June 8, 2022

Apa Saja Laporan Bisnis Restoran yang Perlu Dimiliki?

Membuat laporan memang menjadi hal wajib agar lebih mudah mengontrol keuntungan dari bisnis. Namun, apa saja laporan bisnis restoran yang perlu dimiliki?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika menjalankan bisnis kuliner, tentu data akan menjadi hal penting yang harus dimiliki. Pasalnya, melalui kumpulan data-data tersebut kamu dapat melihat untung dan rugi bisnis serta beberapa hal lainnya. Oleh karena itulah membuat laporan menjadi hal wajib ketika menjalankan bisnis kuliner. Namun, apa saja laporan bisnis restoran yang perlu dimiliki?

Laporan Bisnis Restoran yang Perlu Dimiliki 

1. Laporan inventory

laporan bisnis restoran
Gambar: freepik.com

Pertama adalah laporan inventaris restoran. Di mana ini merupakan alat dasar dalam perangkat manajer restoran mana pun. Perlu kamu ketahui bahwa biaya makanan merupakan salah satu pengeluaran terbesar bagi pemilik restoran. Hal itu pun membuat pengendalian persediaan menjadi sangat penting, agar mampu melindungi keuntungan usaha.

Meskipun melacak bahan baku terbilang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan, lho. Penggunaan Aplikasi Youtap dapat membantu para pelaku bisnis restoran melacak setiap bahan baku yang ada di menu. 

2. Laporan penjualan bisnis

Kedua adalah laporan penjualan, di mana data-data yang dibutuhkan yaitu keterangan tentang menu paling atau bahkan tidak populer, waktu paling banyak penjualan, hingga metode pembayaran apa yang paling sering digunakan oleh konsumen. 

Data-data tersebut nantinya dapat membantu mengetahui hasil penjualan dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, juga memberikan insight pasti tentang strategi yang harus digunakan pada periode selanjutnya. 

3. Laporan pemasukan dan pengeluaran

laporan bisnis restoran
Gambar: freepik.com/fabrikasimf

Terakhir adalah laporan tentang jumlah uang yang didapatkan dan dikeluarkan. Laporan pemasukan dan pengeluaran tersebut yang mampu membuat bisnis menjadi lebih berkembang dan kuat. 

Pasalnya dengan adanya arus keuangan yang sehat tentu bisnis menjadi lebih seimbang. Apalagi jika kamu bisa lebih meminimalisir jumlah pengeluaran dari usaha, maka keuntungan yang didapatkan pun bisa lebih besar. 

Itulah beberapa laporan bisnis restoran yang wajib dimiliki. Jadi tidak hanya sekadar laporan penjualan, tetapi inventory, pemasukan serta pengeluaran pun harus tersedia secara keseluruhan. 

Kemudian, agar proses pencatatan lebih mudah, kini saatnya kamu menggunakan Aplikasi Bisnis Youtap. Hanya dengan satu aplikasi, kamu sudah bisa mendapatkan banyak fitur untuk membantu mengelola bisnis seperti laporan penjualan, analisa transaksi, dan lain-lainnya. 

Selain itu, kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang tentu punya banyak solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Jangan lupa dapatkan juga informasi lengkap, promo dan tips hanya di Blog Youtap, ya!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama