May 31, 2022

4 Manfaat Membuat E-Menu untuk Bisnis Restoran

Pembuatan e-menu di era digital seperti sekarang memang sangat penting. Tak hanya lebih praktis, berikut beberapa manfaat membuat e-menu dengan aplikasi resto.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di era digital seperti sekarang, kebiasaan konsumen memang sudah banyak berubah. Apalagi sejak pandemi, hampir semua kegiatan jual beli sudah dilakukan secara online. Sehingga sangat penting untuk menggunakan sistem digital untuk mengelola. Dan berikut ini beberapa manfaat membuat e-menu dengan aplikasi resto.

Manfaat Membuat E-Menu dengan Aplikasi Resto

Ketika menjalankan bisnis, memang sudah seharusnya untuk selalu update dengan perubahan-perubahan yang baru. Alasannya, karena hal tersebut dapat membantu kamu beradaptasi dengan kebiasaan konsumen dan membuat bisnis tetap bertahan di pasaran. Salah satu kebiasaan baru konsumen sejak pandemi adalah melihat daftar makanan dan minuman di restoran melalui e-menu di smartphone

Selain lebih praktis, mereka juga bisa melihatnya kapan saja dan di mana saja karena dapat diakses secara online. Sehingga saat datang ke resto, mereka tidak lagi bingung dengan pilihan menunya. Dan berikut ini beberapa manfaat utama membuat e-menu untuk bisnis restoran:

1. Proses pemesanan lebih mudah

manfaat membuat e-menu
Gambar: freepik.com

Manfaat pertama dari penggunaan e-menu adalah proses pesan menu jadi lebih mudah, baik untuk pelanggan dan penjual. Pasalnya bisa dilakukan secara mandiri oleh para tamu, hanya dengan scan QR Code yang terpasang di setiap meja dengan smartphone

Dan juga tamu tidak perlu repot memanggil penjual hanya untuk minta buku menu. Tentu saja cara ini memudahkan penjual dan pembeli dalam waktu bersamaan, prosesnya pun jadi lebih praktis serta nyaman. 

2. Lebih mudah untuk mengubah atau update menu dan harga

Melalui aplikasi menu digital, kamu juga tidak perlu repot mengganti buku menu setiap kali ada perubahan item atau harga. Pasalnya dengan menggunakan e-menu, kamu hanya update dalam beberapa detik dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana saja, lho

Baca juga: Pengertian Harga Pokok Penjualan dan Cara Menghitungnya

3. Informasi promo restoran lebih mudah diketahui oleh pelanggan

manfaat membuat e-menu
Gambar: freepik.com

Kini kamu tidak perlu lagi mencetak brosur atau spanduk setiap bisnis restoran memiliki informasi promo. Hanya dengan menggunakan e-menu, kamu bisa mempromosikan berbagai macam promo secara online. Tentu ini sangat menguntungkan, karena kamu bisa berhemat biaya promosi tanpa harus mencetak brosur. 

4. Membantu meningkatkan daya saing bisnis restoran milikmu 

Terakhir adalah membantu meningkatkan daya saing bisnis restoran. Kini memang persaingan bisnis kuliner sangat ketat, oleh karena itulah kamu wajib memiliki nilai lebih dibanding dengan kompetitor. 

Dan mengimplementasikan e-menu ini dapat memodernisasi restoran serta menjadikannya lebih up to date dibandingkan dengan yang lain. Tamu yang pernah merasakan pengalaman baik dan unik di restoran juga bisa  memberikan komentar baik mengenai restoran secara online sehingga meningkatkan penilaian atau rating bisnis milikmu. 

Itulah pentingnya membuat e-menu dengan Aplikasi Resto. Tersedianya sistem digital yang canggih, tentu membuat kegiatan input seluruh menu jadi lebih mudah, cepat dan juga praktis. Aplikasi ini tentunya juga akan membantu kamu mengurangi biaya operasional untuk mencetak menu dan pembuatan design. Tidak hanya sekadar menawarkan fitur e-menu saja, tapi juga sekaligus tersedianya berbagai macam sistem pembayaran seperti metode cashless, cetak struk, open bill, dan lain-lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama