May 27, 2022

Mengapa Merek Indonesia Tertarik Pilih Artis Luar Negeri untuk Jadi Brand Ambassador?

Saat ini banyak brand Indonesia mulai melakukan kerjasama dengan aktor dan aktris Korea. Namun, apa alasannya lebih memilih artis Korea untuk jadi brand ambassador?

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti yang kita ketahui bahwa bersama bahwa saat ini mulai banyak sekali merek Indonesia bekerja sama dengan beberapa artis luar negeri khususnya Korea untuk mempromosikan produk bisnis. Bahkan tidak hanya produk-produk skincare saja, tapi juga makanan, minuman, hingga marketplace. Lalu, apa alasan mereka menggunakan artis Korea untuk dijadikan brand ambassador

Alasan Memilih Artis Luar Negeri untuk Jadi Brand Ambassador Produk Indonesia

Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa Brand Ambassador (BA) adalah seseorang yang mempromosikan produk dari sebuah brand ke jaringan atau lingkungan mereka dengan tujuan meningkatkan brand awareness, hingga mendorong penjualan. 

Lalu, dengan pemilihan artis Korea sebagai brand ambassador untuk produk-produk Indonesia saat ini tentu karena alasan dan tujuan tertentu. Dan berikut ini beberapa alasan para pelaku bisnis Indonesia memilih menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador:

1. Membantu meningkatkan brand awareness

jadi brand ambassador
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Meningkatkan brand awareness adalah salah satu bagian paling penting yang harus dilakukan dalam kegiatan pemasaran karena akan membuat sebuah merek mudah diingat oleh konsumen. 

Oleh karena itu, menjalin kerjasama dengan para aktor dan aktris Korea sebagai brand ambassador produk Indonesia adalah salah satu langkah pemasaran untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas. Di mana cakupannya untuk masyarakat Indonesia dan juga pasar global. 

Apalagi jika kamu bekerja sama dengan aktor dan aktris Korea yang memang memiliki penggemar cukup banyak, pastinya konsumen akan langsung mengingat brand tersebut. Adanya pengaruh yang sebesar ini, tentu tidak heran jika semakin banyak brand tertarik merekrut artis Korea.

2. Upaya untuk memperluas pasar global

Kedua, sebagai upaya untuk memperluas pasar global. Tentu saja semua pelaku bisnis pasti menginginkan produknya bisa sampai go internasional, bukan? Sehingga memilih aktor dan aktris Korea sebagai brand ambassador ini jadi salah satu cara yang digunakan untuk memperluas pasar hingga ke pasar global. 

Umumnya, artis Korea yang terpilih akan mempromosikan produk di media sosial mereka sehingga pengikut atau followers mereka yang berada di luar negeri bisa mengetahui tentang produk milikmu. 

Selain itu, dengan dipilihnya artis-artis Korea sebagai brand ambassador, ini dapat menarik investor untuk berinvestasi pada brand tersebut.

3. Jumlah penggemar K-Pop dan K-Drama semakin bertambah banyak

jadi brand ambassador
Gambar: freepik.com/

Terakhir adalah semakin bertambahnya jumlah penggemar K-Pop maupun K-Drama. Sejak masa-masa pandemi, memang penggemar K-Pop dan K-Drama semakin mengalami kenaikan mulai dari kalangan ibu-ibu, remaja bahkan ada juga bapak-bapak. 

Ini dikarenakan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sejak pandemi. Semakin luasnya pecinta K-Pop dan K-Drama tersebut, tentu akan membuat target pasar  juga semakin luas. Dan artinya kesempatan brand dan produk dikenal hingga diminati juga akan semakin luas. 

Sehingga bisa menjadi kesempatan berharga untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya saat melakukan kerjasama dengan artis Korea. 

Itulah beberapa alasan mengapa brand Indonesia melakukan kerjasama dengan artis Korea untuk dijadikan brand ambassador. Tak hanya sekedar meningkatkan brand awareness, tetapi juga sebagai salah satu upaya untuk memperluas pasar global. Cara satu ini memang terbilang cukup efektif saat ini, mengingat mulai bertambahnya jumlah penggemar K-pop maupun K-Drama. 

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan pengelolaan bisnis agar bisa berjalan lancar dan sukses dengan menggunakan Aplikasi Youtap karena memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membantu seluruh kegiatan transaksi, pencatatan hingga pembuatan laporan. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama