November 15, 2021

8 Alasan Konsumen Memilih Brand Milikmu

Konsumen cenderung memilih brand tertentu karena mereka sudah merasa cocok atau terpercaya. Namun, ada beberapa alasan lain konsumen memilih brand milikmu.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika ingin membeli suatu produk, banyak orang cenderung akan memilih brand atau merek tertentu ketika mereka sudah merasa cocok dari segi kualitas maupun harga. Dan berikut ini beberapa alasan konsumen memilih brand tertentu

Alasan Konsumen Memilih Brand Tertentu

1. Keuntungan Ketika Membeli Produk dari Suatu Brand 

Banyak konsumen yang pada akhirnya memilih untuk membeli produk dari brand tertentu karena mereka memberikan keuntungan atau benefit secara fungsi lebih besar daripada biaya yang harus dikeluarkan. 

2. Adanya Keterikatan Secara Emosional dengan Brand

Keterikatan dengan brand yang dimaksud adalah konsumen mungkin memiliki hubungan dengan pemilik atau sudah pernah menggunakan produk sebelumnya yang dirasa cocok. 

Selain itu, mungkin mereka juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan saat berbelanja. Pelayanan yang dimaksud adalah bagaimana penyampaian informasi produk kepada konsumen, etika berkomunikasi, proses pembayaran, hingga pengiriman.

3. Adanya Kebutuhan Spesifik dari Konsumen

konsumen memilih brand
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selain itu, konsumen memilih brand tertentu juga bisa karena alasan kebutuhan spesifik yang tidak bisa ditemukan di toko lain. Jadi, konsumen memutuskan untuk datang ke sebuah tempat karena memang membutuhkan produk dari brand tersebut.  

4. Pengalaman Pribadi dengan Brand Tersebut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alasan lain konsumen memilih brand tertentu karena mereka telah memiliki pengalaman pribadi yang menyenangkan. Hal itu yang membuat konsumen datang kembali tempat atau brand yang sama.  

5. Hasil Rekomendasi dari Orang-Orang Terdekat

Konsumen juga bisa datang membeli produk-produk dari brand milikmu karena rekomendasi dari orang-orang terdekat mereka. Tetapi tak menutup kemungkinan juga bisa dari rekomendasi konsumen yang sudah pernah membeli. 

Cara yang lebih populer saat ini yaitu banyak konsumen mengetahui sebuah brand dari para influencer di media sosial Instagram, Twitter hingga TikTok.

6. Produk dari Brand Selalu Mengikuti Tren Masyarakat

Konsumen datang memilih brand milikmu juga umumnya karena produk yang ditawarkan sesuai dengan tren terbaru yang sedang banyak dicari di kalangan masyarakat. Apalagi jika produk milikmu memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan brand ternama, tentu konsumen akan lebih memilih yang harganya terjangkau dan kualitas baik. 

7. Brand Sudah Memiliki Kredibilitas yang Baik 

Banyak konsumen biasanya akan lebih memilih brand yang sudah terpercaya atau memiliki kredibilitas baik. Hal itu karena mereka tidak ingin ada kerugian setelah membeli produk tertentu dan ingin merasa aman. Konsumen memilih suatu brand karena  mereka tahu akan mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan tepat. 

8. Adanya Promo Menguntungkan Bagi Konsumen

konsumen memilih brand
Gambar: freepik.com/pressfoto

Terakhir, brand tersebut memiliki promo yang menguntungkan bagi para konsumen. Ini menjadi faktor yang paling sering digunakan untuk membuat konsumen akhirnya punya alasan untuk datang dan membeli. 

Itulah beberapa alasan konsumen memilih brand tertentu hingga memutuskan untuk membeli produknya. Namun perlu diingat, pastikan untuk tidak hanya sekadar fokus pada strategi bisnisnya saja, tetapi juga sistem pengelolaanya. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama