June 13, 2022

Pengertian CRM, Tujuan dan Tahapannya dalam Bisnis 

Agar bisa mengelola hubungan antara pelanggan saat berbisnis, kamu perlu tahu pengertian CRM, tujuan, dan tahapan-tahapannya. Simak selengkapnya, yuk. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

CRM atau Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang digunakan untuk mengelola hubungan antara pelanggan sehingga jadi lebih efisien. Dalam penerapannya strategi satu ini memang lebih banyak memanfaatkan teknologi yang menyederhanakan proses bisnis, sehingga lebih mudah membangun komunikasi dengan pelanggan. Lebih lengkapnya, simak penjelasan tentang CRM berikut ini, yuk. 

Pengertian CRM

pengertian CRM
Gambar: freepik.com

Sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa CRM adalah sistem yang dapat digunakan untuk mengelola dan menganalisis interaksi pelanggan dalam sebuah bisnis. Strategi satu ini dilakukan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan lebih baik dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Bagaimana cara kerja sistem CRM?

Cara kerja strategi bisnis CRM yaitu dengan menyimpan setiap interaksi pelanggan di berbagai saluran atau channel tertentu. Nantinya, informasi yang dikumpulkan tersebut dapat meliputi data pribadi pelanggan, riwayat pembelian hingga beberapa kendala yang pernah dihadapi. Sehingga data-data tersebut dapat diakses oleh karyawan dengan mudah saat melayani pelanggan. 

Tujuan Penggunaan CRM

Penggunaan sistem CRM memang dapat membantu bisnis mengembangkan hubungan agar bertahan lebih lama dengan para pelanggan, mendorong pertumbuhan, dan meningkatkan loyalitas. Namun, tidak hanya itu saja, berikut ini juga beberapa tujuan sistem CRM lainnya: 

  • Membantu mengelola dan memperoleh lebih banyak peluang.
  • Membantu memberikan gambaran secara lengkap mengenai jalur penjualan dan  mengotomatisasi perkiraan penjualan bisnis.
  • Memastikan perusahaan memiliki gambaran lengkap dari setiap proses penjualan.
  • Memberikan gambaran lengkap terkait dengan para pelanggan bisnis. 
  • Membantu untuk menjalankan dan melacak efektivitas kegiatan pemasaran bisnis. 
  • Memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan.

Tahapan-Tahapan CRM 

pengertian CRM
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Acquired

Tahapan CRM yang pertama adalah Acquired untuk mendapatkan banyak pelanggan. Agar kamu bisa melakukan tahapan satu ini, maka perlu  memberikan pelayanan pelanggan yang menyenangkan.

Salah satu kunci rahasia dari tahapan CRM yang pertama ini adalah menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Sehingga mereka akan lebih percaya pada brand milikmu. 

2. Enhanced

Tahapan CRM yang kedua adalah Enhanced untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan bisnis. Kamu bisa coba lakukan up selling dan cross selling. Up selling sendiri dapat dilakukan dengan menawarkan produk yang sama ke pelanggan, namun dengan kualitas yang lebih baik. Sedangkan cross selling kamu harus menawarkan produk tambahan atau pelengkap yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

3. Retain

Tahapan CRM yang terakhir adalah Retain untuk mempertahankan pelanggan. Dalam hal ini kamu harus bisa membangun kepercayaan pelanggan agar mereka ingin bertahan atau tetap loyal pada bisnis. 

Sehingga, sangat perlu untuk mendengarkan pendapat atau masukkan dari pelanggan. Dengan begitu, pihak perusahaan pun dapat melakukan evaluasi dan memperbaiki sistem layanan serta fitur aplikasi yang dimiliki.

Itulah pengertian CRM, tujuan dan juga tahapan-tahapan untuk melakukannya. Jadi pengelolaan pelanggan ketika menjalankan sebuah bisnis itu memang sangatlah penting. Lalu, agar pengelolaan bisnis lebih efektif dan praktis, kini saatnya gunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama