December 28, 2021

Jenis-Jenis Distributor dan Fungsinya dalam Bisnis

Meskipun tidak asing di telinga ketika sedang menjalankan bisnis, namun apakah sudah paham pengertian, fungsi dan jenis-jenis distributor? Berikut penjelasannya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Dalam dunia bisnis, tentu kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata distributor. Namun apakah kamu sudah mengerti apa itu distributor, fungsi dan jenis-jenisnya? Jika belum, berikut penjelasan secara lengkapnya. 

Apa Itu Distributor?

jenis-jenis distributor
Gambar: freepik.com/DCStudio

Secara sederhananya distributor merupakan pihak utama dalam melakukan penyaluran barang dari produsen kepada konsumen.Barang-barang yang disalurkan tersebut umumnya meliputi produk keperluan masyarakat atau bisnis usaha tertentu.

Contoh produk yang disalurkan yaitu seperti sembako, alat elektronik, suku cadang, dan sebagainya. Kemudian bentuk dari distributor ini sendiri bisa badan usaha maupun dikelola oleh individu.Distributor sendiri memiliki peran yang cukup penting, khususnya untuk menyebarkan produk ke beberapa daerah di penjuru tanah air.

Fungsi Distributor 

jenis-jenis distributor
Gambar: freepik.com/Drazen Zigic

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa distributor menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen secara langsung. Namun di samping itu, distributor juga memiliki beberapa fungsi lain yaitu:

1. Membeli Produk

Selain menyalurkan produk, fungsi distributor lainnya juga berperan sebagai pembeli produk. Artinya, distributor membeli produk dari produsen secara langsung dalam jumlah yang cukup besar. Tujuan membeli produk dari produsen secara langsung untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Menyimpan Produk

Fungsi distributor berikutnya yaitu menyimpan produk. Ketika distributor telah membeli produk dalam jumlah besar sesuai kebutuhan konsumen, mereka akan menyimpannya di sebuah tempat seperti gudang atau bisa juga toko milik distributor. 

Distributor juga akan menyimpan kembali barang-barang yang telah disimpan sebelum diedarkan kepada konsumen. Guna dari pengecekan tersebut agar barang yang dijual masih memiliki kualitas baik dan layak digunakan. 

3. Menjual Produk Kepada Konsumen

Fungsi distributor yang terakhir adalah menjual kembali produk yang telah dibeli kepada konsumen. Distributor akan menjual produk tersebut ke toko-toko untuk memudahkan konsumen mendapatkannya. Dan harga yang dijual untuk konsumen biasanya sedikit lebih tinggi dari produsen. Tujuan harga yang lebih tinggi ini agar mendapatkan keuntungan dari penjualan.

Jenis-Jenis Distributor

jenis-jenis distributor
Gambar: freepik.com/senivpetro

Jenis-jenis distributor juga dibedakan berdasarkan barang yang disalurkan: 

1. Distributor Barang

Jenis distributor yang satu ini menyalurkan produk berupa barang. Dan biasanya jenis ini yang paling sering kamu jumpai di berbagai tempat dagangan. 

Proses penyaluran produknya sendiri biasanya produsen akan mempercayakan langsung kepada distributor barang. Jika sudah sampai di tangan distributor, mereka akan menjualnya ke pengecer atau pedagang, namun tidak menutup kemungkinan langsung ke konsumen. 

2. Distributor Jasa

Selanjutnya adalah distributor produk jasa. Umumnya, distributor jenis ini menargetkan konsumen akhir secara langsung. Sebagai contoh, kamu bisa melihat alur distribusi jasa keuangan dari bank ke nasabah.

3. Distribusi Perorangan

Dan terakhir, adalah penyaluran jasa atau produk dari produsen ke perseorangan. Sebagai contoh nyata yang saat ini seringkali dijumpai adalah bisnis MLM.

Dan dalam pengelolaan stok sendiri kini kamu juga bisa menggunakan Aplikasi Youtap. Dengan adanya digitalisasi bisnis tentu semua aktivitas bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, kamu juga bisa segera Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Youtap sekarang juga. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama