Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 22, 2023

Alasan Pemilik Bisnis Wajib Punya Media Sosial untuk Marketing

Bukan hanya sekadar membuat kualitas terbaik produk agar diminati oleh masyarakat, tapi selaku pemilik bisnis wajib punya media sosial untuk marketing saat melakukan promosi, lho!

Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini, penggunaan media sosial memang menjadi salah satu cara promosi virtual paling berpengaruh. Selain itu, juga menjadi tempat untuk bisa lebih dekat dengan audiens dengan mengiklankan merek dan produk secara digital. Oleh karena itulah, tidak heran kini muncul muncul media sosial untuk marketing bisnis. 

Deretan Alasan Pemilik Bisnis Harus Punya Media Sosial untuk Marketing

Tidak sedikit pemilik bisnis yang hingga saat ini masih mengesampingkan penggunaan media sosial untuk promosi, bukan? Padahal, di era serba digital seperti sekarang banyak sekali masyarakat mencari sebuah informasi secara online. Berikut beberapa alasan pemilik bisnis harus memiliki media sosial untuk marketing: 

1. Media Sosial Sebagai Alat Promosi Produk 

media sosial untuk marketing
gambar: freepik.com

Alasan yang pertama, media sosial ini dapat dijadikan alat untuk melakukan promosi produk yang lebih efisien. Pasalnya, kamu tidak membutuhkan lagi biaya besar untuk mencetak brosur, spanduk, dan lain-lainnya. Bila melalui media sosial, promosi produk bahkan bisa dilakukan secara gratis atau Ads dengan harga lebih terjangkau dalam sekali iklan. 

Sederhananya, melalui media sosial ini kamu bisa melakukan promosi dengan beragam pendekatan, sehingga dapat bebas memilih cara paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Apabila kamu tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan iklan berbayar, maka bisa mengelola konten secara konsisten agar pertumbuhan engagement terhadap audiens bisa berjalan lancar.

2. Media Sosial Dapat Meningkatkan Engagement dengan Pelanggan

Alasan kedua, media sosial juga bisa meningkatkan engagement dengan pelanggan, dengan kata lain menjadi alat komunikasi agar bisa lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh mereka. 

Cobalah untuk menyapa pelanggan melalui unggahan konten dengan caption yang mengundang diskusi dan jangan lupa juga harus responsif saat mereka bertanya seputar produk bisnis. Tidak menutup kemungkinan kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai customer service karena lebih mudah diakses oleh konsumen kapan saja dan di mana pun. 

3. Media Sosial Membantu Memperluas Jangkauan Konsumen Baru

Dilansir dari data yang dimiliki oleh Oberlo, pada tahun 2022 lalu diketahui bahwa pengguna media sosial mencapai 4,59 miliar orang. Di mana artinya jumlah pengguna tersebut menunjukkan sudah lebih dari total populasi manusia di dunia saat ini. Tandanya, apabila kamu menggunakan media sosial untuk marketing maka orang-orang lebih mudah mencari informasi tentang bisnis milikmu. 

Lalu, bagaimana cara memulainya? Tentu saja kamu hanya perlu konsisten membuat konten promosi yang sesuai atau dibutuhkan oleh target pasar bisnis. Apabila tujuan audiensmu kelompok remaja, maka buat konten-konten sesuai tren di berbagai platform seperti Instagram, YouTube dan juga TikTok. 

4. Tempat untuk Membagikan Informasi Paling Update Kepada Konsumen

media sosial untuk marketing
gambar: freepik.com

Tidak lagi melulu harus menggunakan media cetak atau iklan di TV, tapi kini membagikan informasi paling update bisa melalui media sosial saja. Selain mudah untuk dilakukan karena prosesnya yang tidak panjang, dan akan lebih cepat didengar atau dilihat audiens. 

5. Media Sosial Membantu Bangun Reputasi Brand

Alasan terakhir, pemilik bisnis harus memiliki media sosial karena juga dapat bantu membangun reputasi, lho! Sederhananya, akun di media sosial ini akan menjadi perwakilan atau wajah brand milikmu dalam dunia virtual. Jadi, apabila berencana bangun persona bisnis tertentu, maka cukup menyesuaikan tampilan konten di media sosial, ya. 

Cobalah untuk membuat strategi media sosial untuk marketing, buatlah konten-konten yang sesuai dengan target audiensmu, maka dengan begitu engagement pun akan meningkat dengan sendirinya. Bahkan juga mampu menjangkau pasar baru di dunia online. 

Melihat penjualan online kini semakin diminati, maka sudah saatnya bagi kamu untuk segera Mulai Usaha dengan menggunakan Youtap POS. Di mana aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur untuk bantu pengelolaan bisnis. Jangan lupa juga dapatkan macam-macam tips, informasi, promo, hingga event seru lainnya di Blog Youtap, ya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama