Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
July 11, 2024

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Tidak hanya sebagai asupan nutrisi harian, tapi juga pondasi utama menciptakan tubuh sehat. Berikut manfaat konsumsi buah dan sayur setiap hari. 

Isi Artikel

Salah satu asupan yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung zat gizi mikro seperti vitamin, mineral, serta serat bagi pertumbuhan adalah buah dan sayur. Namun, tidak hanya sekadar sebagai kebutuhan nutrisi harian saja, konsumsi buah dan sayur juga menjadi pondasi utama untuk bisa menciptakan gaya hidup sehat. Apalagi jika mengintegrasikan lebih banyak buah dan sayur dalam pola makan sehari-hari, maka sama saja kamu merawat dan memberikan investasi jangka panjang untuk kesehatan tubuh yang optimal. 

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur

manfaat konsumsi buah dan sayur
gambar: freepik.com/jcomp

Telah disebutkan sebelumnya bahwa konsumsi buah dan sayur memang menjadi bagian penting untuk gaya hidup sehat karena mengandung berbagai nutrisi yang mendukung fungsi tubuh. 

Namun sayangnya, jika melihat data hasil Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan yang dilansir dari Neliti diketahui bahwa konsumsi buah dan sayur untuk penduduk Indonesia sebesar 94,8%, tapi hanya sedikit mengonsumsi buah yaitu 33,2%.  

Kemudian, berdasarkan data di atas, rata-rata penduduk konsumsi sayur pada sebanyak 70,0 gram/orang/hari. Selain itu, konsumsi buahnya 38,8 gram/gram/orang/hari. Jika dijumlahkan konsumsi sayur dan buah secara keseluruhan pada penduduk hanya 108,8 gram/orang/hari. Sehingga jika dibandingkan dengan kecukupan yang dianjurkan menurut pedoman gizi seimbang, konsumsi sayur dan buah tersebut masih tergolong rendah. 

Di mana bila dilihat dari kelompok umur, remaja menjadi kelompok umur tertinggi yang kurang mengonsumsi sayur dan buah yaitu sebanyak 98,4%. Oleh karena itulah, edukasi seputar konsumsi buah dan sayur setiap hari perlu diinfokan lebih sering dan detail. Bagi kamu yang perlu terlalu memahami dampaknya bagi kesehatan, berikut beberapa manfaat utama dari mengonsumsi buah dan sayur: 

1. Sumber Vitamin dan Mineral

Buah-buahan dan sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan mineral esensial seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium, magnesium, dan folat. Vitamin dan mineral ini berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan fungsi sistem saraf.

2. Serat untuk Kesehatan Pencernaan

Dilansir dari Hello Sehat, adanya kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur membantu meningkatkan pencernaan serta mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

3. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan seperti beta-karoten, likopen, dan vitamin C yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

4. Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Karena rendah kalori namun tinggi serat dan air, buah dan sayur merupakan pilihan makanan yang ideal untuk menjaga berat badan yang sehat. Konsumsi mereka dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan makanan tinggi lemak dan gula.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

manfaat konsumsi buah dan sayur
gambar: freepik.com/benzoix

Beberapa nutrisi dalam buah dan sayur seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan penglihatan yang baik.

6. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Studi menunjukkan bahwa diet kaya buah dan sayur dapat berhubungan dengan peningkatan suasana hati dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Itulah beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur secara teratur. Bila memasukkan berbagai jenis buah dan sayur dalam pola makan sehari-hari, tentu saja kamu bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat untuk jangka panjang. 

Yuk, tingkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur segar secara teratur. Dapatkan manfaat nutrisi yang optimal dan kualitas yang terjamin melalui pembelian langsung di platform B2B Marketplace Youtap BOS

Memilih buah dan sayur yang tepat, tidak hanya mendukung pola makan sehat tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif dan produktif. Segera temukan berbagai pilihan buah dan sayur berkualitas dengan mudah dan praktis di Youtap BOS untuk kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

susu UHT full cream

Referensi: 

1. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) (2024) diakses pada 11 Juli 2024. Fruits & Veggies - More Matters

2. Hellosehat.com (2021) diakses pada 11 Juli 2024. Kenapa Harus Makan Buah dan Sayur Setiap Hari?

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama