Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
August 9, 2022

Penting! Ini Poin-Poin Aplikasi Kasir dalam Penggunaannya untuk Bisnis

Sudah mulai digunakan oleh bisnis berskala besar maupun para pelaku usaha UMKM, berikut ini poin penting Aplikasi Kasir dalam penggunaan. Simak selengkapnya, yuk.

Isi Artikel

Tak hanya digunakan oleh bisnis-bisnis berskala besar, tapi kini para pelaku usaha UMKM pun sudah banyak yang beralih menggunakan Aplikasi Kasir untuk menunjang kegiatan jual-beli. Tapi tak sembarangan, berikut ini beberapa poin penting Aplikasi Kasir yang wajib diketahui dalam penggunaannya. 

Poin-Poin Aplikasi Kasir yang Mampu Menunjang Kegiatan Bisnis

aplikasi kasir
gambar: freepik.com

Aplikasi kasir online atau POS (point of sales) merupakan sebuah aplikasi yang berbasis digital dan digunakan untuk melakukan kegiatan penjualan dalam sebuah bisnis. Namun, dalam menentukan penggunaan aplikasi kasir kamu harus teliti dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis, ya. 

Oleh karena itulah, ketahui terlebih dahulu beberapa poin-poin penting dalam aplikasi kasir yang dapat menunjang kegiatan bisnis berikut yuk: 

1. Profil usaha

Poin penting pertama dalam Aplikasi Kasir adalah bagian profil usaha yang nantinya berisikan mengenai informasi secara general atau umum terkait dengan bisnis atau UMKM. Mulai dari nama, alamat, nomor telepon, email, hingga informasi umum lainnya yang memang dibutuhkan. Mengisi bagian ini akan membuat profil usaha muncul pada struk penjualan saat pencetakan. Sehingga customer akan lebih mudah mengenali bisnis kedepannya.

2. Tersedianya sistem manajemen

Poin penting kedua dalam Aplikasi Kasir adalah tersedianya sistem manajemen di mana kamu dapat mengatur seluruh informasi yang berkaitan dengan barang dan jasa, manajemen stok, kategori barang, pelanggan, kasbon, dan juga sejenisnya secara cepat. 

Sistem manajemen pada Aplikasi Kasir ini memungkinkan kamu untuk memasukkan data-data penting seperti nama produk, kode, jumlah persediaannya, harga dasar dan jual hingga memberi kategori.

Tak hanya itu saja, menariknya lagi saat ada transaksi penjualan, jumlah persediaan produk akan berubah secara otomatis dan real time. Tentu saja hal ini akan memudahkan kamu dalam mengelola persediaan produk sehingga tidak perlu repot mengecek ke gudang dan mencatatnya secara manual. 

3. Transaksi Penjualan

Poin penting ketiga dalam Aplikasi Kasir adalah memudahkan transaksi penjualan. Di mana nantinya petugas kasir bisa langsung memilih nama produk yang ingin dibeli oleh pelanggan dan melihat jumlah pembelian secara otomatis keluar. Setelah itu petugas kasir dapat langsung memasukkan nominal yang harus dibayarkan.

4. Tersedianya laporan penjualan

aplikasi kasir
gambar: freepik.com/our-team

Poin penting keempat dalam Aplikasi Kasir adalah sudah tersedianya laporan penjualan, yang biasanya akan ada dua jenis, ringkasan transaksi penjualan berisi jumlah transaksi dalam satu hari dan laporan transaksi penjualan yang berisi transaksi harian, bulanan, maupun tahunan.

5. Tersedianya struk penjualan

Terakhir adalah tersedianya struk penjualan yang berisikan informasi mengenai tanggal dan waktu transaksi dilakukan. Lalu, terdapat juga informasi tentang nama UMKM, nama produk yang terjual, harga produk, hingga jumlah nominal.

Itulah beberapa poin penting dalam penggunaan Aplikasi Kasir online. Tentu tujuannya agar seluruh kegiatan jual-beli usaha maupun bisnis bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Penggunaan sistem aplikasi satu ini tak hanya menguntungkan bagi penjual, tapi juga memudahkan pelanggan karena dapat diakses secara online di mana saja dan kapan pun. 

Kini saatnya tingkatkan pelayananmu dengan menggunakan Aplikasi Kasir Online Youtap. Tak hanya sekedar mempermudah proses pembayaran, fitur lainnya seperti pencatatan laporan penjualan juga dilengkapi dengan grafik yang memudahkan untuk melihat keuntungan secara keseluruhan. Sehingga kamu dapat menentukan strategi usaha kedepannya dengan tepat.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai macam solusi pengelolaan terlengkap dan juga terpercaya. Yuk, segera dapatkan informasi, promo, tips, hingga event di Blog Youtap

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama