November 3, 2022

5 Kendala yang Sering Dihadapi Ketika Mulai Bisnis

Setiap menjalankan bisnis pasti akan ada risiko yang harus dilalui. Namun, untuk menghindari hal-hal tak terduga, ketahui beberapa kendala bisnis yang sering dihadapi berikut, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat akan memulai bisnis, pastikan kamu sudah memiliki gambaran yang jelas, ya. Pasalnya, dengan perencanaan yang matang, maka bisnis bisa berjalan lancar dan meminimalisir terjadinya hal-hal tak terduga. Perlu diketahui bahwa kendala bisnis bisa disebabkan oleh  beberapa faktor. Sehingga kamu harus lebih teliti dan berhati-hati dalam mengambil keputusan. Agar terhindar, simak beberapa kendala yang sering dihadapi saat mulai bisnis berikut, yuk.  

Kendala yang Sering Dihadapi Saat Mulai Bisnis

1. Kendala dalam memilih bisnis yang tepat

Pertama adalah kendala dalam memilih bidang yang tepat. Memang biasanya bisnis yang sedang tren pasti akan selalu menarik, tapi kenyataannya hanya bersifat musiman atau sementara. Namun sebaliknya, apabila bisnis yang peluangnya terlihat besar dan menguntungkan justru tidak mudah untuk dirintis dari awal. 

Namun, jangan lama-lama bingung dalam memutuskan bidang bisnis yang ingin dijalani. Cobalah untuk memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu, tujuannya agar lebih mudah untuk mulai serta mengelolanya dengan cara tepat.

2. Kendala rasa takut akan bisnis alami kegagalan

kendala yang sering dihadapi
gambar: freepik.com/valuavitaly

Kedua adalah takut alami kegagalan saat menjalankan bisnis. Perlu dipahami bahwa pada dasarnya setiap menjalani bisnis pasti akan ada resiko masing-masing. Namun untuk menghindarinya, cobalah kelola dengan tepat. 

Ada baiknya untuk menghindari rasa takut yang berlebihan ketika menjalani bisnis, karena hanya akan membuat kamu ragu dalam mengambil keputusan. Pastikan untuk selalu berpikir positif dan tenang ketika mengelola bisnis. Tujuannya agar mampu mulai bisnis dengan rencana yang matang.

3. Kendala modal bisnis

Ketiga adalah kendala modal bisnis. Pastikan kamu tidak hanya fokus pada skala bisnis yang besar dan membutuhkan modal banyak, karena itu akan membuat sulit dalam memulai bisnis. Sebenarnya, ada banyak sekali pilihan bisnis yang lebih minim modal, sehingga kamu bisa menjalankannya dengan lebih mudah. Jadi, lakukan perencanaan bisnis terlebih dahulu dan sesuaikan dengan modal yang dimiliki.  

4. Kendala tempat bisnis

kendala yang sering dihadapi
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Keempat adalah kendala tempat bisnis. Pasalnya memiliki tempat bisnis yang strategis memang biayanya jauh lebih mahal. Namun, untuk mulai bisnis sebenarnya bisa saja dimulai dari tempat yang kecil terlebih dahulu, atau bahkan gunakan halaman rumah sekalipun. 

Hindari untuk memaksakan diri menyewa tempat bisnis, apalagi jika kondisi keuangan atau modalnya tidak memungkinkan untuk kebutuhan tersebut, ya.

5. Kendala merasa tidak mampu menjalankan bisnis

Terakhir, banyak orag yang merasa tidak mampu ketika akan memulai bisnis. Padahal, untuk bisa mulai bisnis kamu harus tetap optimis dan lebih banyak belajar. Tujuannya agar kemampuan untuk menjalankan bisnis hingga mengelolanya bisa dilakukan dengan tepat dan benar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah ilmu bisnis, beberapa diantaranya dengan ikut seminar hingga membaca lebih banyak artikel serta buku tentang dunia bisnis. 

Itulah beberapa kendala bisnis yang sering dihadapi ketika akan mulai. Jadi, ada baiknya untuk lebih dulu memiliki perencanaan strategi bisnis yang matang, agar bisa berjalan lancar dan meminimalisir terjadinya kegagalan. 

Demi mendukung kemajuan dan kelancaran bisnis, pastikan untuk mulai menggunakan sistem digital Youtap POS. Dimana seluruh aktivitas usaha bisa dilakukan secara online, sehingga lebih memudahkan kamu dalam mengelolanya. Melalui Youtap POS ini kamu juga akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang membantu membuat laporan penjualan. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama