August 16, 2022

Sekilas Hampir Sama, Ternyata Ini Perbedaan Berbisnis dan Berdagang

Terlihat sama karena kegiatannya menjual produk atau jasa untuk menghasilkan pendapatan, namun nyatanya ini perbedaan berbisnis dan berdagang. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Sekilas antara berbisnis dan berdagang memang terlihat sama, di mana keduanya menjual produk atau barang untuk menghasilkan pendapatan. Padahal jika memahami lebih rinci  tentang apa yang dilakukan oleh kedua pelaku usaha ternyata sangatlah berbeda. Bagi kamu yang belum terlalu memahaminya, berikut ini perbedaan berbisnis dan berdagang.

Perbedaan Berbisnis dan Berdagang

1. Perbedaan dari sisi keuntungan

Keuntungan seorang pedagang adalah bagaimana agar produk dapat laku terjual dan mendapatkan keuntungan, sehingga bisa diputar lagi membeli bahan baku untuk berjualan. Sedangkan, keuntungan pebisnis akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membesarkan usahanya. Mereka bahkan mampu membagi keuntungan yang didapatkan untuk diputar kembali demi membesarkan bisnis serta usahanya.

2. Perbedaan dari sisi sistem manajemen

Sistem manajemen pedagang umumnya tidak terlalu mumpuni. Hampir seluruh keputusan ditentukan oleh si pemilik dagang karena mereka memegang kuasa. Sedangkan pebisnis jelas memiliki manajemen yang mumpuni mulai dari sistem keuangan, marketing, konsep usaha, branding dan lain-lainnya. 

3. Perbedaan dari tujuannya

Tujuan dari seorang pedagang hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga tidak ada strategi khusus yang mereka buat agar lebih besar dan berkembang. Jadi bisa dibilang, asal produk mereka bisa laku terjual. Sedangkan pebisnis memiliki tujuan yang besar. Di mana tidak hanya sekadar mendapatkan keuntungan tapi juga membuka lapangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan konsumen, dan lain-lainnya. 

4. Perbedaan ciri khas atau unique selling point

Seperti yang kita tahu ketika berjualan, tentu harus memiliki ciri khas atau unique selling point tersendiri. Pada bagian ini pedagang biasa umumnya tidak memiliki ciri khas yang membedakannya jika dibandingkan dengan pedagang lain. 

Sedangkan pebisnis pasti  memikirkan unique selling point dari produk atau jasa yang mereka jual dan tawarkan. Hal itulah yang membuat bisnis biasanya lebih cepat dikenal oleh konsumen dengan ciri khas atau branding yang dikembangkan.

Jadi, perbedaan berbisnis dan berdagang terletak pada beberapa hal seperti keuntungan, tujuan, sistem manajemen hingga ciri khasnya. Dalam hal ini baik berbisnis dan berdagang tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Ketika menjadi seorang pebisnis kamu akan membutuhkan konsistensi, fokus, dan strategi khusus. Prosesnya pun tidak instan, dalam hal ini sangat dibutuhkan proses yang panjang dan melalui jatuh bangun sebelum bisnisnya berkembang pesat. Sedangkan pedagang mungkin bisa langsung mendapatkan keuntungan saat menjual sebuah produk atau jasa tetapi sangat sulit memperluas cakupan penjualannya. 

perbedaan berbisnis dan berdagang
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama