Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
July 1, 2022

Jenis-Jenis Endorser yang Perlu Diketahui Oleh Para Pelaku Bisnis

Promosi online dengan menggunakan strategi endorsement memang terbilang efektif saat ini. Namun, apakah kamu sudah tahu jenis-jenis endorser yang ada?

Isi Artikel

Kamu pasti sudah tidak lagi asing dengan endorsement, bukan? Di mana banyak sekali pelaku bisnis melakukan cara ini untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara online. Biasanya, endorsement ini dilakukan dengan beberapa artis terkenal, di mana mereka mempromosikan produkmu melalui akun sosial media miliknya. Namun, apa saja jenis-jenis endorser yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis?

Pengertian Endorsement

jenis endorser
gambar: freepik.com

Endorsement adalah sebuah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritis terkenal di mana mereka memang diakui oleh banyak orang. Kemudian, orang yang mengiklankan suatu produk tersebut dikenal juga sebagai endorser

Pada umumnya endorser akan meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau menambah calon pembeli.

Seperti yang kita tahu kemajuan teknologi telah banyak mengubah siklus bisnis dan usaha termasuk praktik promosi yang dilakukan serba online. Sehingga pergeseran tersebut menjadikan media sosial memegang peranan penting untuk kegiatan promosi bisnis. 

Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk promosi yaitu Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan lain-lainnya. Dengan banyaknya user atau penggunaan media sosial tersebut, tentu membuatnya menjadi platform berpengaruh dalam melakukan promosi suatu produk atau layanan bisnis. Membuat iklan secara online ini memang lebih efektif karena bisa terhubung dengan lebih banyak orang daripada iklan biasa. 

Jenis-Jenis Endorser

Endorser dilihat dari personal

1. Typical Person Endorser 

Ini adalah jenis endorser yang di mana pengenalan produk atau campaign iklannya dilakukan oleh orang awam atau bukan orang terkenal.

2. Celebrity Endorser 

Sedangkan ini merupakan seseorang yang dikenal secara luas oleh publik kemudian mengiklankan sebuah produk atau jasa bisnis. Tujuan agar orang yang melihat bisa tertarik untuk menjadi seperti apa yang ada di dalam iklan tersebut.

Endorser dilihat dari biaya

1. Endorsement berbayar 

Pertama adalah endorsement berbayar yang melibatkan kontrak bayaran tertentu baik secara tertulis maupun tidak. 

Kontrak tersebut berisi beberapa aturan atau batasan dan pedoman untuk diikuti selebriti atau publik figur yang diajak bekerja sama untuk endorsement. Kemudian, bayaran yang diberikan pun akan beragam, bisa berupa uang, barang atau jasa gratis atau kombinasi keduanya. 

2. Endorsement Tidak Berbayar

Kedua adalah endorsement tidak berbayar atau sering disebut juga sebagai endorsement terselubung. Ini akan terjadi saat seorang selebriti atau publik figur dengan sukarela mengiklankan produk tertentu tanpa adanya bayaran. 

Umumnya, endorsement jenis ini terjadi karena adanya kepuasan yang dirasakan oleh endorser selaku konsumen. Lalu, endorsement ini juga bisa dilakukan dengan mengirimkan produk sample secara gratis kepada endorser untuk kemudian diminta review atau testimoninya.

Hal yang Perlu Dipertimbangakan Sebelum Endorsement

jenis endorser
gambar: freepik.com/our-team

1. Pertimbangkan jumlah follower

Pertama, pertimbangkan jumlah follower-nya. Pasalnya, jumlah followers seorang endorser biasanya akan berbanding lurus dengan tingkat penjualan sebuah produk atau layanan. 

2. Lakukan pengecekan terhadap engagement rate endorser

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, engagement rate ini merupakan nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial. Kedekatan antara selebgram dengan para pengikutnya dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan sebuah iklan endorsement

Jadi, kamu perlu mengetahui tolak ukur untuk mengetahui sebuah iklan endorse bisa dikatakan berhasil atau tidak, salah satunya dengan menggunakan engagement rate. Apabila persentase engagement rate semakin tinggi, maka semakin besar pula peluang keberhasilannya. 

3. Pertimbangkan harga endorsement

Terakhir mempertimbangkan harga endorsement-nya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap endorser akan memiliki tarif yang berbeda-beda dalam melakukan endorsement

Umumnya, artis atau selebgram yang memiliki jumlah followers dan tingkat engagement rate cukup tinggi akan mematok harga lebih tinggi pula. Sehingga, pilihlah endorser yang sesuai dengan budget iklan bisnis, ya. Selain itu, pilih juga endorser yang memiliki target market sama dengan bisnismu. 

Dalam hal ini, sebagian endorser ada juga yang akan menawarkan paket dengan harga yang lebih terjangkau, seperti paket dengan jumlah feed atau story yang akan dibagikan dalam  kurun waktu tertentu namun harganya terbilang sangat terjangkau. 

Itulah pengertian seputar endorsement dan jenis-jenis endorser atau orang yang melakukannya. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran online yang terbilang cukup efektif. 

Biasanya endorsement dilakukan melalui akun media sosial atau beberapa platform lainnya. Bentuk promosi ini bisa berupa foto maupun video, tergantung dengan kesepakatan bisnis milikmu dan endorser. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama