July 14, 2022

Mengenal Media Cetak yang Sering Digunakan untuk Mempromosikan Bisnis

Terbilang cukup efektif sehingga masih sering dilakukan untuk seluruh kegiatan promosi saat ini, berikut penjelasan secara lengkap mengenai media cetak dalam bisnis.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Cara mempromosikan sebuah produk bisnis yang terbilang efektif dan masih sering dilakukan sampai hari ini adalah memanfaatkan media cetak. Walaupun sudah ada beberapa pelaku bisnis mulai beralih menggunakan media online, tetapi peminat media cetak pun ternyata masih cukup banyak. Dan berikut ini penjelasan lengkap mengenai iklan media cetak. 

Apa Itu Iklan Media Cetak?

media cetak
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Kamu perlu mengenal terlebih dahulu dengan iklan, yang merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi sebuah produk atau jasa kepada masyarakat secara luas dan umum. Biasanya dalam penyampaian iklan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai perangkat, salah satunya adalah media cetak.

Kemudian, dalam pembuatannya, iklan ini akan menggunakan bahasa komunikatif dan persuasif. Persuasif artinya kata atau kalimat yang sifatnya membujuk, merayu, atau mengajak pembaca agar dapat terpengaruh oleh pesan dari iklan tersebut. Sedangkan komunikatif berarti kata-katanya mudah dimengerti. 

Jadi, secara singkatnya, media cetak itu adalah wadah tertulis yang dibuat dengan cara dicetak. Contoh sederhana iklan jenis ini seperti majalah, koran, tabloid, dan lain-lainnya sebagainya.

Ciri-Ciri Iklan Media Cetak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ada berbagai macam jenis iklan, di mana setiap jenisnya memiliki karakteristik yang cukup berbeda-beda. Dan mengenai karakteristik serta ciri-ciri iklan media cetak adalah sebagai berikut:

  • Iklan media cetak biasanya ditulis menggunakan bahasa yang lebih santai, tetap juga formal. 
  • Pemasangan iklan media cetak dilakukan mengikuti kolom dan baris yang tersedia. 
  • Melalui Iklan media cetak, penjelasan produk bisnis dapat dibuat lebih rinci. 
  • Iklan media cetak dapat berbentuk tulisan saja atau bahkan gabungan dari tulisan serta gambar. 
  • Penyebaran iklannya akan dilakukan melalui media cetak. 
  • Iklan media cetak hanya bisa dilihat atau dibaca saja. 

Kelebihan Iklan Media Cetak

media cetak
gambar: freepik.com

Kelebihan iklan media cetak yaitu dapat membantu bisnis menjangkau orang-orang hingga pelosok wilayah tertentu. Selain itu, kamu selaku pelaku bisnis juga lebih fleksibel dalam menentukan cerita yang ingin dikomunikasikan. 

Pasalnya paparan iklan tidak hanya sekedar lewat saja, tetapi para pembaca nantinya juga dapat melihat kembali pesan, bahkan menciptakan dari salinan yang kamu inginkan.

Kekurangan Iklan Media Cetak

Lalu kekurangan dari iklan media cetak adalah menimbulkan persaingan ketat antar perusahaan dengan produk bisnis yang sama. Apalagi jika iklannya berada dalam satu bagian koran yang sama, tentu akan menimbulkan persaingan. Sehingga di sini kamu akan membutuhkan strategi dan teknik kreatif agar dapat lebih unggul dalam menarik minat pembaca. 

Itulah pengertian mengenai media cetak yang sering digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa bisnis. Jadi, meskipun media online lebih banyak digunakan di era digital seperti sekarang, namun peminat iklan media cetak juga masih banyak. Tujuannya untuk menjangkau orang-orang hingga ke pelosok wilayah.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama