June 7, 2022

Pengertian Up Selling dan Penerapan Strategi yang Tepat dalam Bisnis

Memang penting untuk melakukan strategi up selling agar bisa mempertahankan pelanggan lama. Namun, apa itu strategi up selling dalam bisnis dan penerapannya?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Mendapatkan pelanggan baru ketika sedang menjalankan bisnis tentu tidaklah mudah, karena 

kamu akan membutuhkan banyak sekali tenaga dan biaya. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan strategi up selling agar bisa sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Namun, apa itu strategi up selling dalam bisnis? 

Pengertian Strategi Up Selling

up selling
Gambar: freepik.com

Strategi up selling ini adalah sebuah cara untuk mendorong pelanggan membeli barang yang lebih mahal atau adanya tambahan value lainnya. Tujuan strategi up selling untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi bisnis. 

Strategi up selling sebenarnya tidak hanya sekedar fokus melakukan penjualan saja, tapi juga upaya untuk menjalin hubungan lebih baik dengan pelanggan. Jadi sederhananya, menggunakan strategi up selling dapat membantu bisnis mendapatkan banyak profit dan membangun customer engagement.

Penerapan Strategi Up Selling yang Efektif 

Dan berikut ini beberapa penerapan strategi up selling yang efektif saat berbisnis: 

1. Lakukan promosi up selling yang relevan

Pertama, kamu harus lebih dulu memahami jenis up selling yang akan banyak diminati oleh pelanggan. Pastikan untuk tidak melakukan up selling hanya untuk menawarkan produk apapun kepada mereka tanpa tahu apakah diminati atau tidak. 

Jadi, ketika kamu melakukan promosi up selling, pastikan produk yang ditawarkan ke pelanggan memiliki value atau nilai lebih dibandingkan sebelumnya. Sebagai contoh sederhana saja, apabila pelanggan berencana membeli jeruk, cobalah untuk menawarkan jeruk yang kualitasnya lebih baik lagi. Bisa jadi dari rasanya yang manis atau ukuran yang lebih besar, sehingga kamu dapat meyakinkan mereka kembali. 

2. Pahami kebutuhan pelanggan

Kedua, pahami kebutuhan pelanggan. Pasalnya, jika kamu mengetahui apa yang diinginkan serta dibutuhkan pelanggan, maka dapat dengan mudah menemukan cara untuk menjualnya.

3. Berikan solusi untuk masalah pelanggan

up selling
Gambar: freepik.com/pikisuperstar

Ketiga, pastikan bahwa produk yang ditawarkan kepada pelanggan dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah mereka. Cobalah cari cara untuk dapat menambah nilai produk bagi pelanggan. 

4. Berikan penawaran harga yang sesuai dengan target pasar

Keempat, kamu juga harus menyesuaikan harga jual dengan target pasar. Pastikan harga yang diberikan kepada pelanggan masih terjangkau. Walaupun tujuan strategi ini untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak, namun kamu juga harus mempertimbangkan kemampuan pelanggan dengan menawarkan harga yang masuk akal, ya. 

5. Berikan diskon kepada pelanggan

Kelima, berikan diskon kepada pelanggan dengan kode kupon atau cara lainnya sebanyak satu kali terlebih dahulu. Tentukanlah diskon yang menarik dan wajar. Alternatif lainnya, bisa juga kamu gabungkan dengan layanan terkait seperti pengiriman gratis agar lebih menarik.

6. Tingkatkan kepercayaan pelanggan 

Keenam, tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis milikmu dengan memberikan contoh nyata. Hal ini sebenarnya juga bisa melalui review dari para pembeli. Jadi, cobalah untuk minta para pembeli membagikan pengalamannya setelah menggunakan produk bisnis. 

Dengan begitu, calon pelanggan baru yang ingin beli akan lebih percaya. 

7. Pertahankan untuk rutin menerapkan strategi up selling

Terakhir adalah pertahankan untuk rutin menerapkan strategi up selling. Jangan biarkan pelanggan pergi hanya dengan satu promosi kecil saja. Cobalah mempertahankan komunikasi dengan pelanggan untuk mendorong loyalitas mereka.

Itulah pengertian up selling dan penerapan strategi yang tepat dalam bisnis. Namun, agar strategi tersebut bisa berjalan lancar, pastikan kamu sudah mengelola bisnis secara digital menggunakan Aplikasi Youtap, karena sudah tersedia berbagai macam fitur canggih untuk memudahkan seluruh operasional sehari-hari. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama