Kamu pasti sudah tidak lagi asing dengan endorsement, bukan? Di mana banyak sekali pelaku bisnis melakukan cara ini untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara online. Biasanya, endorsement ini dilakukan dengan beberapa artis terkenal, di mana mereka mempromosikan produkmu melalui akun sosial media miliknya. Namun, apa saja jenis-jenis endorser yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis?
Endorsement adalah sebuah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritis terkenal di mana mereka memang diakui oleh banyak orang. Kemudian, orang yang mengiklankan suatu produk tersebut dikenal juga sebagai endorser.
Pada umumnya endorser akan meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau menambah calon pembeli.
Seperti yang kita tahu kemajuan teknologi telah banyak mengubah siklus bisnis dan usaha termasuk praktik promosi yang dilakukan serba online. Sehingga pergeseran tersebut menjadikan media sosial memegang peranan penting untuk kegiatan promosi bisnis.
Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk promosi yaitu Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan lain-lainnya. Dengan banyaknya user atau penggunaan media sosial tersebut, tentu membuatnya menjadi platform berpengaruh dalam melakukan promosi suatu produk atau layanan bisnis. Membuat iklan secara online ini memang lebih efektif karena bisa terhubung dengan lebih banyak orang daripada iklan biasa.
Ini adalah jenis endorser yang di mana pengenalan produk atau campaign iklannya dilakukan oleh orang awam atau bukan orang terkenal.
Sedangkan ini merupakan seseorang yang dikenal secara luas oleh publik kemudian mengiklankan sebuah produk atau jasa bisnis. Tujuan agar orang yang melihat bisa tertarik untuk menjadi seperti apa yang ada di dalam iklan tersebut.
Pertama adalah endorsement berbayar yang melibatkan kontrak bayaran tertentu baik secara tertulis maupun tidak.
Kontrak tersebut berisi beberapa aturan atau batasan dan pedoman untuk diikuti selebriti atau publik figur yang diajak bekerja sama untuk endorsement. Kemudian, bayaran yang diberikan pun akan beragam, bisa berupa uang, barang atau jasa gratis atau kombinasi keduanya.
Kedua adalah endorsement tidak berbayar atau sering disebut juga sebagai endorsement terselubung. Ini akan terjadi saat seorang selebriti atau publik figur dengan sukarela mengiklankan produk tertentu tanpa adanya bayaran.
Umumnya, endorsement jenis ini terjadi karena adanya kepuasan yang dirasakan oleh endorser selaku konsumen. Lalu, endorsement ini juga bisa dilakukan dengan mengirimkan produk sample secara gratis kepada endorser untuk kemudian diminta review atau testimoninya.
Pertama, pertimbangkan jumlah follower-nya. Pasalnya, jumlah followers seorang endorser biasanya akan berbanding lurus dengan tingkat penjualan sebuah produk atau layanan.
Bagi kamu yang belum mengetahuinya, engagement rate ini merupakan nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial. Kedekatan antara selebgram dengan para pengikutnya dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan sebuah iklan endorsement.
Jadi, kamu perlu mengetahui tolak ukur untuk mengetahui sebuah iklan endorse bisa dikatakan berhasil atau tidak, salah satunya dengan menggunakan engagement rate. Apabila persentase engagement rate semakin tinggi, maka semakin besar pula peluang keberhasilannya.
Terakhir mempertimbangkan harga endorsement-nya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap endorser akan memiliki tarif yang berbeda-beda dalam melakukan endorsement.
Umumnya, artis atau selebgram yang memiliki jumlah followers dan tingkat engagement rate cukup tinggi akan mematok harga lebih tinggi pula. Sehingga, pilihlah endorser yang sesuai dengan budget iklan bisnis, ya. Selain itu, pilih juga endorser yang memiliki target market sama dengan bisnismu.
Dalam hal ini, sebagian endorser ada juga yang akan menawarkan paket dengan harga yang lebih terjangkau, seperti paket dengan jumlah feed atau story yang akan dibagikan dalam kurun waktu tertentu namun harganya terbilang sangat terjangkau.
Itulah pengertian seputar endorsement dan jenis-jenis endorser atau orang yang melakukannya. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran online yang terbilang cukup efektif.
Biasanya endorsement dilakukan melalui akun media sosial atau beberapa platform lainnya. Bentuk promosi ini bisa berupa foto maupun video, tergantung dengan kesepakatan bisnis milikmu dan endorser. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia