cukup sederhana.

Sedangkan entrepreneur memiliki tujuan pada perubahan yang terjadi dan memiliki etos untuk mengejar passionnya dalam berbisnis. Sehingga biasanya mereka tidak hanya menjalankan bisnis saja, tetapi juga lebih pada kesenangan dan kepuasan dalam mengembangkan produk atau bisnisnya.

3. Sikap

Pengusaha akan cenderung melakukan sikap yang sama selama tidak merugikan dan sulit untuk keluar dari zona nyaman. Sedangkan, seorang entrepreneur akan lebih fleksibel dalam mengikuti perubahan yang terjadi seperti menjalankan bisnis online

Sederhananya, seorang entrepreneur akan lebih mudah dalam menyesuaikan diri dan mengubah pola pikir agar bisnisnya bisa berkembang tanpa batasan. Sedangkan pengusaha lebih berorientasi pada sistem informasi manajemen perusahaan. 

4. Waktu

perbedaan pengusaha dan entrepreneur
gambar: freepik.com/Drazen Zigic

Pengusaha akan lebih presisi soal waktu, di mana mereka tidak suka jika pekerjaan berjalan kurang efektif dan selalu ingin selesai tepat waktu. Namun ini akan sangat berbeda dengan seorang entrepreneur, di mana mereka sudah terbiasa menghabiskan waktu lebih lama untuk membuat pekerjaannya mendapatkan hasil sempurna. 

5. Resiko

Terakhir, berbeda dari sisi risikonya. Keduanya baik itu pengusaha dan enterpreneur sebenarnya memiliki risiko yang sama besar. Namun bedanya pengusaha hanya akan mengambil resiko sesuai dengan perhitungan yang dilakukan. Sedangkan entrepreneur lebih berani untuk mengambil resiko asal mereka bisa mengejar passionnya

Jadi, pengusaha dan entrepreneur sebenarnya sama-sama memiliki karakter atau ciri khas masing-masing. Apabila kamu melihat perubahan dalam dunia usaha yang begitu cepat sehingga membutuhkan inovasi maka karakter entrepreneur. Namun, terlepas dari perbedaan antara seorang pengusaha dan entrepreneur, keduanya merupakan satu kesatuan dalam fungsi yang sama yaitu sebagai pemilik bisnis. 

Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. 

perbedaan pengusaha dan entrepreneur
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama